Langsung ke konten utama

Cara Gampang Cari Jurnal Penelitian dan Paper


Saya pernah mengalami kesulitan seperti teman - teman... Tugas jurnal dari dosen padahal kita tidak tahu apa jurnal itu dan darimana mencarinya. Mahasiswa lama juga sama saja, bingung mencari jurnal dalam jumlah banyak saat akan menyusun proposal skripsi karena 75% dari daftar pustaka diambil dari jurnal.

Sebenarnya cukup mudah untuk mencari jurnal. Anda bisa memanfaatkan jurnal online yang ditawarkan beberapa universitas di Indonesia seperti UGM, Airlangga, dan IPB. Jurnal gratis juga ditawarkan oleh LIPI.
Jika ingin mencari jurnal berbahasa Inggris, maka website favorit saya untuk mencari jurnal gratis adalah Oxford Journal dan Brazillian Journal

Plant Physiology Journal adalah pilihan jika anda mencari jurnal yang berhubungan dengan fisiologi tumbuhan. Bila anda mencari jurnal bioteknologi berbahasa Indonesia, jurnal AgroBiogen mungkin bisa membantu. Namun jika anda mencari jurnal kedokteran, jurnal kedokteran Canada dan New England ditawarkan gratis. Kedokteran hewan berbeda lagi, coba saja jurnal veteriner Udayana. Jurnal fisiologi hewan dalam bahasa Inggris juga mudah anda dapatkan di JCI.

Jurnal dari Springerlink dan Blackwell-Synergy memang lengkap tidak saya sarankan karena anda harus berlangganan dulu. tapi jika anda hanya menginginkan abstrak saja, bolehlah anda masuk ke dua situs itu.

Bila anda ingin mencari jurnal di search engine seperti google atau yahoo, saran saya masukkan keyword "jurnal" atau "Journal" bila anda menginginkan jurnal bahasa Inggris, lalu masukkan sespesifik mungkin jurnal yang anda cari seperti nama penulis dan tahun penulisan, judul jurnal, atau paling tidak nama spesies. jadi anda harus tahu dulu jurnal yang anda inginkan, paling tidak apa temanya.

Atau dengan mesin pencari selain google yang biasa atau yahoo. Berikut website yang menawarkan kemudahan untuk mencari jurnal penelitian atau paper :

Scribd adalah website yang menyediakan tempat bagi pengunggah dan pengunduh paper dan jurnal penelitian secara gratis. Sistem dari Scribd adalah jika kita ingin mengunduh, maka kita harus mengunggah (Seperti barter). Selain paper dan jurnal penelitian, ada yang mengunggah artikel, skripsi dan lain sebagainya. Buatlah akun di Scribd untuk bisa mengunduh dan mengunggah dokumen yang ada disana.


Oppapers adalah website free essays and research paper . Buat akun, log in dan Anda bisa membaca 650.000 lebih essays and research paper secara gratis tapi tidak bisa diunduh. Essays and research paper yang diterbitkan di Oppapers berbahasa Inggris.


Google Scholar / Google Cendekia (Dalam bahasa Indonesia) adalah layanan search untuk jurnal, essay , paper dalam berbagai format baik .doc .pdf dan lainnya. Ada yang bisa diunduh dan ada yang tidak. Anda tidak perlu memiliki akun tertentu untuk mengunduh dan membaca jurnal, essay , paper yang ada di Google Scholar.


Academia.edu adalah salah satu website yang banyak direkomendasikan oleh para akademisi untuk mencari referensi jurnal dan paper. User Interface Academia.edu sederhana dan mudah digunakan. Buatlah akun dan masuk ke halaman home untuk mencari tema yang Anda cari.

Jika anda beruntung memperoleh sebuah jurnal hingga daftar pustakanya, tak usah repot-repot. Copy saja tiap jurnal yang tertera di daftar pustaka dan paste-kan ke mesin pencari anda untuk mendapatkan jurnal bertema sama.

Saran terakhir saya, karena sebagian besar jurnal berformat PDF coba masukkan "+PDF" dibelakang judul jurnal yang inginkan saat mencari jurnal yang anda inginkan. semisal anda ingin mencari jurnal tentang vitamin C, ketik saja "vitamin C+PDF". Tapi tentu komputer anda harus memiliki Adobe Acrobat untuk membukanya.


Well, cukup mudah kan?


Komentar

  1. Sedikit menambahkan....
    Tekhik pencarian jurnal kedokteran via google di
    http://arsip-trik.blogspot.com/2012/08/cara-mencari-jurnal-ilmiah-di-internet.html

    Mohon saran, perbaikan, kritik dll....

    BalasHapus
  2. Sekedar Info, Kawan Kawan bisa rekuest jurnal international secara gratis di www.jurnalpedia.com

    BalasHapus
  3. alhamdulillah sangat bermanfaat buat rekomendasinya, saya sendiri suka berbagi buku digital di academia.edu

    BalasHapus
  4. trima kasih, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. bisa juga akses di pnri.go.id gratis

    BalasHapus
  6. Thanks, gan. Artikelnya menarik banget dan bermanfaat.
    Menambahkan 6 situs jurnal terindex yang bisa diakses secara gratis.
    http://nongkrong-darta.blogspot.co.id/2015/11/6-situs-jurnal-terindex-free.html

    BalasHapus
  7. Thanks ya, sangat membantu. Kunjungi juga ya DOUNLOWD JOURNAL PENELITIAN

    BalasHapus
  8. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EMBRIO DAN IMPLANTASI PADA MAMALIA

A. Fase Embrionik          Tahap awal perkembangan ternak mamalia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi. Fertilisasi akan menghasilkan sel individu baru yang disebut dengan zygote dan akan melakukan pembelahan diri/pembelahan sel (cleavage) menuju pertumbuhan dan perkembangan menjadi embrio.Tahapan pertumbuhan dan perkembangan embrio dibedakan menjadi 2 tahap yaitu : Fase Embrionik yaitu fase pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup selama masa embrio yang diawali dengan peristiwa fertilisasi sampai dengan terbentuknya janin di dalam tubuh induk betina. Fase fertilisasi adalah pertemuan antara sel sperma dengan sel ovum dan akan menghasilkan zygote. Zygote akan melakukan pembelahan sel (cleavage) Tiga fase embrionik yaitu : 1. Morula Morula adalah suatu bentukan sel sperti bola (bulat) akibat pembelahan sel terus menerus. Keberadaan antara satu dengan sel yang lain adalah rapat.Morulasi yaitu proses t

Teknik Persilangan Bunga Anggrek

Indonesia merupakan pusat keanekaragaman genetik beberapa jenis anggrek yang berpotensi sebagai tetua untuk menghasilkan varietas baru anggrek bunga potong, seperti Dendrobium , Vanda , Arachnis , dan Renanthera , maupun sebagai tanaman pot, seperti Phalaenopsis dan Paphiopedilum . Prospek tanaman anggrek dianggap masih sangat cerah untuk dikembangkan. Namun  potensi  ini  belum  dimanfaatkan secara proporsional, hal ini dapat dilihat dari nilai ekpor anggrek Indonesia yang hanya 3 juta US$ per  tahun. Angka  tersebut  termasuk kecil  jika dibandingkan dengan nilai ekspor Negara tetangga Singapura 7,7 juta US$ dan Thailand 50 Juta US$.  Sementara   potensi   perdagangan   dunia  150 juta US$ per   tahun  (Bank Indonesia 2004). Rendahnya produksi anggrek Indonesia  antara  lain  disebabkan  kurang  tersedianya  bibit  bermutu,  budidaya  yang kurang efisien serta penanganan pasca panen yang kurang baik. Untuk memenuhi permintaan pasar yang cenderung meningkat maka diperlukan ketersedi

Festival Kuliner UNS 2012

Dalam rangka memperingati Dies Natalis UNS ke-36, UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UPTP2B) akan menyelenggarakan  One Day Festival . Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 Maret 2012 bertempat di halaman UPT P2B UNS. One Day Festival   merupakan program UPT P2B yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Asia, Eropa dan Amerika. Festival ini dikemas dalam bentuk bazzar makanan, minuman, kerajinan, busana dan lomba. Adapun lombanya adalah lomba kupas apel, lomba menggunakan sumpit, dan lomba origami. Kegiatan akan diselenggarakan mulai pukul 09.00 - 14.00 WIB di halaman UPT P2B pada hari Sabtu, 10 Maret 2012. Don't miss it!!! Sumber:  upt p2b uns