Thursday, August 14, 2014

Tips Buat KAMU, Mahasiswa Baru


Bulan-bulan Agustus-September ini tampaknya sudah mulai jelas ya siapa yang akan melanjutkan kuliah dimana dan jurusan apa?  Semoga pilihan yang kawan-kawan semua ambil sesuai dengan minat dan potensinya sehingga dapat berkembang di kampus. Di masa-masa awal kuliah, tentunya mahasiswa baru akan merasakan beberapa hal berbeda yang belum mereka rasakan selama duduk di bangku SMA. Sebagai mahasiswa baru, mungkin kita akan merasa kaget dan tertekan saat mendapati perbedaan-perbedaan yang begitu mencolok antara masa SMA dengan masa kuliah.

Memulai hidup baru di dunia kampus memang sangat menarik dan menyenangkan. Semua hal yang baru akan hinggap padamu.  Teman baru, lingkungan baru, organisasi baru, pelajaran baru, gebetan baru #eh. Buat sebagian mahasiswa, bisa jadi pengalaman pertama pisah dari orang tua. Hidup nge-kost serba sendiri dan mandiri.

Nah, sikap pertama yang perlu dikembangkan ketika menjadi  mahasiswa baru adalah terbuka, disiplin, dan mandiri. Sudahkah kamu memilikinya? 
Terbuka, maksudnya menerima hal-hal baik dan mau bersosialisasi dan berteman banyak. jangan menyendiri.
Disiplin dalam hal waktu, fokus, dan hidup. kamu harus tegas akan apa yg kamu rencanakan, sigap, dan cepat dalam bergerak.  
Mandiri dalam hidup, udah gak ada lagi ortu yg ngurus, kamu harus bisa mengatur uang bulanan, buanglah hobi menunda-nunda pekerjaan. Dengan sikap ini diharapkan  mahasiswa baru bisa lebih  adaptif dengan lingkungan baru. Jangan sampai homesick, dan culture shock.

Berikut ini adalah tips sukses menjadi mahasiswa baru:
  1. Jadilah Mahasiswa yang Aktif. Sikap aktif salah satunya dapat ditunjukkan dengan mengajukan diri pada dosen apabila dimintai bantuan, ikut berorganisasi, aktif mencari informasi dan ikut kegiatan positif lainnya.
  2. Perluas Jaringan Pertemanan. Cari sebanyak mungkin teman, satu jurusan, satu fakultas, bahkan satu kampus, dari yang seangkatan bahkan senior. Dengan banyak teman kita jadi lebih terbuka & terlatih untuk bersosialisasi dengan bijak. Buatlah dirimu bisa diterima di lingkunganmu yang baru.
  3. Kenali lingkungan kampus. Hal ini akan memudahkan kita dalam beradaptasi dan menempatkan diri di lingkungan kampus.
  4. Dekati Dosen. Kedekatan dengan seorang dosen akan membantu anda dalam perkuliahan,terutama ketika anda masuk masa skripsi dan pasca lulus kuliah.
  5. Sering sering ke Perpus deh. Biasakan diri untuk datang ke perpus, karena di sinilah terdapat berbagai jenis buku yang dijadikan sebagai bahan atau sumber materi yang diajarkan dalam perkuliahan.
  6. Aktif Berorganisasi. Ikutilah organisasi-organisasi yang ada di kampus untuk menambah pengalaman bekerja sama dan bersosialisasi dengan orang lain, sebagai media aktualisasi diri, penyaluran bakat-minat serta berbagai ilmu lain yang tidak kita dapatkan di bangku kuliah.
    Tapi jangan ngasal ikut organisasi yah, berikut ini adalah tips-tips yang wajib kamu ketahui sebelum memilih organisasi:
    • Ketahui visi dan misi organisasi
    • Pilih organisasi yang kita sukai (yang sreg di hati)
    • Kegiatannya sesuai dengan minat, bakat atau hobi kita
    • Berlatih manajemen waktu antara yang digunakan untuk organisasi dan untuk kegiatan akademik.
Apa Manfaat Organisasi bagi Mahasiswa?
Beroganisasi bagi mahasiswa sangat penting. Beroganisasi bisa merupakan ajang latihan bagi mahasiswa. Beroganisasi itu ibarat media untuk melatih kepekaan sosial, dan lain sebagainya. Berikut ini saya sajikan beberapa manfaat berorganisasi bagi mahasiswa, yaitu:
1) Memperluas pergaulan
2) Meningkatkan wawasan/pengetahuan
3) Membentuk pola pikir yang lebih baik
4) Menjadi kuat dalam menghadapi tekanan
5) Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
6) Melatih leadership (kepemimpinan)
7) Belajar mengatur waktu
8) Memperluas jaringan (networking)
9) Mengasah kemampuan sosial
10) Ajang latihan dunia kerja yang sesungguhnya

Tips by: Nanik (Agoteknologi 2012)

Baca juga: Buat Jadi Mahasiswa Baru, Ini Tipsnya

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment