Tuesday, August 14, 2012

Menuju Kemandirian Bangsa melalui RITECH EXPO


BANDUNG - Sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 17 tahun 2012, diselenggarakan Pameran Ritech Expo bertempat di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung. Pameran yang diselenggarakan mulai tanggal 8 hingga 11 Agustus 2012 ini  dibuka oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi  Prof. Dr.Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS yang menampilkan berbagai hasil inovasi teknologi anak bangsa dalam berbagai bidang, dari pertanian hingga pertahanan dan keamanan. Turut hadir dalam pembukaan, Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono, Kepala LIPI, Rektor ITB dan beberapa pejabat dari Kemenristek dan instansi lain.

“Melalui acara ini diharapkan sebagai momen meningkatkan semangat anak bangsa yang sebenarnya mampu bersaing” ungkap Menristek dalam sambutannya. Menristek juga menambahkan bahwa dengan IPTEK dapat memberi nilai tambah, sehingga diharapkan bangsa kita dapat lebih mandiri dan tidak bergantung pada negara luar. “Dengan adanya acara seperti ini, kerjasama antara pemerintah daerah dengan lembaga penelitian dapat meningkat” tambahnya. Usai pembukaan, Menristek beserta rombongan meninjau gelar pameran yang terletak di dalam Gedung Sabuga dan di halaman.

Ritech Expo 2012 menyajikan hasil-hasil riset dan inovasi dari berbagai lembaga riset, litbang kementerian, litbang Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), litbang pemerintah daerah, litbang universitas dan industri bidang iptek Indonesia yang menempati 100 stand, indoor dan outdoor.

Terdapat pula stand yang berisikan hasil-hasil riset yang didanai Kemristek melalui program Peningkatan Kapasitas Peneliti dan Perekayasa (PKPP), dimana terdapat wakil dari Badan Litbang Pertanian yaitu BB Pascapanen dengan teknologi nano emulsi lemak kakao sebagai selai roti yang kaya antioksidan dan BPTP DI Yogyakarta yang menampilkan teknologi pengemas makanan yang berbahan dasar umbi-umbian lokal. Dalam talkshow di stand tersebut juga dipresentasikan hasil penelitian BPTP Bengkulu yang berjudul “Berbagai Klon Unggul Karet Spesifik untuk Peningkatan Produksi Karet Rakyat di Bengkulu”.

Badan Litbang Pertanian juga ikut memeriahkan pameran ini dengan menampilkan berbagai inovasi teknologi pertanian terbaru, seperti KRPL, KATAM, PHSL, beberapa varietas sayuran dan buah, berbagai varietas padi hibrida dan teknologi dibidang peternakan serta bioteknologi.

Sumber : http://www.litbang.deptan.go.id/

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment