Friday, September 18, 2015

Kamdik (KSI Mengabdi)


Kamdik atau KSI Mengabdi adalah suatu program kerja dari KSI yang berkonsentrasi pada pengabdian masyarakat. Pada kesempatan kali ini Kamdik dilaksanakan di SMP N 12 Surakarta dengan sasaran kegiatan adalah siswa-siswi SMP tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 18 September 2015 ini mensosialisasikan kepada siswa-siswi SMP N 12 Surakarta mengenai Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). 
  Dalam upaya memperkenalkan KIR kepada siswa-siswi tersebut, kami Kelompok Studi Ilmiah Fakultas Pertanian UNS mendemonstrasikan pembuatan baterai altenatif dari buah jeruk nipis. Bahan-bahan yang diperlukan berupa 4 buah jeruk nipis, 4 buah koin tembaga, 4 buah paku, satu buah lampu LED serta 4 buah kabel dengan penjepit buaya. Dari bahan-bahan tersebut dibuat rangkaian seri dengan mengubungkan keempat jeruk dengan kabel.
Langkah pertama pembuatan rangkaian tersebut dengan membuat goresan menggunakan pisau atau cutter pada jeruk nipis sehingga koin tembaga dapat dimasukkan dengan mudah. Kemudian pada masing-masing jeruk tersebut juga dipasangkan paku dengan cara menusukkannya langsung. Kupas salah satu ujung kabel sehingga dapat dililitkan ke paku sedangkan ujung lainnya yang berupa penjepit buaya dipasangkan pada koin tembaga. Persiapan tersebut dilakukan pada keempat jeruk nipis yang telah disiapkan. Kemudian, salah satu kabel dipotong menjadi dua dan dikupas ujung-ujungnya sehingga dapat dililitkan pada lampu LED. Setelah seluruh rangkaian tersambung maka lampu LED dapat menyala. 
Percobaan sederhana mengenai pembuatan baterai denga jeruk nipis tersebut cukup menarik perhatian murid-murid SMP N 1 Surakarta. Beberapa murid langsung ingin mencoba membuat sendiri rangakaian baterai tersebut setelah Tim dari KSI selesai melakukan demostrasi. Dengan adanya kegiatan tersebut murid-murid menjadi bersemangat dalam mengikuti kegiatan KIR, bahkan pihak kesiswaan SMP N 1 Surakrta langsung membentuk ekstrakulikuler KIR di sekolah mereka dan menunjuk salah satu siswa menjadi ketua. 
Rangakaian kegiatas sosialisasi tersebut berlangsung dari pukul 07.00 hingga 08.00 WIB. Sebagai bagian dari program kerja KSI FP UNS, Kamdik yang dilaksanakan terseut terbilang cukup sukses. Hal tersebut tidak lepas dari bantuan dan kerjasama dari pihak SMP N 1 Surakarta. Tidak hanya sampai disini, kegiatan Kamdik ini juga akan terus dilaksanakan sebagai bentuk pengamdian dari KSI FP UNS.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment