Langsung ke konten utama

Tips Agar Kandang Ayam Anda Bebas Kuman

Meskipun setiap hari kandang ayam sudah dibersihkan dari berbagai macam kotoran. Namun pada kenyataannya hal ini belumlah cukup untuk melindungi kandang ayam dari serangan kuman – kuman penyakit. Ini dibuktikan bahwa ada kalanya peternak ayam melewatkan beberapa bagian dari kandang ayam untuk dibersihkan, misalnya sela – sela dinding, lantai dan berbagai macam perlengkapan kandang lainnya.

Keberadaan kuman pada kandang ayam dapat menyebabkan munculnya penyakit pada ayam baik itu pada ayam yang masih berada dalam kondisi sehat ataupun pada ayam yang saat itu kondisinya sedang menurun.

Beberapa penyakit menular yang sering menyerang kaum unggas, termasuk ayam, adalah tetelo, berak kapur, kolera, cacar bahkan flu burung.

Tindakan pencegahan dengan cara memberikan vaksinasi saja dipandang masih belum cukup dikarenakan tujuan utama dari vaksinasi ini adalah hanya memberikan / meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam dan bukannya membasmi kuman penyebab penyakit tersebut.

Kuman – kuman ini hanya dapat dibasmi dengan cara melakukan tindakan penyucihamaan secara teratur (minimal 6 bulan sekali).

Beberapa tindakan awal dalam proses penyucihamaan kandang ayam ini adalah :
  1. Menyapu semua kotoran ayam dan debu yang menempel disemua bagian kandang ayam.

  2. Membersihkan semua kotoran ayam dan debu yang menempel disemua perlengkapan kandang.

  3. Kandang ayam diguyur dengan menggunakan air dan lalu dilanjutkan dengan proses pengeringan dengan menggunakan bantuan sinar matahari.

  4. Kandang ayam disemprot dengan menggunakan larutan kimia seperti lisol, karbol, kreolin (10 – 30 cc per 10 liter air) dan PK (10 – 20 gram per 10 liter air).

  5. Jika tidak bisa mendapatkan berbagai macam larutan kimia tersebut, kandang ayam dapat disucihamakan dengan menggunakan kapur tohor.
(sumber gambar : toni-komara.blogspot.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EMBRIO DAN IMPLANTASI PADA MAMALIA

A. Fase Embrionik          Tahap awal perkembangan ternak mamalia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi. Fertilisasi akan menghasilkan sel individu baru yang disebut dengan zygote dan akan melakukan pembelahan diri/pembelahan sel (cleavage) menuju pertumbuhan dan perkembangan menjadi embrio.Tahapan pertumbuhan dan perkembangan embrio dibedakan menjadi 2 tahap yaitu : Fase Embrionik yaitu fase pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup selama masa embrio yang diawali dengan peristiwa fertilisasi sampai dengan terbentuknya janin di dalam tubuh induk betina. Fase fertilisasi adalah pertemuan antara sel sperma dengan sel ovum dan akan menghasilkan zygote. Zygote akan melakukan pembelahan sel (cleavage) Tiga fase embrionik yaitu : 1. Morula Morula adalah suatu bentukan sel sperti bola (bulat) akibat pembelahan sel terus menerus. Keberadaan antara satu dengan sel yang lain adalah rapat.Morulasi yaitu proses t

Teknik Persilangan Bunga Anggrek

Indonesia merupakan pusat keanekaragaman genetik beberapa jenis anggrek yang berpotensi sebagai tetua untuk menghasilkan varietas baru anggrek bunga potong, seperti Dendrobium , Vanda , Arachnis , dan Renanthera , maupun sebagai tanaman pot, seperti Phalaenopsis dan Paphiopedilum . Prospek tanaman anggrek dianggap masih sangat cerah untuk dikembangkan. Namun  potensi  ini  belum  dimanfaatkan secara proporsional, hal ini dapat dilihat dari nilai ekpor anggrek Indonesia yang hanya 3 juta US$ per  tahun. Angka  tersebut  termasuk kecil  jika dibandingkan dengan nilai ekspor Negara tetangga Singapura 7,7 juta US$ dan Thailand 50 Juta US$.  Sementara   potensi   perdagangan   dunia  150 juta US$ per   tahun  (Bank Indonesia 2004). Rendahnya produksi anggrek Indonesia  antara  lain  disebabkan  kurang  tersedianya  bibit  bermutu,  budidaya  yang kurang efisien serta penanganan pasca panen yang kurang baik. Untuk memenuhi permintaan pasar yang cenderung meningkat maka diperlukan ketersedi

Festival Kuliner UNS 2012

Dalam rangka memperingati Dies Natalis UNS ke-36, UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UPTP2B) akan menyelenggarakan  One Day Festival . Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 Maret 2012 bertempat di halaman UPT P2B UNS. One Day Festival   merupakan program UPT P2B yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Asia, Eropa dan Amerika. Festival ini dikemas dalam bentuk bazzar makanan, minuman, kerajinan, busana dan lomba. Adapun lombanya adalah lomba kupas apel, lomba menggunakan sumpit, dan lomba origami. Kegiatan akan diselenggarakan mulai pukul 09.00 - 14.00 WIB di halaman UPT P2B pada hari Sabtu, 10 Maret 2012. Don't miss it!!! Sumber:  upt p2b uns