Langsung ke konten utama

Notula Rapat Kerja KSI 2020
Minggu, 5 April 2020



Pimpinan Rapat                            : M. Aziz Nurdiyanto

Moderator                                     : Cici Andriansyah dari Staff  Kesekretariatan

Waktu                                            : 09.05-15.00 WIB

Tempat                                          : WA Group Raker KSI 2020





Pemaparan Proker Bidang Kominfo

Ø  Devisi Humas

1. Detektif (Delegasi Temu Aktivis)
    Penanggung jawab : Udin dan Sekar

Merupakan kegiatan bertemu dengan organisasi keilmiahan dalam(internal) kampus dan luar (eksternal) kampus  UNS. Teknisnya seperti kunjungan ataupun nanti kita dikunjungi oleh organisasi tersebut lalu dilakukan diskusi yg tujuannya bisa sharing inovasi dan motivasi antar organisasi. Detektif internal dilaksanakan insyaAllah minggu awal mei dan eksternal minggu ke-4 agustus.

2. Bola (Kolaborasi Lembaga)
    Penanggung jawab : Indah dan Udin

Teknisnya yaitu berkolaborasi antara pengurus KSI 2020 dengan suatu organisasi untuk menciptakan suatu karya yang mampu dilombakan atau dibuat semacam PKM . Selain itu guna memperluas jaringan relasi dari KSI sendiri . Dilakukan InsyaAllah minggu ke -3 September.

3. Berisik (Forum Besar Keilmiahan Asik)
    Penanggung jawab : Indah dan Ahda

Merupakan bentuk kerja sama KSI dengan mitra keilmiahan HMP se-FP UNS yang bertujuan untuk menciptakan iklim keilmiahan FP semakin berjaya. Teknisnya melalui diskusi antara lain pemaparan proker keilmiahan HMP lalu ada penyampaian mengenai sosialisasi PKM, Essay, dan LKTI. Untuk opening berisik sendiri InsyaAllah dilakukan minggu ke 2 April 2020 secara online.

4. Pelatihan Jurnalistik
    Penanggung jawab : Ahda dan Sekar

Teknisnya yaitu mengajak teman-teman pengurus KSI untuk mendapatkan ilmu jurnalistik melalui pelatihan jurnalistik yang akan dilakukan kunjungan ke lembaga (misal kentingan/solopos) . Timeline InsyaAllah minggu ke-2 November.

Unproker Humas

1. Lepas sambut wisuda

Teknisnya yaitu menyambut wisudawan alumni KSI dengan data yang telah didapatkan, lalu mengajak seluruh pengurus KSI untuk menyambut mas mbak yang wisuda guna tetap menjaga relasi dan kekeluargaaan antar alumni.

Ø  Divisi Medinfo

1. KSI Cyberline (Sosial Media)

KSI Cyberline ini bentuk kegiatannya yaitu mengelola semua sosial media KSI. Akun sosial medianya KSI ada Instagram, Youtube, Website, & Email. Di akun instagram KSI, postingan yang wajib setiap waktu tertentu yaitu ucapan selamat ulang tahun (per bulan). Berisi nama semua pengurus KSI yang berulangtahun di tiap bulan dan nanti diposting di feed ig. Contohnya bisa diliat di sini https://www.instagram.com/p/B0n-PPGHvfs/?igshid=1qamoppoh7gqu

2. Paansi (Papan Informasi KSI)

PAANSI itu seperti mading. Papannya ada di depan sekre KSI. Konten PAANSI berupa info seputar Solo, info lomba, infeksi (info keilmiahan dari PIKMA), cerita bergambar/komik, puisi/cerpen, info terkini (misal aplikasi edit yang gampang digunain di hp), rekomendasi film, dan lain lain.

3. Video Profil KSI & Buletin KSI

Video Profil. Video ini akan ditampilkan saat PKKMB bertepatan bagian pengenalan organisasi FP. Isi videonya menjelaskan tentang KSI secara umum. Teknis pembuatan videonya nanti bakal shoot beberapa pengurus KSI buat ngomongin pengalamannya di KSI.
Buletin KSI. Teknisnya sebar pamflet yg isinya info tentang KSI dan sosmednya. jadi nanti pamflet ini bakal disebar atau dibagiin pada saat calon maba daftar ulang SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri.

4. KADES (Kelas Desain)

Kelas desain ini bentuk kegiatannya berupa kelas pada umumnya, ada mentor & peserta. Mentornya dari orang yang sudah berpengalaman dibidang desain. Peserta merupakan perwakilan pengurus KSI dan anggota KSI. Kades dilaksanakann bulan September dan mentor akan menjelaskan tentang desain grafis.

5. KSI Bercakap

Video monolog yang membahas hal yang ramai dibicarakan. Dipost setiap akhir bulan di ig KSI. Contoh dapat dilihat di link, https://www.instagram.com/p/B16YcHVHsyk/?igshid=1wodhgfl0p4c0

Unproker Medinfo

1. KSI Cyberline (Sosial Media)

KSI Cyberline ini bentuk kegiatannya yaitu mengelola semua sosial media KSI. Akun sosial media KSI ada Instagram, Youtube, Website, & Email. Di akun instagram KSI, ada beberapa konten yang akan  diposting pada waktu tertentu dan merangkap menjadi unproker medinfo diantaranya :

1.      Ucapan selamat ulang tahun per hari H
Desain pamflet ucapan selamat ulang tahun berisi foto pengurus yang berulang tahun pada hari tersebut, nama, tgl lahir, dan posisi di KSI. Ucapan ini berlaku utk semua pengurus KSI yang totalnya ada 68 orang. Contohnya bisa dilihat di sini:
2.      Ucapan selamat wisuda
Kegiatan ini akan dilakukan bersama divisi humas. Menyambut alumni KSI dengan anak humas dan pengurus lainnya. Divisi humas yang mencari info ttg alumni KSI yg udh wisuda, dan divisi medinfo yang memposting nama" mas & mba alumni yang sudah diwisuda. Contohnya bisa diliat di sini https://www.instagram.com/p/B1l_ijmnf63/?igshid=1vrldkz3rvbh5
3.      KSI Mengapresiasi
 Postingan info pengurus KSI yang menang lomba dan menjadi perwakilan. Info yg ada di desain feednya itu: Nama pengurus, juara berapa, nama lomba, dan tempat lomba. KSI Mengapresiasi diposting tiap bulan. Contohnya bisa dilihat di sini:
4.      Ucapan semangat lomba
Membuat ucapan semangat lomba untuk teman-temn yang mengikuti lomba.


Pemaparan Proker Bidang PIKMA

Ø  Divisi Keilmiahan

MENULIS
Bentuk kegiatanya adalah PIKMA menyediakan mentor-mentor yang telah berpengalaman dalam bidangnya baik itu KTI, Essay, maupun Bisnis Plan untuk mementoring teman-teman terkait kepenulisan, kegiatannya adalah :

1.      Mentoring Berkala : Khusus untuk pengurus KSI. Teknisnya setiap bulan ada mentoring satu cabang lomba. Satu bulan terdapat 5 kali mentoring dengan pembagian bidang sebagai berikut : Sekre + PPM, Bendum + KWU, Pikma, POSDM, dan Kominfo.

2.      Mentoring Kondisional : Berupa sebaran pamflet yang berisi contact person mentor lomba terkait. Cabang lomba disediakan ada 3 yaitu Essay, KTI, dan Bussines Plan. Timeline mentoring berkala dari awal bulan April 2020.
Penanggung jawab : Alfian

3.      WAKANDA (Wawasan Ilmiah Untuk Anda)
Dirancang sebagai sebuah diskusi online di WA grup, nantinya ada pembicara, mc, dan moderatornya. Sasaranya adalah pengurus + umum untuk mahasiswa FP. Timeline awal April dan bulan September.
Penanggung jawab : Inez

4.      LOTUS (Lomba karya tulis internal KSI)
sebagai follow up dari mentoring outpuntnya adalah pengurus bisa menulis sebuah karya nantinya akan diperlombakan dengan sesama pengurus KSI. Rencana yang diperlombakan adalah Essay, secara individu. Nanti 10 besar karya terbaik untuk presentasi. Timeline setelah mentoring selesai.
Penanggung jawab : Anita

5.      TAKESI (Database Karya Internal KSI)
1. Data Prestasi Pengurus KSI
Semua prestasi lomba pengurus KSI, dari finalis sampai dapat juara, akan direkap disini.
2. Bank Karya KSI
Karya-karya anak KSI, baik Essay, KTI, PKM, dan lain-lain akan dijadikan satu file dengan izin pemilik karya.
3. Buku Panduan Pengajuan Dana Delegasi
Untuk mempermudah pengurus mengenai pendanaan mengikuti lomba, kami mempermudah dengan membuat tutorial yang nantinya akan dijadikan satu file, lalu kami lampirikan pula contoh-contoh proposal dana delegasi baik itu untuk kegiatan nasional maupun internasional.
Semuanya akan kami himpun dalam bentuk Google drive. Timeline setiap waktu.
Penanggung jawab : Inez

6.      INFEKSI
Memosting di ig dengan tujuan menambahlan pengetahuan tentang info terbaru bidang pertanian. Pelaksanaan satu bulan satu kali. Ada dua info yaitu info biasa dan quis. Teknisnya satu orang penjawab tercepat, terlengkap dan tertepat akan mendapat voucer lomba max 100.000, harus ditukar dengan bukti pembayaran administrasi lomba dan voucher ada masa hangusnya.
Penanggung jawab : Mirsa

7.      FOLALIS (Info Lomba Kepenulisan KSI)
Satu minggu sekali kita share info lomba, deadline, serta menyertakan buku panduan. Harapannya supaya pengurus mudah mendapatkan info lomba. Nah, info lomba itu meliputi KTI, Essay, Bisnis Plan, Debat, sama event internasional lain, entah itu INNOPA atau conference, pokonya yg internasional. Nanti kita akan share itu ke : grup pengurus KSI, grup forum keilmiahan prodi se FP yang namanya "BERISIK", dan grup anggota KSI. Selain di grup juga post ke ig story ksi seperti biasa timeline mulai April.
Penanggung jawab : Hanifah

8.      FAST( Festival of agtiScience and Technologi)
Proker terbesar KSI berskala nasional. Kegiatanya adalah lomba Essay Nasional dan Seminar Nasional yang nantinya akan dilakukan dengan memohon bantuan teman-teman melalui perekrutan kepanitiaan FAST dari pengurus dan anggota KSI. Timeline bulan Oktober.
Penanggung jawab : Fadhillah

Ø  Divisi PKM

1.      Sosialisasi PKM
Bertujuan untuk Mahasiswa/i FP agar paham informasi dasar PKM. Sosialisasi berupa workshop di Aula Gedung B (kondisional). Sosialisasi sebagai pengenalan apa itu PKM, input dan outputnya, dan cara pendaftaran, sehingga dapat bekerja sama PKM Center dan MAWA FP mengenai pembicara, dana, perizinan (jika hari aktif kuliah), dan lain lain.
Timeline : semester ini, sesuai dengan timeline dari pusat
Penanggung jawab : Ammar dan Letisia

2.      Mentoring PKM
Bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis PKM, arah atau minat mahasiswa ke PKM tertentu, dan menjelaskan teknis PKM. Berupa talkshow per jenis PKM, akan diadakan dua kali, akan dipilih empat skim yang terpilih (dari survey bitly) misal yang terpilih PKM K, P, M, dan GT. Mentor yang mengisi minimal dari yang lolos pendanaan. Diadakan saat semester ganjil, setelah pendaftaran PIM UNS dibuka (kondisional sesuai timeline).
Penanggung jawab : Danik dan Arma

3.      Posko PKM
Kita memberi pendampingan untuk Mahasiswa FP berupa fasilitas seperti tanda tangan halaman pengesahan ke Mawa, akan ada yang berjaga di Posko PKM secara terjadwal, bisa dari anggota PIKMA saja atau keseluruhan KSI. Posko tepatnya ada di Ruang CDC Gedung C lt 1. Timeline : September - kepengurusan akhir.
Penanggung jawab : Salma dan Bunga


Pemaparan Program Kerja Bidang POSDM

Ø  Divisi Kaderisasi
1.      SAMINT
SAMINT, waktu pelaksanaan mengikuti jadwal on desk maba dan teknisnya mengikuti peraturan dari FP. Kalau tahun lalu ada samaru saat SNM, SBM dan di rangkaian AMT. Namun untuk pelaksanaan samaru ini dari BEM belum bisa memastikan karna ini juga sedang dalam kondisi seperti ini. Berhubung di SAMINT ini kita menyambut mahasiswa baru jadi nantinya kita meminta bantuan dari bidang lain untuk ikut serta meramaikan stand terutama pada saat SAMINT di rangakain AMT minimal 1 orang per bidang dan akan kita data supaya bisa dilakukan briefing dan mungkin akan dibuat shift untuk yang menjaga stand agar lebih efektif dan kondusif.
Penanggung jawab : Sania

2.      DOS (Display Osmaru= Orientasi Mahasiswa Baru)
Penanggung jawab : Isna
Pelaksanaan mengikuti arahan fakultas.

3.      AKASIA (Akademi Kreativitas Mahasiswa) pj Eldur dan Septi
rencannya ada Pra Akasia 1 & 2 kemudian puncak akasia. Diikuti oleh 2 angkatan terakhir mahasiswa/i FP UNS. Kepanitiaan nya nanti dari POSDM dan dibantu pengurus dari bidang lain (20an)
Penanggung jawab : Eldur dan Septi

Ø  Divisi PP
1.      KSI on Fire
KSI on Fire di grup pengurus dan anggota dilaksanakan setiap seminggu sekali dan personal chat kepada setiap pengurus setiap satu bulan sekali. Sedangkan secara offline membuat saku sejumlah pengurus dari kertas diberi nama dan ditempel ditembok, untuk mengisi saku tersebut diperbolehkan bagi setiap pengurus KSI 2020.
Penanggung jawab : Anisa

2.      UPGRADING
Merupakan kegiatan peningkatan mutu, pengetahuan, dan solidaritas bagi pengurus KSI 2020. Upgrading nanti bakal dilaksanakan ditengah periode kepengurusan dan untuk pelaksanaannya akan dibantu oleh badan pengurus.
Penanggung jawab : Prilli

3.      TAKSI (Traveling and Studying with KSI)
Merupakan kegiatan rekreasi, belajar, dan menambah pengalaman bersama pengurus KSI yang dilaksanakan di luar UNS. Rencana bakal dikolaborasikan dengan proker dari humas yaitu detektif, jadi nanti namanya berubah jadi TAKTIF.
Penanggung jawab : Nabila

4.      KSI of the Month
Merupakan pemberian apresiasi kepada pengurus terkait kontribusi aktif dalam perlombaan dan partisipasi dalam program kerja KSI 2020 dalam kurun waktu sebulan. Pengurus yang memperoleh nominasi KSI of the Month akan mendapat kesempatan untuk jadi narasumber di KELAM pada awal bulan berikutnya.
Penanggung jawab : Resna

5.      Kelam
Nominasi KSI of the month akan menjadi narasumber KELAM yang akan diberikan pertanyaan dari pengurus (pertanyaan bebas) tetapi akan dipilah oleh moderator untuk dijawab oleh narasumber. KSI of the Month akan diumumkan di akhir bulan dan KELAM dilaksanakan di awal bulan selanjutnya.
Penanggung jawab : Resna

6.      KSI Birthday
Memberikan ucapan serta do'a untuk pengurus yang sedang ulang tahun
Penanggung jawab : Regiana

7.      INAKSI (Inagurasi KSI)
INAKSI dilakukan setelah rapat pleno akhir dan sebelum RAKSI. INAKSI sebagai malam puncak apresiasi kepada pengurus KSI yang hampir menyelesaikan satu kali masa kepengurusannya di KSI 2020 dan menperingati ulang tahun KSI ke-25 tahun ini.
Penanggung jawab : Suci 

Unproker POSDM

1. JJMMSS (Jalan² Makan² Senang²)
Sebagai sarana berkumpul bersama sehingga dapat lebih akrab satu sama lain.
Kegiatannya menyesuaikan minat dan waktu luang dari pengurus KSI karena berkaitan dengan banyak/sedikitnya keikutsertaan pengurus dalam kegiatan.
Contoh JJMMSS yang pernah dilakukan seperti : badminton, jogging, nonton SIPA, masak dan makan.
Penanggung jawab : Prilli





Kesimpulan :
-          Setiap proker yang sudah disusun hendaknya dijalankan dengan tetap mengacu pada proses dan kebermanfaatan untuk sesame
-          Semoga proker yang telah direncanakan dilancarkan oleh Allah SWT, manusia hanya bisa berencana dan masalah akan selalu datang pada kita, oleh karena itu jangan pergi dan bahkan menghilang, tetapi hadapi dan selesaikan masalah tersebut dengan cara temen temen sendiri dan bersama-sama
-          Jadikan KSI sebagai batu loncatan untuk terus berproses dalam meningkatkan softskill.
-          Jadikan KSI menjadi kenangan kalian yang indah dan tak terlupakan.



BERSAMA KSI !!!
TUNJUKKAN KITA PUNYA AKSI




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EMBRIO DAN IMPLANTASI PADA MAMALIA

A. Fase Embrionik          Tahap awal perkembangan ternak mamalia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi. Fertilisasi akan menghasilkan sel individu baru yang disebut dengan zygote dan akan melakukan pembelahan diri/pembelahan sel (cleavage) menuju pertumbuhan dan perkembangan menjadi embrio.Tahapan pertumbuhan dan perkembangan embrio dibedakan menjadi 2 tahap yaitu : Fase Embrionik yaitu fase pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup selama masa embrio yang diawali dengan peristiwa fertilisasi sampai dengan terbentuknya janin di dalam tubuh induk betina. Fase fertilisasi adalah pertemuan antara sel sperma dengan sel ovum dan akan menghasilkan zygote. Zygote akan melakukan pembelahan sel (cleavage) Tiga fase embrionik yaitu : 1. Morula Morula adalah suatu bentukan sel sperti bola (bulat) akibat pembelahan sel terus menerus. Keberadaan antara satu dengan sel yang lain adalah rapat.Morulasi yaitu proses t

Teknik Persilangan Bunga Anggrek

Indonesia merupakan pusat keanekaragaman genetik beberapa jenis anggrek yang berpotensi sebagai tetua untuk menghasilkan varietas baru anggrek bunga potong, seperti Dendrobium , Vanda , Arachnis , dan Renanthera , maupun sebagai tanaman pot, seperti Phalaenopsis dan Paphiopedilum . Prospek tanaman anggrek dianggap masih sangat cerah untuk dikembangkan. Namun  potensi  ini  belum  dimanfaatkan secara proporsional, hal ini dapat dilihat dari nilai ekpor anggrek Indonesia yang hanya 3 juta US$ per  tahun. Angka  tersebut  termasuk kecil  jika dibandingkan dengan nilai ekspor Negara tetangga Singapura 7,7 juta US$ dan Thailand 50 Juta US$.  Sementara   potensi   perdagangan   dunia  150 juta US$ per   tahun  (Bank Indonesia 2004). Rendahnya produksi anggrek Indonesia  antara  lain  disebabkan  kurang  tersedianya  bibit  bermutu,  budidaya  yang kurang efisien serta penanganan pasca panen yang kurang baik. Untuk memenuhi permintaan pasar yang cenderung meningkat maka diperlukan ketersedi

Warna Ungu Terong

Sudah tidak asing lagikan dengan terung? Iya, terung yang dalam bahasa Inggris disebut  eggplant merupakan sayuran buah yang biasa kita konsumsi. Tapi, apakah kalian sempat memikirkan kenapa terung berwarna ungu? Beberapa orang kebanyakan pasti akan terlintas pertanyaan seperti itu. Sebenarnya ada beberapa warna pada terung, mulai warna ungu, hijau dan akhir-akhir ini telah ditemukan yaitu berkat kultur jaaringan terung berwarnaa pink, unik bukan? Dengan warna yang menarik tersebut mungkin akan menambah selera makan kita. Tetapi kali ini kita akan membahas dibalik warna ungu pada terung. Terong berwarna ungu karena kandungan antosianin  Warna ungu pada terong terbentuk karena andil dari zat antosianin yang merupakan pigmen pemberi warna ungu. Zat ini Merupakan senyawa flavanoid yang melindungi sel dari sinar ultra violet. Terong ungu kaya akan zat antosianin, sehingga warna ungunya cukup mendominasi pada terong. Zat antosianin mampu berperan dalam menghambat oksidasi dari tok