Langsung ke konten utama

Lomba Poster EGSA Fair 2012

TEMA LOMBA POSTER EGSA FAIR 2012
Peran Generasi Muda Dalam Pelestarian Lingkungan Hidup.

Penghargaan
Tiga poster terbaik sebagai pemenang I, II, III dan juara favorit akan diberikan trophy, piagam penghargaan, dan uang tunai sebagai berikut :
  1. Juara I : Trophy Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta + Uang Pembinaan + Sertifikat
  2. Juara II : Trophy Bupati Kabupaten Sleman + Uang Pembinaan + Sertifikat
  3. Juara III : Trophy Rektor Universitas Gadjah Mada + Uang Pembinaan + Sertifikat
  4. Juara Favorit : Trophy Dekan Fakultas Geografi UGM + Uang Pembinaan + Sertifikat

Jadwal Lomba Poster EGSAFAIR 2012
Pendaftaran Peserta                            : 1 – 10 November 2012
Batas Pengumpulan Karya (cap pos)   : Sabtu, 10 November 2012
Pengambilan Vote Karya Favorit         : 11 – 24 November 2012
Pengumuman finalis 10 besar               : Jumat, 16 November 2012
Presentasi finalis                                  : Sabtu, 17 November 2012
Penghargaan (Pengumuman Juara)       : Minggu, 25 November 2012

PERSYARATAN ADMINISTRASI
  1. Peserta adalah siswa-siswi SMA/MA/SMK/sederajat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  2. Peserta merupakan peserta perseorangan maupun kelompok maksimal 2 orang. 
  3. Setiap peserta diperkenankan untuk mengirimkan lebih dari satu karya.
  4. Peserta mendaftarkan di Sekretariatan EGSA paling lambat tanggal  10 November 2012.
  5. Mengisi formulir pendaftaran yang tersedia, diunduh (download) di egsaugm.blogspot.com, serta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 25.000,-  untuk setiap karya yang dilombakan. Peserta dapat langsung mendaftar di Sekretariatan EGSA, Fakultas Geografi UGM.
  6. Pembayaran dapat di lakukan secara langsung Sekretariat Panitia Himpunan Mahasiswa Jurusan Geografi Lingkungan “Environmental Geography Student Association” Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Sekip Utara, 55281, Bulaksumur, Yogyakarta. Dan/atau melalui Rekening : a.n. Nayuki : Bank Mandiri Cabang Jakarta Sudirman No. Rekening 1020005461782 dan a.n. Catherine Mary Nayuki Bank BNI Cabang Jakarta Fatmawti No. Rekening 0198363434.
  7. Karya Poster adalah hasil ide dan karya orisinil yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media mana pun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun.
.KETENTUAN LOMBA
  1. Karya bisa berupa hasil kerja individual atau kolaborasi dengan mengatasnamakan salah satu individu yang terlibat penuh dan memenuhi persyaratan sebagai peserta.
  2. Apabila ada pembuktian pelanggaran ketentuan ini, karya akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya.
  3. Teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan).
  4. Desain poster menggunakan cetak digital dengan menggunakan aplikasi computer atau software yang sudah umum (Corel Draw, Photoshop, atau kombinasi aplikasi lain), juga dapat menampilkan foto grafik.
  5. Karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned).
  6. Tidak diperkenankan terdapat tempelan-tempelan kertas/sejenisnya.
  7. Jumlah warna bebas.
  8. Jumlah poster satu lembar.
  9. Menyerahkan soft file beserta hard copy (hasil poster).
  10. Hak cipta karya sepenuhnya atas nama pengumpul poster.
  11. Keputusan panitia dan juri bersifat mutlak.
  12. Karya tidak diperkenankan mendeskriditkan unsur SARA dan SARU.
  13. Format karya poster: -Hard Copy : Karya karya dibuat pada ukuran kertas A3/A3+ atau setara dengan ukuran 29,7 cm x 42 cm untuk A3 dan 32 cm x 48,7 cm untuk A3+. -Soft copy : File desain asli (sesuai dengan software yang digunakan) dan File BMP / JPEG  resolusi 300 dpi dibakar dalam bentuk CD. -Penjelasan mengenai isi poster dalam format Microsoft Office WORD. -Curriculum Vitae dalam format Microsoft Office WORD.
Poster harus memenuhi kriteria-kriteria berikut:
  • Visible : mudah dilihat
  • Interesting : menarik
  • Structured : terstruktur
  • Useful : berguna, informative
  • Accurate : teliti
  • Legitimate : mengikuti persyaratan
  • Simple : sederhana
Format Poster
Poster yang dibuat harus memuat:
  • Judul
  • Isi poster memuat alur pikir yang jelas yaitu latar belakang, permasalahan, tujuan, metode,hasil/temuan, kesimpulan/saran.
  • Tonjolkan bagian-bagian yang dianggap paling penting untuk diinformasikan (misalnya hasil, temuan, saran).
  • Isi poster harus singkat namun jelas dan efektif menggambarkan isi tema yang diangkat.
Karya yang dilombakan menjadi hak milik panitia. Panitia berhak mempublikasikannya dengan tetap mencantumkan nama pembuat.

Penyerahan Karya
  • Karya 1 buah , dicetak ukuran A3.
  • Penjelasan Poster.
  • Curriculum vitae.
  • Lembar orisinalitas karya.
  • 1 buah fotokopi kartu tanda pelajar dan surat rekomendasi dari sekolah (untuk tingkat SMA/SMK/MA/sederajat).
  • Softcopy karya dan Curriculum vitae dalam bentuk compact disc.
  • Bukti pembayaran dan formulir pendaftaran.
  • Pengiriman karya yang akan dilombakan selambat-lambatnya tanggal 10 November 2012 (cap pos). Karya dikirim ke : Sekretariat Panitia Himpunan Mahasiswa Jurusan Geografi Lingkungan “Environmental Geography Student Association” Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Sekip Utara, 55281, Bulaksumur, Yogyakarta. Amplop ditutup rapat, disegel dengan tandatangan salah satu peserta. Peserta dapat langsung mengumpulkan karya di Sekretariatan EGSA di Fakultas Geografi UGM pada saat jam kerja, dengan menghubungi contact person yang telah tersedia terlebih dahulu.
  • Di sudut kanan atas amplop tuliskan “Lomba Poster Peran Generasi Muda Dalam Pelestarian Lingkungan Hidup EGSA 2012”.
  • Peserta diwajibkan melakukan konfirmasi via sms atau telepon ke nomor  081328732099 a.n Faniza Widya P. , Sie Kesekretariatan untuk memberitahukan bahwa peserta telah mengirimkan karya tulisnya selambat-lambatnya 24 jam setelah pengiriman.
  • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kesekretariatan EGSA melalui email egsafair2012@gmail.com , melalui twitter di @EGSA_FGE, melalui website egsaugm.blogspot.com , dan melalui sms atau telepon di nomor 081328732099 a.n Faniza Widya P.
Penilaian
Hal yang dijadikan dasar penilaian juri adalah:
  • Orisinalitas karya
  • Kesesuaian antara tema, lingkup eksplorasi tema dengan konsep desain 
  • Kualitas penyampaian pesan/komunikasi 
  • Inovasi serta kualitas artistik penyajian visual 
  • Kemampuan menarik pengunjung pameran (tambahan untuk juara favorit).
Berdasarkan penilaian juri, akan diambil beberapa karya terbaik dari seluruh karya yang terkumpul. Beberapa karya terbaik tersebut akan dipamerkan pada hari 25 November 2012.
Untuk Juara Favorit akan dilakukan vote untuk semua karya melalui media sosial yaitu Facebook, berdasarkan jumlah like pada hasil karya, karya dengan like  terbanyak akan menjadi juara favorit.

Contact Person:
081328732099 a.n Faniza Widya P. , 087738407272 a.n Brianardi Widagdo.

Info kiriman: aldhila gusta via email.
Panduan teknis download di sini
Jgn lupa kunjungi juga blog penyelenggaranya di http://egsaugm.blogspot.com

Artikel Terkait: Lomba Esai Tingkat Nasional "EGSA FAIR 2012"



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EMBRIO DAN IMPLANTASI PADA MAMALIA

A. Fase Embrionik          Tahap awal perkembangan ternak mamalia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi. Fertilisasi akan menghasilkan sel individu baru yang disebut dengan zygote dan akan melakukan pembelahan diri/pembelahan sel (cleavage) menuju pertumbuhan dan perkembangan menjadi embrio.Tahapan pertumbuhan dan perkembangan embrio dibedakan menjadi 2 tahap yaitu : Fase Embrionik yaitu fase pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup selama masa embrio yang diawali dengan peristiwa fertilisasi sampai dengan terbentuknya janin di dalam tubuh induk betina. Fase fertilisasi adalah pertemuan antara sel sperma dengan sel ovum dan akan menghasilkan zygote. Zygote akan melakukan pembelahan sel (cleavage) Tiga fase embrionik yaitu : 1. Morula Morula adalah suatu bentukan sel sperti bola (bulat) akibat pembelahan sel terus menerus. Keberadaan antara satu dengan sel yang lain adalah rapat.Morulasi yaitu proses t

Teknik Persilangan Bunga Anggrek

Indonesia merupakan pusat keanekaragaman genetik beberapa jenis anggrek yang berpotensi sebagai tetua untuk menghasilkan varietas baru anggrek bunga potong, seperti Dendrobium , Vanda , Arachnis , dan Renanthera , maupun sebagai tanaman pot, seperti Phalaenopsis dan Paphiopedilum . Prospek tanaman anggrek dianggap masih sangat cerah untuk dikembangkan. Namun  potensi  ini  belum  dimanfaatkan secara proporsional, hal ini dapat dilihat dari nilai ekpor anggrek Indonesia yang hanya 3 juta US$ per  tahun. Angka  tersebut  termasuk kecil  jika dibandingkan dengan nilai ekspor Negara tetangga Singapura 7,7 juta US$ dan Thailand 50 Juta US$.  Sementara   potensi   perdagangan   dunia  150 juta US$ per   tahun  (Bank Indonesia 2004). Rendahnya produksi anggrek Indonesia  antara  lain  disebabkan  kurang  tersedianya  bibit  bermutu,  budidaya  yang kurang efisien serta penanganan pasca panen yang kurang baik. Untuk memenuhi permintaan pasar yang cenderung meningkat maka diperlukan ketersedi

Festival Kuliner UNS 2012

Dalam rangka memperingati Dies Natalis UNS ke-36, UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UPTP2B) akan menyelenggarakan  One Day Festival . Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 Maret 2012 bertempat di halaman UPT P2B UNS. One Day Festival   merupakan program UPT P2B yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Asia, Eropa dan Amerika. Festival ini dikemas dalam bentuk bazzar makanan, minuman, kerajinan, busana dan lomba. Adapun lombanya adalah lomba kupas apel, lomba menggunakan sumpit, dan lomba origami. Kegiatan akan diselenggarakan mulai pukul 09.00 - 14.00 WIB di halaman UPT P2B pada hari Sabtu, 10 Maret 2012. Don't miss it!!! Sumber:  upt p2b uns