Thursday, July 1, 2010

Iklim Keilmiahan di Fakultas Pertanian UNS

*) Oleh Prof. Dr. Ir. H. Suntoro Wongso Atmojo, MS. (Dekan FP UNS)

Seperti yang tertuang dalam visi Fakultas Pertanian yakni “Pertanian Terpadu yang Berkelanjutan”, berbagai upaya dilakukan untuk menghasilkan lulusan yang tangguh, kredi­bel, dan kompetensi sesuai prinsip “integrated farming” yang disebutkan, juga keterpaduan antara disiplin ilmu mengenai pertanian secara umum, ternak, dari hulu ke hilir seperti proses produksi, pengolahan sampai ke konsep agribisnis dan pemasarannya menjadi modal penting dalam mengupayakan kemajuan di bidang pertanian.

Salah satu upaya yang menunjang hal tersebut adalah membangun kerangka berpikir ilmiah. Di­mana dalam kondisi akademik dan prakteknya, hal tersebut sangat diperlukan khususnya mengenai research dan pengembangan penalaran. Seperti yang telah diketahui, minat di bidang keilmiahan akademisi fakultas pertanian sangatlah tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya kegiatan ilmiah yang telah dilaksanakan seperti diskusi mahasiswa dan seminar ilmiah tingkat nasional yang juga sering dilaksanakan. Selain itu, keterlibatan mahasiswa maupun lembaga kemahasiswaan di tingkat na­sional juga nampak. Indikator yang paling menun­jukkan disini adalah unggulnya fakultas pertanian dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Terbukti dalam 3 tahun terakhir fakultas pertanian menguasai kuantitas dan kualitas PKM yang diajukan. Kepedulian dosen terh­adap karya ilmiah mahasiswa juga semakin tinggi. Untuk itu, cara berpikir ilmiah mahasiswa harus sering dipupuk. Salah satu caranya dengan mengadakan pembinaan-pembinaan. Mahasiswa juga bisa berkonsultasi dengan dosen mengenai PKM yang akan diajukan, karena kepedu­lian dosen terhadap PKM itu sendiri juga cukup tinggi. 

Berkaitan dengan keilmiahan, KSI (Kelompok Studi Ilmi­ah) dibentuk karena perlunya suatu wadah bagi maha­siswa Fakultas Pertanian untuk menggali potensi diri dan belajar menuangkan ide-ide dalam bidang keilmiahan. Namun, KSI dirasa belum nampak action-nya. Harapan­nya perlu diintensifkan lagi dalam menunjang visi dari fakultas. Selain itu, KSI diharapkan juga dapat mengk­oordinir kegiatan ilmiah di masing-masing jurusan. Se­hingga KSI dapat menjadi sentra kegiatan keilmiahan di lingkup fakultas pertanian dan menunjang visi dari fakul­tas pertanian sebagai lembaga akademisi dalam rangka mewujudkan “Pertanian Terpadu yang Berkelanjutan” dengan keterlibatan mahasiswa khususnya dalam bidang keilmiahan melalui media-media yang telah tersedia. []am

** Buletin Mahasiswa Ilmiah (BUMI) Edisi Mei 2010 page 1


Reactions:

0 comments:

Post a Comment