Monday, November 12, 2012

NYIRIH TABIR SURYA & ANTI KANKER



NYIRIH   TABIR SURYA & ANTI KANKER


Batang dan biji Nyirih ( Xylocarpus Granatum) diparut hingga halus lalu dicampur dengan tepung beras.    Campuran kedua bahan tadi kemudian dioleskan pada bagian muka dan kulit yang terpapar sinar matahari.    Selain itu ramuan akar Nyirih oleh masyarakat di Ternate, Maluku digunakan untuk mengatasi benjolan diperut.’Saya menduganya itu kanker,” ucap Linawati Hardjito, Kepala Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP) IPB.


Dari kedua pengalaman empiris itu, Linawaty bersama timnya melakukan penelitian sejak tahun 2003 dengan bantuan Kementerian Riset dan Teknologi. “Setelah kita teliti, Nyirih ini mengandung zat yang bias melindungi kulit dari sinar matahari dan sebagai obat kanker,” ujar Linawaty.

EKSTRAK BAHAN

Bahan tradisional itu kemudian di ekstark. Biji dan batang Xylocarpus granatum  dihaluskan lalu direndam dalam pelarut methanol sambil diaduk selama 24 jam.   Saring ampasnya dan uapkan pelarut sampai kering dengan vakum evaporator.   Bahan ini mengandung bahan polar dan non polar.  Mampu menyerap UV-A dan UV-B dari matahari. Isinya mengandung 4 komponen utama, yaitu alkaloid, falvonoid, saponin dan tanin. 

Sumber : Flona edisi 68/V

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment