Wednesday, March 12, 2014

Bidang Keilmiahan KSI 2014

Merupakan suatu bidang yang menyelenggrakan kegiatan- kegiatan Keilmiahan sebagai wujud pengkaryaan bagi anggota-anggota KSI.

Visi
Sebagai motor penggerak mahasiswa FP dalam bidang keilmiahan dan IPTEK sehingga mampu berprestasi dan bermanfaat bagi masyarakat. 

Misi

  1. Melakukan fungsi pengelolaan aparat internal bidang PIKMA sebagai upaya awal representasi KSI FP UNS sebagai UKK Keilmiahan.
  2. Meningkatkan dan mengoptimalkan budaya keilmiahan di internal pengurus KSI FP UNS pada khususnya dan kalangan mahasiswa FP pada umumnya.
  3. Bekerjasama dengan Bidang KOMINFO untuk meningkatkan publikasi event-event keilmiahan maupun IPTEK di kalangan mahasiswa FP.
  4. Mendampingi kegiatan keilmiahan maupun IPTEK di kalangan pengurus dan angota KSI FP UNS.
  5. Melakukan koordinasi dengan ormawa lain yang berkecimpung dengan bidang keilmiahan dan IPTEK.
  6. Meningkatkan jiwa prestatif dan kompetitif di kalangan internal pengurus KSI FP UNS.

Program Kerja Bidang
SAKSI (Sekolah Ilmiah KSI)
merupakan kegiatan yang diperuntukan bagi pengurus, anggota dan mahasiswa umumnya. Sekolah Ilmiah KSI dilakukan dengan membentuk kelompok - kelompok kecil yang didampingi seorang tentor yang membimbing anggota kelompoknya untuk bisa maju dalam pemikiran keilmiahan. SAKSI menjadi salah satu program unggulan KSI yang diharapkan mampu membentuk jiwa kelmiahan mahasiswa.

DAKSI (Database Karya internal KSI)
Merupakan Database yang berisi data karya dan prestasi dari pengurus dan anggota KSI. Database terdiri atas karya tulis Ilmiah (LKTI), proposal PKM, proposal PMW maupun karya ilmiah lain.

AKSI (Aplikasi Karya KSI)
AKSI merupakan kegiatan aplikasi ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan untuk diaplikasikan dengan praktek secara langsung. AKSI bertujuan untuk menambah ketrampilan mahasiswa untuk membuat produk praktis dari pengetahuan/ ilmu yang didapatkannya.

LAKSI (Lomba Ilmiah KSI)
Merupakan wadah pelombaan penulisan keilmiahan bagi mahasiswa FP. LAKSI juga bisa berupa mini lomba yang diselenggarakan antar pengurus KSI.

FOSIL (Forum Diskusi Keilmiahan)
merupakan wadah unuk pertemuan dan diskusi antar UKKHM di lingkungan FP UNS maupun antar UKM Keilmiahan tiap Fakultas di UNS untuk membahas isu tertentu yang penting dan strategis di bidang pertanian.

MIRIS (Mini Riset)
merupakan bentuk penelitian sederhana baik di dalam laboratorium maupun di luar laboratorium untuk memecahkan suatu permasalahan bidang pertanian.

Bidang Keilmiahan KSI 2014

Ketua Bidang: Annisa Zahrotun Nafiah (Agribisnis/2011)

Staff:
Prakoso Adi (ITP/2012)
Laila Sedyawati (Agribisnis /2012)
Anggarda Paramita I (Agribisnis/2013)
Shara Maharani (Agribisnis/2013)
Nurul Hasanah (Agroteknologi/2013)
Vera Indria (D3 THP/2013)

Reactions:

0 comments:

Post a Comment