Saturday, December 12, 2015

KSI Mengabdi bertajuk KAMDIK

KSI FP UNS Mengadakan “KAMDIK” di SMP N 12 Surakarta
Sabtu,12 Desember 2015, memperingati hari jadinya yang ke-20 Kelompok Studi Ilmiah (KSI) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, melalui program kerja KAMDIK (KSI Mengabdi) bekerja sama dengan Cimory mengadakan acara talkshow di SMP N 12 Surakarta.
Acara yang mengusung tema “Pengenalan Pertanian Sejak Dini Untuk Mewujudkan Generasi Muda Hijau” ini menghadirkan pembicara salah satu lulusan Fakultas Pertanian UNS Program Studi Agroteknologi, yang juga merupakan Ketua Umum KSI Periode 2013, Bani Noor Rakhim, S.P. Salah satu finalis RCDC (Regional and Community Development Center) yang diselenggarakan MITI, dengan proyeknya yaitu pengembangan produk cabai kering ini memaparkan mengenai pentingnya peran sektor pertanian dan bagaimana sistem pertanian terpadu berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. Dalam diskusi yang berlangsung santai dan menyenangkan tersebut beliau mengajak peserta yang merupakan siswa-siswi kelas 7 dan 8 serta anggota Kelompok  Ilmiah Remaja (KIR) SMPN 12 Surakarta untuk mengenal sektor-sektor dalam kegiatan pertanian yang tidak selalu harus menanam padi di sawah, tapi juga meliputi peternakan, perikanan, dan perkebunan.
Beliau juga mengajak adik-adik peserta untuk membuka wawasan mengenai peran pertanian dalam menyediakan kebutuhan pangan masyarakat dalam suatu negara. Melalui konsep pertanian terpadu dan berkelanjutan, berbagai sektor pertanian tersebut saling terkait berbasis pada konsep “Zero Waste”. Contohnya pada sektor pertanian dan peternakan. Pada sektor pertanian dihasilkan sisa berupa jerami yang dapat digunakan sebagai pakan ternak. Kotoran yang dihasilkan pada sektor peternakan dapat digunakan kembali untuk sektor pertanian menjadi pupuk organik dan dapat pula diolah menjadi biogas kemudian dimanfaatkan bahan bakar kendaraan. Dikenalkan pula mengenai cara bertanam melalui media hidroponik sebagai solusi atas permasalahan penyempitan lahan saat ini.
Selain materi tentang pertanian, disampaikan juga materi tentang motivasi dengan tema “the power of dream” oleh salah satu pengurus KSI periode 2015 yang juga merupakan salah satu trainer terbaik dalam Achievement Motivation Training (AMT) FP UNS 2015, Angga Ashari Styawan. Diharapkan setelah talkshow ini dapat menumbuhkan semangat peserta dalam belajar, menggapai cita-cita dan menjadi orang sukses. “Saya merasa senang dan mempunyai banyak pengetahuan dengan adanya acara ini.” ujar salah satu peserta Talkshow KAMDIK ketika menyampaikan kesan dan pesan diakhir acara. Diakhir acara ada pemutaran video edukasi dari Cimory tentang pentingnya yogurt untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga pembagian Cimory untuk peserta serta gerakan minum yogurt bersama. “Terima kasih banyak kepada KSI FP UNS karena dengan adanya acara ini menjadi salah satu bentuk untuk mendukung SMP N 12 Surakarta dalam program Adhi Wiyata” ucapan terima kasih dari Bapak Abdul Haris Alamsah selaku Kepala SMP N 12 Surakarta ketika ditemui selesai acara Talkshow KAMDIK.


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment