Tuesday, May 29, 2012

Venus Fly Trap, Tanaman Karnivora Yang Unik

Venus Fly Traps (Perangkap Lalat Venus) adalah jenis yang paling terkenal dari semua tumbuhan karnivora karena sifatnya aktif dan perangkapnya yang unik dan efisien. Sejak abad ke 18, tanaman telah membingungkan para ilmuwan dan ahli botani di seluruh dunia. Kebanyakan ilmuwan mula-mula percaya tanaman karnivora hanyalah mitos sampai ditemukannya bukti fisik. Tanaman ini tidak memiliki keluarga dan merupakan satu-satunya anggota Genus Dionaea.

VFT ini memiliki daun berdaging pendek yang membentuk dua sisi dari jebakan, masing-masing sisi berisi tiga helai rambut yang ketika disentuh dua sampai tiga kali menyebabkan kedua belah sisi daun menutup dengan gerakan yang sangat cepat cukup cepat untuk menangkap lalat dan serangga lain.


Sekali daun ditutup, tanaman ini kemudian memancarkan serangkaian enzim yang perlahan menghancurkan tubuh serangga dan memasok tanaman dengan makanan. Setelah beberapa hari perangkap kembali membuka meninggalkan kerangka serangga yang akan dicuci bersih oleh hujan.

Jika serangga tidak tertangkap oleh perangkap daun membuka kembali dalam beberapa jam untuk mempersiapkan serangga berikutnya tiba. VFT berasal dari wilayah dengan kandungan tanah yang sangat miskin akan nutrisi sehingga tanaman telah beradaptasi sendiri untuk menemukan nutrisi dengan cara lain daripada kelaparan. Di wilayah yang subur, VFT yang dapat dengan mudah tumbuh meskipun tanpa pernah makan serangga.

Meskipun hanya ada satu jenis Dionaea tetapi ada masih ada varitas banyak dari spesies tunggal ini. Dan banyak kolektor mengkhususkan diri dalam mengumpulkan varietas ini. Bentuk yang paling banyak dicari adalah varitas tanaman jenis ini yang berwarna merah.

Merawat Venus Flytrap

Perawatan VFT
1. Rendam Pot tingginya sekitar ¼ ukuran pot
2. Air yang digunakan harus bebas mineral atau mineralnya sedikit. Air Rendaman bisa : Air AC, air RO, air hujan, atau air mineral merk Vit(sudah terbukti)
3. VFT suka akan Matahari. Tetapi untuk tanaman yang baru datang penyinaran harus bertahap
4. dan bila sedang dilakukan penyinaran harus ada air rendaman, media jangan sampai kering
5. Kalau saya sendiri untuk vft yang penting mataharinya terang aja. Dan saya letakkan tidak di matahari langsung. Karena ada beberapa jenis yang kurang kuat dipaparkan matahari langsung sehingga gosong. Itu mungkin karena matahari ditempat saya terlalu terik. Dan juga kelembapan hilang.
6. Media VFT dan drosera adalah peatmoss atau spagnum moss, peatmoss bisa dibeli di ace hardware dan kalau spagnum moss (lumut mati) bisa dicari di toko yang jual anggrek

LARANGAN UNTUK VFT
1. Jangan dipupuk apapun baik pupuk buatan atau pupuk alami
2. Jangan pakai air dengan mineral tinggi
3. Jangan dimainin trapnya dan jangan disiram dari atas !!!

MAKANAN YG BAGUS UNTUK VFT
1. Serangga berkulit lunak (lalat, laron, rayap, semut, ulat hongkong)
2. Putih telur rebus
3. Daging udang cincang (dikupas dulu udangnya)
4. Ikan cere (yg kecil saja)
5. Gula Pasir

PENYAKIT VFT
1. Bercak2 hitam, busuk mendadak
VFT nya 90% kemungkinan kena jamur. Solusinya : cabut semua tumbuhan dalam pot yg sama, potong bagian yg menghitam / busuk. bersihkan dengan air bersih (air sumur oke, asal jangan air PAM), lalu rendam dengan larutan fungisida yg sudah dilarutkan sesuai takaran selama lima menit. Lalu bersihkan dengan air bersih mengalir hingga bersih. Tanam kembali dengan media yg baru.

2. Daun memanjang, trap mengecil
Medianya padat, itu ciri2 VFT minta ganti media. Ternyata bukan karena pengaruh sinar matahari. Caranya ya vft dikeluarkan dari media, lalu media tsb digemburkan kembali / diaduk2 supaya sirkulasi udara kembali baik. Tanam kembali.

3. Trapnya busuk
Salah makan, biasanya makanan yg gak sesuai dengan VFT (banyak lemak), salah satu bulu trapnya terjepit lalu dicerna, kena jamur (lihat no1), dan yg terpenting : sudah habis jatah buka tutupnya.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment