Langsung ke konten utama

Press Release Deep Talk About PKM

 Press Release Deep Talk About PKM

Deep Talk About PKM




Minggu, 15 November 2020 bertempat di Ruang Virtual Zoom meeting telah terselenggara kegiatan DEEPTALK ABOUT PKM kegiatan sosialisasi PKM oleh KSI FP UNS. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada Pukul 11.20 WIB. Kegiatan sosialisasi PKM merupakan program kerja dari Bidang Pengembangan Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa (PIKMA) KSI FP UNS 2020.

Pukul 09.00 WIB acara dibuka dengan saudari Prilliyanti Adhy Permani sebagai moderator yang memandu jalannya acara. Acara berikutnya yaitu sambutan dari saudara Muhammad Aziz Nurdiyanto selaku Ketua Umum KSI FP UNS. Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh Bapak Dr. agr. Muhammad Cahyadi, S. Pt. M. Biotech. sebagai keynote speaker. Beliau menyampaikan mengenai materi PKM secara umum dan sebagai pembuka, beliau juga menceritakan pengalaman sebagai pembimbing PKM selama beberapa tahun. Dan pada tahun ini beliau mampu mengirimkan 2 tim bimbingannya ke PIMNAS 33.

Acara berikutnya yaitu penyampaian materi oleh pembicara 1 saudara Alfian Gigih Pangestu membahas mengenai PKM Kewirausahaan.  Beliau juga berbagi cerita mengenai pengalamannya meraih medali emas di Kategori Presentasi PIMNAS 32 PKM K sekaligus medali perak kategori Presentasi PIMNAS 32 PKM K.

Lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pembicara 2 yaitu saudari Nada Hanifah, S. K. H. Beliau menyampaikan materi mengenai PKM Penelitian (khususnya Penelitian Eksakta) karena beliau sudah berpengalaman mengikuti PKM sejak duduk di semester awal hingga pada akhirnya ia bisa mendapat beberapa medali mulai dari PIMNAS 30,31, dan 32. Beliau mendapat medali emas Kategori Poster PIMNAS 32 PKM Pe, dan medali perak kategori Presentasi PIMNAS 32 PKM Pe.

Lalu acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh kedua pembicara dengan dipandu moderator. Selanjutnya setelah semua pertanyaan telah terjawab diakhiri dengan closing statement dari masing-masing pembicara, lalu moderator menutup acara. Semoga dengan diadakannya acara ini dapat menambah wawasan peserta mengenai PKM sebagai ajang bergengsi di lingkungan mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa FP UNS sehingga semakin semangat dalam mengikuti kegiatan PKM di tahun selanjutnya dan bisa membawa medali untuk FP UNS.

Foto Dokumentasi:







 


Bersama KSI Tunjukkan Kalau Kita Punya Aksi 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EMBRIO DAN IMPLANTASI PADA MAMALIA

A. Fase Embrionik          Tahap awal perkembangan ternak mamalia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi. Fertilisasi akan menghasilkan sel individu baru yang disebut dengan zygote dan akan melakukan pembelahan diri/pembelahan sel (cleavage) menuju pertumbuhan dan perkembangan menjadi embrio.Tahapan pertumbuhan dan perkembangan embrio dibedakan menjadi 2 tahap yaitu : Fase Embrionik yaitu fase pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup selama masa embrio yang diawali dengan peristiwa fertilisasi sampai dengan terbentuknya janin di dalam tubuh induk betina. Fase fertilisasi adalah pertemuan antara sel sperma dengan sel ovum dan akan menghasilkan zygote. Zygote akan melakukan pembelahan sel (cleavage) Tiga fase embrionik yaitu : 1. Morula Morula adalah suatu bentukan sel sperti bola (bulat) akibat pembelahan sel terus menerus. Keberadaan antara satu dengan sel yang lain adalah rapat.Morulasi yaitu proses t

Teknik Persilangan Bunga Anggrek

Indonesia merupakan pusat keanekaragaman genetik beberapa jenis anggrek yang berpotensi sebagai tetua untuk menghasilkan varietas baru anggrek bunga potong, seperti Dendrobium , Vanda , Arachnis , dan Renanthera , maupun sebagai tanaman pot, seperti Phalaenopsis dan Paphiopedilum . Prospek tanaman anggrek dianggap masih sangat cerah untuk dikembangkan. Namun  potensi  ini  belum  dimanfaatkan secara proporsional, hal ini dapat dilihat dari nilai ekpor anggrek Indonesia yang hanya 3 juta US$ per  tahun. Angka  tersebut  termasuk kecil  jika dibandingkan dengan nilai ekspor Negara tetangga Singapura 7,7 juta US$ dan Thailand 50 Juta US$.  Sementara   potensi   perdagangan   dunia  150 juta US$ per   tahun  (Bank Indonesia 2004). Rendahnya produksi anggrek Indonesia  antara  lain  disebabkan  kurang  tersedianya  bibit  bermutu,  budidaya  yang kurang efisien serta penanganan pasca panen yang kurang baik. Untuk memenuhi permintaan pasar yang cenderung meningkat maka diperlukan ketersedi

Warna Ungu Terong

Sudah tidak asing lagikan dengan terung? Iya, terung yang dalam bahasa Inggris disebut  eggplant merupakan sayuran buah yang biasa kita konsumsi. Tapi, apakah kalian sempat memikirkan kenapa terung berwarna ungu? Beberapa orang kebanyakan pasti akan terlintas pertanyaan seperti itu. Sebenarnya ada beberapa warna pada terung, mulai warna ungu, hijau dan akhir-akhir ini telah ditemukan yaitu berkat kultur jaaringan terung berwarnaa pink, unik bukan? Dengan warna yang menarik tersebut mungkin akan menambah selera makan kita. Tetapi kali ini kita akan membahas dibalik warna ungu pada terung. Terong berwarna ungu karena kandungan antosianin  Warna ungu pada terong terbentuk karena andil dari zat antosianin yang merupakan pigmen pemberi warna ungu. Zat ini Merupakan senyawa flavanoid yang melindungi sel dari sinar ultra violet. Terong ungu kaya akan zat antosianin, sehingga warna ungunya cukup mendominasi pada terong. Zat antosianin mampu berperan dalam menghambat oksidasi dari tok