Tuesday, June 19, 2012

Seminar Hari Susu Nusantara Fakultas Pertanian UNS


      Dalam rangka memperingati Hari Susu Nusantara (HSN) tahun ke-2, Fakultas Pertanian yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan(HMJ) Fakultas Pertanian dari Jurusan Peternakan, Agroteknologi, Ilmu Tekhnologi Pangan dan Agribisnis, sebagai koordinator kegiatan adalah Sulaiman Rosyid (Peternakan 2009). Rangkaian kegiatan yang dilakukan terdiri dari Pembagian susu gratis di Car Free Day di Jl. Slamet Riyadi dan kampanye gizi di panti Asuhan Muhammadiyah Purwosari yang dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Juni 2012. Kegiatan Seminar ini merupakan kegiatan puncak  HSN yang dilaksakan pada hari Selasa, 19 Juni 2012 di Aula Fakultas Pertanian UNS dengan tema "Minum Susu Tubuh Bugar Otak Pintar" yang diisi oleh tiga pembicara yaitu:
1. Ahmad Pramono S.Pt.,MP Selaku dosen Program Studi Peternakan FP UNS
2. Dr. Wahyu Setianingsih Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
3. Joko Marjono S.Pt selaku Manajer CV. Mawar Mekar Farm

           Dalam acara tersebut Bapak Ahmad P menyampaikan bahwa kondisi persusuan di Indonesai ternyata 70% susu yang dipasarkan di Indonesia berasal dari import dan sisanya berasal dari produksi di daslam Negeri. Usaha peternakan sapi perah di Indonesia saat ini membutuhkan pembenahan yang cukup besar. Terutama dalam segi sistem manajemen produksi usaha peternakan sapi perah di Indonesia. Sistem manajemen yang dimaksud meliputi manajemen reproduksi, pakan, dan kesehatan. Dengan kondisi ternak yang sejahtera, Peternak sejahtera maka akan menghasilkan kualitas susu yang berkualitas.

          Ibu Dr. Wahyu Setianigsih menyampaikan bahwa tidak semua penduduk di Indonesia mengenal dan menyukai susu. Kandunagan nutrisi pada susu sapi sangat dibutuhkan terutama bagi balita dan masa pertumbuhann karena mengandung protein 3.4 gr/kg, lemak 3.7gr/kg, kalsium 125 miligram/kg. Manfaat mengkonsumsi susu diantaranya adalah mencegah penyakit darah tinggi, menetralisisr racun, memunculkan rasa gembira, meningkatkan kinerja otak, baik untuk kecantikan, menambah kekuatan tulang, dan melawan kanker.

         Pembicara terakhir adaalah Bapak Joko M, menyampaikan bahwa metode pemasaran usaha persusuan sangat berperan penting dalam keberhasilan usaha peternakan sapi perah. Para peternak yang hendaknya memperhatikan kualitas susu yang dihasilkan oleh ternak sapi, kriteria yang dimaksud adalah:
1. Bebas dari bakteri pathogen
2. Bebas dari toxin
3. Tidak tercemar
4. Memiliki susunan yang tidak menyimpang (air susu 1014, BJ susu>1.028 dan kadar lemak > 2.7%)
5. Rasa khas susu, manis dan segar
Macam olahan produk susu diantaranya adalah susu segar, whole milk (susu pastuirisasi), susu skim, Fortified milk (susu yang diperkaya dengan penambahan vitamin), dan susu kosentrat (susu kental). Prospek usaha peternakan, maupun usaha pengolahan susu pada saat ini masih terbuka lebar mengingat kebutuhan masyarakat akan susu segar dan produk olahan susu terus meningkat.

Peserta seminar ini diikuti oleh sekitar 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa UNS, ibu-ibu warga PKK, empat mahasiswa Akademik Peternakan Karanganyar, dan Dosen Fakultas Pertanian.

Pesan penulis: Dengan diselenggarakannya serangkaian kegiatan Hari Susu Nusantara diharapkan mampu meningkatkan minat mahasiswa, dan masyarakat untuk mengkonsumsi susu maupun produk olahan susu sehingga kesejahteraan peternak sapi perah semakin tinggi. Manfaat yang lebih penting adalah mengkonsumsi susu akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia terutama di bidang akademisi.

Penulis: Shodiq Saifullah

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment