Langsung ke konten utama

Notula Rapat Kerja KSI 2020
Sabtu, 4 April 2020



Pimpinan Rapat                            : M. Aziz Nurdiyanto

Moderator                                     : Elisa Tri Rahmawati dari Staff  Kesekretariatan

Waktu                                           : 09.05-15.00 WIB

Tempat                                         : WA Group Raker KSI 2020




Pemaparan Program Kerja Bidang Kesekretariatan



1. TransaKSI (Tertib Administrasi KSI) .
    Penanggung jawab : Elisa dan Ifon

TransaKSI adalah kegiatan dimana sekre mendata sirkulasi surat masuk, surat keluar, dan memantau perkembangan format administrasi dari Dema ataupun Mawa. Tahun ini perkembangan nomor surat dapat diakses melalui link Nomor Surat Terintregasi https://bit.ly/2UrqP3O. Mengingat nomor surat keluar sering dibutuhkan dengan cepat dan saat ada surat masuk bisa saja yang menerima bukan staf kesekretariatan jadi teman-teman pengurus bisa langsung mengisi link tersebut lalu memberi kabar ke salah satu PJ TransaKSI.

2. InPeKSI (Inventarisasi Perlengkapan KSI)
    Penanggung jawab : Siwi dan Cici

InPeKSI adalah kegiatan mencatat, mendaftar, dan merawat barang-barang inventaris KSI. Selain itu, pemantauan peminjaman inventaris KSI dari luar organisasi juga dilakukan. Peminjaman dari luar organisasi dapat mengisi link bitly https://bit.ly/2UWvLwu dan mengikuti alur SOP Peminjaman. Setelah itu dapat menghubungi PJ InpeKSI.

3. KSI-Lib (KSI Library)
    Penanggung jawab :  Cici dan Elisa

KSI-Lib adalah kegiatan merekap koleksi perpus KSI, memelihara, merawat, dan mengingatkan para pengurus untuk baca juga meminjam buku. Peminjaman buku dengan mengakses link https://bit.ly/39ERApq. Tiap pengurus juga wajib membaca dan meminjam koleksi KSI-Lib. Untuk tahun ini diwajibkan per bidang/divisi untuk mendonasikan buku, majalah, novel dan lain-lain minimal satu buku, jadi ditunggu jarkomannya ya.
4. KSI Card  
    Penanggung jawab : Aya

KSI Card atau id card pengurus adalah kartu yang digunakan sebagai tanda pengenal dan kepanitiaan pengurus KSI dalam berbagai kegiatan.

5. RAKER (Rapat Kerja)  
    Penanggung jawab : Nofi dan Tyas

Rapat kerja dilaksanakan dengan tujuan anggota dari setiap divisi aktif mengkritisi penyampaian setiap bidang dan memahami proker apa saja yang akan dilaksanakan selama satu periode ini.

6. BPO-KSI (Buku Pedoman Organisasi)
    Penanggung jawab : Aya

Buku Pedoman Organisasi merupakan buku yang berisi panduan KSI mulai dari visi dan misi, AD/ART, arahan kerja pengurus hingga standardisasi surat menyurat. BPO akan di share ke pengurus dalam bentuk softfile dan juga dicetak hardfile-nya. Diharapkan tiap pengurus mengetahui dan melaksanakan kinerja kepengurusan dengan sepenuh hati.

7. RHT (Rapat Harian Terbatas)  
    Penanggung jawab : Aya

Rapat yang dihadiri oleh BP setiap 2 minggu sekali. Rapat harian terbatas membahas proker yang sedang dan akan berlangsung serta mengevaluasi pengurus.

8. RHL (Rapat Harian Lengkap) / Rapat Pleno
    Penanggung jawab : Siwi dan Tyas

RHL terdiri dari Rapat Pleno Tengah dan Rapat Pleno Akhir yang dilaksanakan di tengah dan mendekati akhir kepengurusan (sebelum RAKSI). Isinya evaluasi kritik saran per bidang selama tengah dan mendekati akhir periode.

9. SereaKSI (Sertifikat Pengurus Aktif KSI)
    Penanggung jawab : Siwi

Sertifikat kepengurusan KSI selama satu periode. Dibuat dan dibagikan ke pengurus aktif pada akhir kepengurusan nanti.

10. RAKSI (Rapat Anggota KSI)
      Penanggung jawab : Cici

Rapat dengan pengambilan keputusan tertinggi di KSI. Di raksi ada evaluasi mulai dari AD/ART, pengurus, sampai pemilihan ketum, formatur dan DPP periode selanjutnya. Panitia RAKSI dari teman-teman anggota KSI (bukan pengurus), biasanya dari temen-teman AKASIA 2020 besok.

Unproker Kesekretariatan

 

1. Tata Tertib Kesekretariatan, Matrikulasi Proker, dan Daftar Pengurus KSI
    Penanggung jawab : Aya, Tyas, dan Siwi

Tata Tertib Kesekretariatan harap dipatuhi oleh pengurus KSI. Ruang sekre KSI adalah milik kita bersama. Matrikulasi proker diadakan dengan timeline per minggu tiap bulan yang berisi rangkaian kegiatan KSI. Daftar Pengurus KSI yang akan dipasang di ruang sekre berbentuk seperti pohon kepengurusan.

2. Piket Sekre
    Penanggung jawab : Cici

Piket dilaksanakan tiap bidang sesuai jadwal. Piket setiap minggu tanggung jawab perbidang. Satu minggu hari kerja dapat memilih antara hari senin-jumat yang terjadwal minggu itu bisa diskusi mau piket kapan (bisa 1 orang per hari atau semuanya janjian sama harinya). Setelah piket bisa konfirm ke Pj dengan mengirimkan dokumentasi foto. Ada juga kegiatan Bersih Sekre, bersih-bersih akbar yang bisa diikuti oleh semua pengurus, kondisional dilakukan di tengah dan akhir kepengurusan. Intinya selalu menjaga kerapian dan kebersihan sekre sebagai tanggung jawab kita bersama.

3. Sekretaris Bidang
    Penanggung jawab : Elisa dan Ifon

Perwakilan tiap bidang bersama berbagi informasi perkembangan administrasi KSI serta update info format surat dan proposal dari Dema. Setiap sekbid juga memberikan laporan notula rapat bidang sebagai arsip Kesekretariatan KSI.

Pemaparan Program kerja Bidang Kewirausahaan

1. SERASI / Seragam KSI
   Penanggung jawab : Amilia dan Eka

Seragam KSI berguna sebagai identitas KSI. Maka dari itu, bagi teman-teman pengurus KSI yang belum memiliki PDH KSI diwajibkan untuk membeli untuk pemesan akan dimulai hari Senin, 6 April 2020 beserta list ukuran dan harganya.

2. RnB / Reuni dan Berwirausaha
    Penanggung jawab : Ian dan Febri

Reuni dilaksanakan dengan mengunjungi alumni yang mempunyai usaha agar dapat membagikan ilmu berwirausaha sedangkan berwirausaha dilakukan dengan mahasiswa yang sudah mempunyai usaha atau bisa dengan mahasiswa yang lolos pendanaan PMW.

3. BIOZHAR / Berinovasi Hidangan dalam Bazar
    Penanggung jawab : Elvina

Kegiatan ini akan dilaksanakan saat bulan Ramadhon diwaktu sore hari (menjelang buka). Hidangan yang akan dijual berupa es buah dan takjil. Untuk teman-teman pengurus akan dijadwal bergilir dalam pelaksanaannya. Nah, karena kita awal bulan puasa masih daring, dan untuk info masuknya belum diketahui, alternatif lain akan dilakukan waktu wisuda atau CFD an setelah diperbolehkan masuk kuliah lagi. Semoga pandemi ini segera usai.

4. Money Squad
    Penanggung jawab : Mufa dan Elvina

Money squad atau yang biasa disebut danusan akan dilaksanakan setiap hari kuliah aktif dengan penjadwalan seluruh pengurus KSI 20 minimal 1 danusan.
Note : Danusan ini gak bisa diganti dengan keuntungan. Jadi jika pada saat itu sudah terjadwal tapi tidak bisa maka segera hubuungi PJ untuk tukar hari.

Unproker Kewirausahan


1. Kajur (Kantin Kejujuran)

Di sekre akan disediakan jajan atau snack ringan untuk dibeli. Nanti akan disediakan toples untuk wadah uangnya. Kapan dimulainya ? masih menunggu kuliah offline.
2. KSI Store

Jangan lupa follow ig @ksi.store yaaa…

Nah, KSI store ini kita akan jualan online berupa kaos, totebag, dan lain-lain yang di desain anak KWU sendiri. Apabila ada yang ingin menyumbangkan desain dipersilakan.

3. PO Jaksi (Jaket KSI)

Selain PDH KSI sebagai identitas juga ada jaket KSI. Bagi pengurus dan alumni KSI boleh banget pesen jaketnya. Untuk desain masih ada revisi dan akan buka PO bulan Juni dan September 2020.
  
4. KWU Mandiri

Berupa kegiatan untuk anak-anak KWU dan teman-teman yang mau ikut untuk membuat produk dan dijualkan langsung.

Pemaparan Program Kerja Bidang Kebendaharaan


1. Book KSI
    Penanggung jawab : Puspita
Mencatat keuangan KSI baik pemasukan dan pengeluaran dalam satu periode.

2. KPK
    Penanggung jawab : Nabila

Iuran wajib pengurus KSI sebesar 5k/bulan. Pembayaran bulan ini bisa langsung transfer atau dibayarkan ketika sudah masuk.

3. BBD (BenBidDay)
    Penanggung jawab : Novi dan Della
Novi : Kebendaharaan, PPM, KWU, Kominfo
Della : Sekre, POSDM, PIKMA

Melakukan koordinasi dengan benbid masing-masing bidang terkait pembayaran kas dan masalah masalah keuangan (telat bayar) dan koordinasi dengan PJ kas (anak bendahara). Jadi temen-temen buat bayar kas bisa lewat benbid per bidang masing-masing untuk nantinya disetorkan ke benbid bendahara. Jika ingin membayar langsung ke anak bendahara siapa pun juga boleh.

4. LAPAKS
    Penanggung jawab : Puspita

Melaporkan terkait keuangan KSI (masuk keluar) dari book KSI ke file ecel dikirim ke WAG setiap akhir bulan.
5. SAUS
    Penanggung jawab  : Jen

Tabungan KSI(seperti banksosma) yang digunakan untuk membantu sesame baik internal maupun eksternal KSI. Nanti bakal ada bonnya di sekre, jadi pas main ke sekre bisa tuh ngisi dengan sukarela berapapun.

Unproker Kebendaharaan


1. Rekening KSI
    Penanggung jawab : Bidang Bendahara

Dalam rangka kepemilikan rekening mandiri KSI untuk mempermudah dalam keuangan yang melalui online banking.

Pemaparan Proker Bidang PPM


1. KAMDIK

Kegiatan kamdik dilakukan sekali per pekan yakni di hari kamis. Kegiatannya meliputi pemberian materi ekstrakurikuler kir serta belajar bersama dengan adek adek anggota KIR di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Nanti akan dilakukan penjadwalan pengisi ekskul kir per pekan nya. Akan kita mulai di bulan Juli 2020. Untuk temen-temen pengurus yang terjadwal jangan lupa dateng ya.

2. PETISI
    Penanggung jawab : Riri dan Tulus

Petisi merupakan program penelitian KSI yang kegiatannya meliputi pemecahan dari suatu permasalahan sehingga mendapatkan solusi dan dapat dihasilkan kesimpulan yang diwujudkan dalam suatu karya tulis. Kegiatan petisi sendiri akan diadakan melalui tahap open rekruitmen untuk seluruh pengurus KSI, dan akan dipilih 1 tim yang berjumlah 5 sampai 6 orang. Tim ini nanti yang akan melakukan kegiatan penelitian berdasarkan masalah yang akan dikaji.

3. KSI BERBAGI
    Penanggung jawab : Zahra

Kegiatan KSI Berbagi ini akan banyak berkaitan dengan desa mitra. O iyaa sebelumnya, KSI mempunyai desa mitra yang berlokasi kan di Desa Gemampir, Kabupaten Klaten. Kegiatan yang akan dilakukan nanti adalah pengumpulan open donasi yang dibuka untuk umum dan akan disalurkan ke desa mitra KSI. Kemudian di bulan Juli akan diadakan KSI Berkurban, dimana KSI melakukan open donasi dan juga bekerjasama dengan lembaga sosial seperti laziz untuk menyalurkan hewan kurban di desa mitra, temen-temen boleh banget ikut berpartisipasi dan meramaikan desa mitra.

4. BERSIN
    Penanggung jawab : Savira dan Prasetya

Bersin merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat desa mitra yang bertujuan untuk memberikan suatu kegiatan yang bermanfaat dan diharapkan dapat berkelanjutan. Kegiatan yang dilakukan disesuaikan dengan potensi desa mitra. Kemudian diadakan program yang dinilai sesuai dan bermanfaat. Kegiatan tersebut diawali dengan mencari informasi di beberapa desa, kemudian mengadakan survey dana diskusi untuk memutuskan penetapan desa mitra.

Unproker PPM


1. BENDERA (Tim bendera sendiri ada Rizky, Prasetya, Aziz, Uswa, Savira dan Prisca)

Bendera (bersama mencari desa mitra) merupakan program yang dilakukan oleh tim bendera untuk mencari desa mitra yang berlokasikan di sekitaran Solo Raya.
Semisal teman-teman punya chanel mengenai desa yang sekiranya cocok untuk dijadikan desa mitra, boleh banget menghubungi tim bendera.



Agenda ke Depan : Harapannya proker dijalankankan dengan baik
Mempererat hubungan antarbidang
Jangan lupa besok raker pukul 09.00 J



BERSAMA KSI !!!
TUNJUKKAN KITA PUNYA AKSI




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EMBRIO DAN IMPLANTASI PADA MAMALIA

A. Fase Embrionik          Tahap awal perkembangan ternak mamalia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi. Fertilisasi akan menghasilkan sel individu baru yang disebut dengan zygote dan akan melakukan pembelahan diri/pembelahan sel (cleavage) menuju pertumbuhan dan perkembangan menjadi embrio.Tahapan pertumbuhan dan perkembangan embrio dibedakan menjadi 2 tahap yaitu : Fase Embrionik yaitu fase pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup selama masa embrio yang diawali dengan peristiwa fertilisasi sampai dengan terbentuknya janin di dalam tubuh induk betina. Fase fertilisasi adalah pertemuan antara sel sperma dengan sel ovum dan akan menghasilkan zygote. Zygote akan melakukan pembelahan sel (cleavage) Tiga fase embrionik yaitu : 1. Morula Morula adalah suatu bentukan sel sperti bola (bulat) akibat pembelahan sel terus menerus. Keberadaan antara satu dengan sel yang lain adalah rapat.Morulasi yaitu proses t

Teknik Persilangan Bunga Anggrek

Indonesia merupakan pusat keanekaragaman genetik beberapa jenis anggrek yang berpotensi sebagai tetua untuk menghasilkan varietas baru anggrek bunga potong, seperti Dendrobium , Vanda , Arachnis , dan Renanthera , maupun sebagai tanaman pot, seperti Phalaenopsis dan Paphiopedilum . Prospek tanaman anggrek dianggap masih sangat cerah untuk dikembangkan. Namun  potensi  ini  belum  dimanfaatkan secara proporsional, hal ini dapat dilihat dari nilai ekpor anggrek Indonesia yang hanya 3 juta US$ per  tahun. Angka  tersebut  termasuk kecil  jika dibandingkan dengan nilai ekspor Negara tetangga Singapura 7,7 juta US$ dan Thailand 50 Juta US$.  Sementara   potensi   perdagangan   dunia  150 juta US$ per   tahun  (Bank Indonesia 2004). Rendahnya produksi anggrek Indonesia  antara  lain  disebabkan  kurang  tersedianya  bibit  bermutu,  budidaya  yang kurang efisien serta penanganan pasca panen yang kurang baik. Untuk memenuhi permintaan pasar yang cenderung meningkat maka diperlukan ketersedi

Warna Ungu Terong

Sudah tidak asing lagikan dengan terung? Iya, terung yang dalam bahasa Inggris disebut  eggplant merupakan sayuran buah yang biasa kita konsumsi. Tapi, apakah kalian sempat memikirkan kenapa terung berwarna ungu? Beberapa orang kebanyakan pasti akan terlintas pertanyaan seperti itu. Sebenarnya ada beberapa warna pada terung, mulai warna ungu, hijau dan akhir-akhir ini telah ditemukan yaitu berkat kultur jaaringan terung berwarnaa pink, unik bukan? Dengan warna yang menarik tersebut mungkin akan menambah selera makan kita. Tetapi kali ini kita akan membahas dibalik warna ungu pada terung. Terong berwarna ungu karena kandungan antosianin  Warna ungu pada terong terbentuk karena andil dari zat antosianin yang merupakan pigmen pemberi warna ungu. Zat ini Merupakan senyawa flavanoid yang melindungi sel dari sinar ultra violet. Terong ungu kaya akan zat antosianin, sehingga warna ungunya cukup mendominasi pada terong. Zat antosianin mampu berperan dalam menghambat oksidasi dari tok