Friday, March 18, 2011

Kiat-kiat Lolos PKM


PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) tentukan bukan hal yang asing bagi seorang mahasiswa yang melakukan perdjoengan di sebuah kampus manapun. Memang susah katanya untuk seorang yang baru belajar nulis,.. bingung cari ide, bingung cari temen, dan lain-lain seribu alasan untu berkata susah buat PKM..

Baiklah tak perlu banyak prolog, kita langsung selami indahnya merangkai kata dalam proposal PKM...
1.     Tidak bisa dipungkiri bahwa penilaian kita terhadap sesuatu tergantung dari bentuk luar ( cantik, jelak, ganteng, rapi, berantakan etc ). Begitu pula dengan PKM bentuk luar PKM adalah judul maka buatlah judul yang menarik perhatian, bikin penasaran.. kalo kesan pertama udah mengoda selanjutnya terserah anda
contoh : Desain Kolektor Surya Untuk Hybrid Solar Light (HSL) Berbasis Fiber  Optik  : Sebuah Usulan Sebagai Solusi Krisis Listrik ( LOLOS PKMP DIKTI tahun 2009) trus contoh lain Desain Pengaman Kendaraan Bermotor Berbasis Ultrasonik Untuk Meminimalisasi Tingat Kecelakaan ( LOLOS PKMP DIKTI tahun 2008). Minimal judul itu membuat kesan bermanfaat, prospek bagus, intelek dll baru kalo sudah kita lanjut ke babak selanjutnya..OK
2.    Hal kedua setelah cover adalah isi, jangan hanya bagus di penampilan tapi juga isinya juga bagus, Bukankah kecantikan itu jiwa bukan raga. Isi disini di titik beratkan pada pendahuluan atau lebih tepatnya latar. Latar belakang menjadi bagian yang penting karena tidaklah mungkin/ harapannya kecil reviuwer membaca seluruh proposal. Latar belakang yang kita buat harus komprehensif mengupas seluruh permasalahan yang akan kita teliti/lakukan pokoknya di SWOT lah bahasanya. Misalkan Peluang pemanfaat, Penelitian sejenis, keungulan dibanding yang lain, dapat menyelesaikan masalah dll.
Dua hal diatas mungkin cukup  bisa membawa kita berkompetisi di ajang PKM, majukan penelitian indonesia, wujudkan pedjoeang- pedjoeang PKM yang tangguh yang bisa membawa kemajuan bangsa ini. Semoga bermanfaat…!!  

(Rudi Susanto, MAWAPRES UNS 2010)

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment