Tuesday, April 18, 2017

PELATIHAN KEPENULISAN INTERNAL KSI FP UNS 2017

      

    Sabtu, 1 April 2017, bertempat di Public Space depan BM dan BEM Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, Kelompok Studi Ilmiah (KSI) FP UNS telah menyelenggarakan pelatihan kepenulisan internal KSI. Kegiatan ini dimaksudkan agar memberi bekal pengetahuan dan pemahaman untuk pengurus KSI 2017 mengenai cara-cara menulis yang baik dan benar serta cara
memperoleh ide dan inspirasi dalam menulis. Pelatihan kepenulisan kali ini menghadirkan 2 pembicara yang telah ahli di bidangnya, yaitu Yoga Anung selaku alumni KSI 2015 dan Eksa Rusdiana S.P., M.Sc selaku pembina KSI FP UNS 2017.  Pembicara pertama lebih memberikan pengenalan  tentang bagaimana cara menulis yang baik dan benar, cara mendapatkan ide dalam menulis, dan pembuatan kelompok kecil untuk membahas suatu permasalahan kecil (little problem). Pembicara kedua lebih fokus untuk mengoreksi dan memperbaiki letak kesalahan dari karya yang telah dipresentasikan oleh setiap kelompok. Pada pelatihan ini kedua pembicara mengarahkan sekaligus mempersiapkan para peserta untuk segera menemukan dan merumuskan ide untuk rencana PKM pada bulan September mendatang.

Pelatihan kepenulisan ini dihadiri oleh 29 peserta yang seluruhnya berasal dari pengurus KSI FP UNS 2017. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, mereka sangat bersemangat dalam membuat karya. Para peserta sangat termotivasi sekaligus terinspirasi dari beberapa cerita dan pengalaman yang telah disampaikan oleh kedua pembicara. Dengan adanya pelatihan kepenulisan internal KSI ini diharapkan para pengurus ke depan mempunyai pemahaman dan pengetahuan yang luas tentang tata cara menulis yang baik dan benar. Peserta juga diharapkan segera menemukan gaya menulis (style) yang dirasa nyaman dan mampu menyempurnakan hasil tulisan mereka. Menurut Mas Yoga, 80% ide berhasil diterapkan dari hasil modifikasi karya, sedangkan 20% nya benar-benar didapatkan dari hasil pemikiran terbaru.


Reactions:

0 comments:

Post a Comment