Sunday, October 13, 2013

Festival of Agri-Science & Technology 2013 (FAST’13) by KSI FP UNS


Tema utama dari Festival of Agri-Science & Technology 2013 (FAST’13) adalah “Aktualisasi Peran Mahasiswa Menuju Sinergitas Pertanian Berkelanjutan dan Berdaulat”. Tujuan utama dari FAST’13 adalah untuk meningkatkan rasa cinta terhadap pertanian Indonesia mulai dari usia dini hingga masyarakat umum sehingga dapat menguatkan jati diri bangsa sebagai bangsa agraris, selain itu FAST’13 juga bertujuan untuk menstimulus kreativitas dan mengembangkan pemikiran mahasiswa dalam penulisan maupun penalaran keilmiahan dan dunia pertanian.
Festival of Agri-Science & Technology 2013 (FAST’13) diselenggarakan oleh Kelompok Studi Ilmiah (KSI) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang keilmiahan di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta berkerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Kelompok Studi Ilmiah (KSI) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai salah satu bagian dari warga Perguruan Tinggi secara umum dan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan potensi keilmiahan secara khusus, mempunyai tanggungjawab untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta mewujudkan mahasiswa yang mempunyai metode berfikir ilmiah.
Target peserta FAST’13 meliputi pelajar Sekolah Dasar dan atau pelajar Sekolah Menengah Pertamakota Surakarta, Mahasiswa se-Jateng dan DIY, dan Civitas Akademika Universitas Sebelas Maret Surakarta.
FAST’13 terdiri dari serangkaian acara di antaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Regional se-Jateng dan DIY, Ekspo Keilmiahan, KSI Goes To School, dan Talkshow Kewirausahaan.
Oleh karena itu, FAST’13 merupakan salah satu ajang untuk mengenalkan pertanian dari usia dini dan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap bidang pertanian serta dapat menstimulasi mahasiswa untuk berpikir kritis dan saling berdiskusi untuk kemajuan Indonesia di masa yang akan datang khususnya bidang Pertanian.

Festival of Agri-Science & Technology 2013 (FAST’13) yang akan diadakan pada tanggal 25, 30-31 Oktober 2013 merupakan suatu ajang untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap pertanian mulai dari usia Sekolah Dasar sampai tingkat Mahasiswa dengan tema “Aktualisasi Peran Mahasiswa Menuju Sinergitas Pertanian Berkelanjutan dan Berdaulat”.

Dengan diadakannya acara FAST’13, terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai, yakni sebagai berikut:
  1. Menumbuhkan pemikiran kritis, kreatif, dan inovatif terhadap masalah pertanian yang melanda negeri ini dari usia Sekolah Dasar sampai tingkat Mahasiswa demi tercapainya pertanian Indonesia yang berkelanjutan dan berdaulat.
  2. Memfasilitasi pertemuan antara calon-calon ahli pertanian masa depan untuk bertukar pikiran dalam satu forum untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan kualitas dan kuantitas pertanian Indonesia yang berkelanjutan dan berdaulat saat ini dan seterusnya.
  3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memulai usaha maupun mengembangkan usaha yang sedang dijalankannya.
  4. Mengembangkan pengetahuan dan kemauan pelajar dan mahasiswa untuk berperan aktif dalam kegiatan keilmiahan di lingkungan kampus.

Waktu Pelaksanaan: 25, 30-31 Oktober 2013
Tempat Pelaksanaan: Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Peserta: Pelajar SD dan atau SMP kota Surakarta, Mahasiswa se-Jateng dan DIY, Civitas Akademika UNS, Masyarakat sekitar kampus UNS Kentingan
Penyelenggara : Kelompok Studi Ilmiah (KSI) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta

Deskripsi Kegiatan
FAST’13 diselenggaraan selama 4 hari berturut-turut pada tanggal 25, 30-31 Oktober 2013 dan terdiri dari serangkaian acara di antaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Regional se-Jateng dan DIY, Ekspo Keilmiahan, KSI Goes To School, dan Talkshow Kewirausahaan. Berikut merupakan agenda FAST’13 :

KSI Goes To School
Acara ini merupakan rangkaian kegiatan FAST’13 yang bertujuan untuk memperkenalkan pertanian kepada siswa Sekolah Dasar dan warga sekitar sekolah agar tertanam jiwa cinta lingkungan dan pertanian. Kegiatan ini akan memberikan sebuah pelatihan kepada siswa Sekolah Dasar yang berkaitan dengan pertanian organik dan pembuatan pupuk kompos kepada masyarakat sekitas Sekolah Dasar tersebut.

Talkshow Kewirausahaan
Kegiatan ini merupakan wadah bagi Pengurus KSI dan peserta talkshow untuk berlatih kewirausahaan dalam bentuk memperoleh barang dan memasarkan produk. Selain itu kami juga menyediakan stand bagi sponsor, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk memasarkan produknya di dalam bazaar dan pasar murah ini dengan harga produk yang lebih murah dibandingkan dengan harga biasanya. Sehingga pengunjung dapat tertarik dengan penawaran yang akan disajikan oleh para pengisi stand dan akan menambah pendapatan bagi penjual.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Regional se-Jateng dan DIY
LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2013 KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian UNS yang ditujukan untuk mahasiswa baik mahasiwa PTN maupun PTS regional Jateng dan DIY. Kegiatan ini bertujuan untuk:
1. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dan mempresentasikan karya ilmiah.
2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan ide atau gagasan kreatif dan inovatif terhadap permasalahan  sesuai dengan kompetensinya.
3. Meningkatkan kepekaan dan kontribusi pemikiran yang kritis dan inovatif.

Ekspo Keilmiahan
Salah satu rangkaian acara FAST 2013, dirancang layaknya mini PIMNAS yang diikuti oleh 24 tim lolos PKM dari Fakultas Pertanian UNS. Dalam kegiatan ini didirikan stan-stan sebagai tempat peserta dan stan utama sebagai tempat untuk mempresentasikan produk mereka. Setiap tim mempresentasikan hasil karyanya di stan utama dan memasang produk atau hasil dari PKM-nya di stan masing-masing dan menjelaskannya kepada pengunjung.



SO JOIN WITH US,,

Salam Hangat Panitia FAST 2013,,

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment