Wednesday, August 11, 2010

Mulailah Menulis Langkah Awal Agar Bisa Menulis

Saat Anda mengatakan tidak bisa menulis dan Anda diam saja, maka selamanya Anda tidak akan bisa menulis. Langkah pertama agar Anda bisa menulis ialah mulailah menulis.

Saya bingung mau menulis apa?

OK, saya tahu, bagi yang belum biasa menulis, memulai sebuah tulisan adalah sesuatu yang berat. Namun ini harus Anda lakukan jika Anda ingin bisa menulis. Anda harus mulai menulis. Saya akan tunjukan caranya agar Anda bisa mulai menulis sekarang juga.

Untuk latihan, Anda tidak perlu menulis sesuatu yang baru. Serius. Cobalah Anda menulis dengan cara mencontek tulisan orang lain dulu. Betul, Anda cari tulisan orang lain dan Anda boleh tulis ulang 100%. Hanya saja ini bukan untuk publikasi, tetapi sekedar untuk latihan saja.

Terlihat sederhana tetapi ini adalah trik ampuh agar Anda mau memulai menulis. Setelah Anda mencoba menulis ulang tulisan orang lain secara berulang-ulang maka otak dan tubuh Anda sudah mulai terbiasa menulis.

"Terbiasa Menulis" adalah pintu gerbang Anda menuju dunia tulis menulis. Inilah langkah awal yang akan membuat Anda menjadi penulis handal. Ini adalah langkah sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan hal ini, sebab langkah ini mudah dan membawa manfaat yang besar.

Carilah bahan-bahan tulisan dari berbagai sumber, seperti majalah, buku, artikel di internet, koran, dan sebagainya. Carilah tulisan yang menarik dan tulis ulang.

Menulis ulang bukan hanya agar Anda pandai menulis, tetapi manfaat lainnya Anda akan menyerap ilmu dari bacaan yang Anda baca menjadi lebih baik. Ini juga akan menjadi bekal bagi Anda supaya menjadi penulis handal.

Jika Anda tidak mau memulai latihan sederhana ini, berarti Anda tidak serius ingin belajar menulis. Mungkin Anda berpikir bahwa latihan ini tidak akan membawa manfaat bagi Anda. Saya sudah membuktikannya, saya sudah menulis ratusan artikel dan puluhan ebook. Saya dimulai dengan latihan menulis tulisan orang lain.

Latihan ini adalah suatu pembiasaan atau membentuk pola kebiasaan baru bagi otak dan tubuh Anda. Kebiasaan akan memberikan kekuatan luar biasa untuk kemampuan Anda. Adalah benar jika ada orang yang mengatakan "bisa karena biasa".

Coba Anda pikirakan, Anda begitu pandai, otomatis, dan tanpa berpikir saat memindahkan persneling mobil Anda. Padahal saat mulai belajar hal ini sangat sulit. Tetapi karena saat ini Anda sudah terbiasa, maka semuanya menjadi mudah.

Intinya ialah, biasakan menulis. Apa pun isi tulisan Anda, pokoknya biasakan dulu menulis. Jika Anda tidak mau membiasakan diri menulis, jangan mimpi ingin menjadi penulis.

yuan harnawan pamungkas - H0708160

Reaksi:

1 comment:

  1. bismillahirohmanirahim
    betul kawan kawan menulis seperti halnya naik sepeda. Tingkat IQ tidak signifikan terhadap bisa tidaknya menulis. Disitu hanya perlu belajar dan mencoba tiap hari. Dan perasaan tidak bisa menulis kalau teman teman pernah merasakan belajar naik sepeda jaman kecil persis dengan seorang yang ingin menulis tapi belum mencoba.

    Coba rasakan sebuah cuplikan tulisan ini.

    " Judulnya "JIKA SEORANG IBU RUMAH TANGGA DI HITUNG DENGAN UANG"

    Ibu rumah tangga siapa yang tidak mengenal sosok yang satu ini, kita semua terbentuk darinya. Jika di jadwalkan sosok yang satu ini memeilki time skedul yang tidak pernah ada kata istirahat. kalau bapak bekerja pastilah ada rehat untuk bersantai dan bergurau dengan teman. atau kalau peg negri pastilah masih bisa skak atau buka facebook atau ngemol. ibu ya ibu sebuah profesi yang tak pernah di akui.

    1. Sebagai tukang membangunkan Rp 5000,-
    2. sebagai tukang masak Rp 25.000
    3. Sebagai tukang cuci Rp 20.000
    4. Sebagai tukang setrika Rp 15.000
    5. Sebagai tukang mandiin anak Rp 30.000
    6. sebagai tukang sapu Rp 20.000
    7. sebagai Tukang anter sekolah Rp 25.000

    bla-bla-bla dst

    caranya mudah
    1. buatlah tema yang memang mengasikan untuk kita tulis......!
    2. Tulislah sekenanya.
    3. Selesaikan semua tulisan.
    4. jangan pernah mengoreksi tulisan itu setelah tulisan jadi.
    5. Ingat apa yang kau inginkan sangat mungkin terjadi ( baca andrea hirata)
    6.setelah seminggu baca lagi tulisan mu
    anda pasti kaget dengan hasil yang kamu tulis

    Kalau udah jadi bagus coba kirim naskah buku ke kita kalau pas lagi cocok dengan tema penerbit Hanif Suara Hati InsyaAllah saya terbitkan dan nama teman teman akan bersanding dengan andrea hirata di katalog toko buku gramedia. oke!!!!!
    Mimpi jangan pernah sepelekan dia.

    ReplyDelete