Saturday, June 20, 2015

KSI Class of Creativity : Essay Training



KSI Class of Creativity: Essay Training


KSI Class of Creativity merupakan salah satu program kerja bidang PIKMA (Pengembangan Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepenulisan karya ilmiah bagi anggota dan pengurus KSI pada khususnya dan mahasiswa Fakultas Pertanian pada umumnya. Setelah sukses dengan KSI Class Of Creativity Chapter I yang mengangkat tema Pelatihan dan Pendampingan PKM DIPA, KSI kembali mengadakan pelatihan kepenulisan yang dibuka bagi mahasiswa secara umum. 
KSI Class of Creativity yang kedua ini mengambil tema Essay Training: Kupas Tuntas Esai yang dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Mei 2015 dan bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung B Fakultas Pertanian UNS. Acara KSI Class ini juga didukung dengan adanya jargon yang membakar semangat berprestasi peserta, yaitu “Ayo Beraksi, Siap Berprestasi!”. Sesuai dengan tema dan jargon yang diangkat, KSI Class of Creativity Chapter II ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan bagi peserta tentang bagaimana menulis esai yang baik dan benar serta memberikan motivasi bagi peserta untuk terus berkarya dan berprestasi. 
Acara Essay Training berlangsung dengan penuh antusiasme dari peserta, dimana peserta yang hadir tidak hanya berasal dari Fakultas Pertanian UNS melainkan juga Fakultas lain seperti FMIPA, FT, dan FKIP. Acara Essay Training dibuka dengan pembacaan basmallah yang dipimpin oleh MC (Dwi Fitriani) dan dilanjutkan sambutan yang diberikan oleh Ketua Panitia (Lilik Nikmaturrohmah) dan Ketua Umum KSI (Ananda Saka P.). Setelah pembukaan dan sambutan, acara selajutnya merupakan acara inti yaitu pemberian materi Essay Training. Pembicara Essay Training kali ini adalah seorang mahasiswa Fakultas Pertanian yang juga merupakan Demisioner KSI FP UNS periode 2013, dengan semangat berkarya yang tinggi dan memiliki segudang prestasi, Juli Purnomo, Mahasiswa Berprestasi UNS 2015. Materi yang diberikan oleh Mas Juli selama 45 menit ini mengupas tuntas segala hal tentang esai, mulai dari bagaimana memunculkan ide, teknik kepenulisan, tips-tips berprestasi, hingga sharing pengalaman mengikuti kompetisi baik nasional maupun internasional. Setelah pemberian materi, selanjutnya adalah sesi diskusi, yang hanya terdiri dari dua pertanyaan karena adanya keterbatasan waktu. Setelah memperoleh materi tentang esai, selanjutnya peserta diberikan kesempatan untuk berlatih menulis mini esai dalam waktu 10 menit. Terlihat banyak peserta yang masih kebingungan untuk memulai, tetapi ada juga peserta yang mampu menulis dengan cukup baik meskipun dengan keterbatasan waktu yang diberikan. Setelah menulis mini essay, salah satu peserta diminta untuk membacakan hasil karyanya untuk selanjutnya dievaluasi langsung oleh Mas Juli. Terdapat cukup banyak masukan yang diberikan oleh Mas Juli namun tentunya masukan tersebut sangat membangun bagi peserta yang hadir.
Sebelum sampai pada penghujung acara, dilakukan penyerahan sertifikat dan parcel bagi pembicara dan juga doorprize bagi peserta yang aktif selama acara berlangsung, dilanjutkan sesi foto bersama. Akhirnya acara Essay Training berjalan dengan sukses dan ditutup dengan bacaan hamdalah yang dipimpin oleh MC. Keringat panitia pun terbayar dengan melihat peserta yang keluar dari ruangan dengan wajah penuh motivasi untuk berprestasi. Demikianlah serangkaian acara KSI Class of Creativity Chapter II: Essay Training. Tunggu acara-acara KSI Class Chapter selanjutnya yaaaa ;)
 

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment