Monday, April 9, 2012

Kunjungan Kastrat de Geneeskunde ke Kelompok Studi Ilmiah Faperta UNS

Tepat pada tanggal 09 April 2012 jam 15.30 WIB, kami keluarga KSI FP UNS menerima kunjungan dari Kastrat de Geneeskunde untuk bersilaturahmi dan membahas beberapa pokok pembahasan. Kastrat de Geneeskunde adalah organisasi yang bergerak di bidang keilmiahan mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS.


Dalam acara ini Alhamdulillah dapat berlangsung dengan baik dengan jumlah delegasi dari KASTRAT kurang lebih 15 orang dan dari KSI berjumlah kurang lebih 10 orang. Adapun pembahasan yang dilakukan adalah mengenai pemaparan kegiatan-kegiatan dari setiap lembaga. Secara garis besar KSI dan KASTRAT sebagai lembaga keilmiahan di masing-masing Fakultas memiliki history yang hampir sama. Perbedaan antara KSI dan KASTRAT dapat terlihat dari susunan pengurus, di KSI di mpin oleh Ketua Umum yang akemudian dibagi menjadi lima Bidang (Kesekretariatan, Kebendaharaan, Keilmiahan, Kaderisasi, dan Humas) sedangkan di KASTRAT pimpin oleh Ketua Umum dan dibagi menjadi lima Divisi (Kesekretariatan, Kebendaharaan, Keilmiahan, PSDM dan HUMAS).  Beberapa divisi di KASTRAT juga dibagi menjadi beberapa Sub Divisi yang bertujuan untuk memfokuskan ranah kerja yang diberikan.

Agenda tahunan dari KASTRAT diantaranya adalah PINFAK yang merupakan Pekan Ilmiah dari Fakultas Kedokteran di seluruh indonesia dan ada juga Simposium Nasional. Selain menyelenggarakan event-event tersebut dalam sistem pengkaderan dan pelatihan terhadap pengurus, para pengurus KASTRAT melakukan suatu sistem yaitu mengajak pengurus angkatan 2010 dalam pelaksanaan penelitian dari mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2009. Prosedur yang dilakukan diantaranya adalah:

- untuk pengurus 2010 untuk penelitian dari angkatan 2009
- seleksi berdasarkan minat, dan komitmen
- pembatasan penelitian
- mendapat dana dari FK
- pembentukan kelompok 5-10 orang


Semoga pertumuan pada tanggal 09 April 2009 ini dapat menjalin tali silaturahmi yang baik antara KSI dengan KASTRAT. Dan mampu meningkatkan pengetahuan para pengurus dalam organisasi Keilmiahan di UNS.

Reactions:

1 comment: