Friday, April 22, 2016

Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiwa melalui Diklat Penulisan Ilmiah

Diklat Penulisan Ilmiah 2016 Kerjasama Bidang Kemahasiswaan FP UNS dan KSI

   Sabtu hingga Minggu, 16 – 17 April 2016, bertempat di Hotel Pondok Sari 1 Tawangmangu, telah terselenggara Diklat Penulisan Ilmiah 2016. Acara yang merupakan program kerja Bidang Kemahasiswaan Fakultas Pertanian yang berkolaborasi dengan Kelompok Studi Ilmiah (KSI) Fakultas Pertanian UNS ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Fakultas Pertanian dalam hal penulisan karya ilmiah melalui pembinaan, pelatihan, dan pendampingan kader-kader yang merupakan perwakilan dari masing-masing program studi di Fakultas Pertanian.  Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diklat penulisan ini mengusung tema “Mewujudkan Mahasiswa sebagai Intelektual yang Berwawasan melalui Penulisan Ilmiah”. Diklat ini diikuti oleh 32 mahasiswa perwakilan masing-masing program studi Fakultas Pertanian, dan diisi dengan berbagai materi penulisan yang disampaikan oleh beberapa Dosen serta perwakilan dari KSI. 
      Pada hari pertama acara dimulai dengan Upacara Pembukaan yang dipimpin oleh MC Angga Ashari Styawan dan Muhammad Arifin dan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Hery Widijanto, SP.,MP. Setelah resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan pemaparan Kontrak Belajar yang disampaikan oleh Winda Hayuningtyas, dan dilanjutkan dengan serangkaian materi hingga hari kedua. Adapun pengisi Materi Diklat selama dua hari ini terdiri dari Bayu Setya Hartanto, SPt., MSc., yang memberikan materi tentang Overview PKM 5 Bidang, Trik Sukses PKM & Success Story PKM, serta Etika dan Teknik Penulisan Ilmiah. Pengisi yang kedua yaitu R. Kunto Adi, SP.MP., yang menyampaikan materi tentang Menggali Potensi Diri dan Lingkungan, Creativity Thinking & Menuangkan Ide dalam Tulisan, serta How to Communicate Your. Pengisi materi yang ketiga yaitu Agung Wibowo SP., Msi., yang pada hari tersebut berhalangan hadir sehingga materi yang seharusnya disampaikan dialihkan ke pembicara lainnya. Pengisi materi lainnya adalah Anggarda Paramita I. yang menyampaikan tentang Overview serta Tips dan Sharing Success Story LKTI dan Essay, Muhammad Arifin yang menyampaikan tentang Overview PKM GT dan AI serta Menangkap Isu Aktual untuk Sukses PKM, LKTI, Esai, serta Winda Hayuningtyas yang menyampaikan materi tentang Trik dan Sharing Success Story PKM. 
Tim Co-Trainer dari KSI
      Materi yang disampaikan tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi peserta diklat namun juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi peserta dalam penulisan karya ilmiah dan mengikuti berbagai kompetisi penulisan. Setelah pemberian materi, peserta melakukan diskusi terkait konsep ide yang ingin diajukan pada kompetisi baik PKM, LKTI, ataupun Esai, dan diminta untuk mempresentasikan didepan Dosen yaitu Pak Bayu dan Pak Kunto selaku komentator yang memberikan evaluasi dan saran yang membangun bagi konsep ide peserta diklat. Selain menerima materi dan melakukan diskusi, peserta diklat juga diminta untuk melakukan Akre (Ajang Kreativitas) yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta serta menumbuhkan sikap percaya diri untuk tampil di depan publik. 
      Selanjutnya pada hari kedua dilakukan pemberian penghargaan bagi tim pemenang akre yaitu tim Drama, Dongeng, dan Iklan, tim diskusi yaitu tim 9, 5, dan 1, peserta teraktif Asprilla Bardi, terkreatif Sri Wahyuni, tersolutif Nurul Vanidia, dan terinisiatif Zulfikar Damaralam, serta penyematan penghargaan bagi Putra-Putri Duta Penulisan Ilmiah 2016 yang jatuh kepada Miracle Pulung Suka Selamet dan Dwi Fitriani. Acara dilanjutkan dengan penutupan oleh Bapak Kunto selaku Ketua Tim CDC mewakili Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yaitu Bapak Hery, serta diakhiri dengan penyematan kenang-kenangan kepada semua peserta diklat yang telah berpartisipasi aktif selama acara. 

Reactions:

0 comments:

Post a Comment