Monday, March 12, 2012

Lomba Karya Tulis Mahasiswa Peternakan (TIMPINAS 2012)

Sebagai wujud kepedulian mahasiswa Peternakakn Indonesia dalam pengembangan kemampuan keilmiahan mahasiswa Peternakan di seluruh Indonesia, Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) Nasional akan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia (TIMPI) Nasional. LKTIMP ini akan dilaksanan di Universitas Mataram NTB.

Peserta
Mahasiswa Peternakan (S1/D3) yang masih aktif di Seluruh Indonesia.
Tema
            Memantapkan Potensi Sumberdaya Lokal Untuk Pencapaian Swasembada Daging dan Peningkatan Pangan Hewani yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal 
Sub Tema

  • Pengoptimalan Sumberdaya Lokal melalui Peningkatan Kualitas dan Kuantitas bibit/benih
  • Peningkatan Produksi Ternak Ruminansia yang Berbasis Sumber Daya Lokal
  • Peningkatan Produksi Ternak Non Ruminansia yang Berbasis Sumber Daya Lokal
  • Sistem Penjaminan Mutu Produk Pangan Asal Hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal
  • Pemantapan Sistem Manajemen Peternakan Untuk Mencegah Penyakit Hewan Menular dan Peningkatan Produksi Peternakan
  • Analisis Ekonomi dan Kebijakan Pengembangan Agroindustri Perdesaan

Persyaratan
Karya Tulis Ilmiah yang diajukan diharapkan mengedepankan orisinalitas, kreatifitas dan inovasi terhadap sumbangsih keilmuan bidang peternakan di Indonesia.
  1. Karya tulis ilmiah ditulis dengan berpedoman kepada standar karya tulis ilmiah (Judul, Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pembahasan Utama, Kesimpulan dan Referensi). Penulisan Karya Tulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Abtrak ditulis dalam bahasa Indonesia (maksimum 250 kata). Jumlah halaman maksimum untuk Karya Tulis adalah 15 halaman (termasuk Tabel, Gambar dan Referensi).
  2. Karya Tulis Ilmiah ditulis dalam kertas ukuran A4 (21 x 27,9 cm), spasi 1, margin 3-3-2-2 (left-top-right-bottom), huruf Times New Roman, font 12
  3. Karya Tulis versi digital/softfile (words dan PDF) diserahkan kepada panitia melalui email: ismapeti@gmail.com  (cc: heru_intp@yahoo.co.id). Format Subject: LKTI_TIMPI2012_(Nama Penulis/Ketua Kelompok)_(Nama Asal Universitas). selambat-lambatnya tanggal 6 April 2012 pukul 00.59 WITA (23.59 WIB, 01.59 WIT).
  4. Karya Tulis print-out/hardfile diserahkan kepada panitia dalam sampul tertutup paling lambat tanggal 6 April 2012 Cap Pos ke alamat panitia sebagaimana tercantum dibawah. Nama dan Alamat jelas pengirim wajib dicantumkan di sampul luar. Di pojok kiri atas dituliskan TIMPI 2012. Satu buah fotokopi masing-masing Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku dan  Satu buah fotokopi bukti pembayaran lomba karya tulis ilmiah TIMPI 2012 disertakan dalam amplop tertutup.
Alamat Panitia: Sekretariat BEM Fakultas Peternakan UNRAM Jalan Majapahit No.62 Mataram, Nusa Tenggara Barat.
  1. Karya Tulis yang dikompetisikan dapat bersifat kolektif (ditulis oleh lebih dari 1 orang, maksimal 3 orang).
  2. Konfirmasi Pengiriman Softfile/Hardfile berupa SMS ke nomor +6285723604230 (a.n Heru Nugraha).
  3. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
Pembayaran
Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Peternakan 2012 dikenakan    biaya sebesar Rp. 50.000,00 dan dikirimkan ke Rekening:
No. Rekening Bank Mandiri
            1450007795954
            An. Dwi Putri Susanti
Penjurian
  1. Seleksi karya tulis yang masuk ke panitia dilakukan oleh Dewan Juri
  2. Penilaian dilakukan berdasarkan atas kriteria penulisan dan kriteria non-penulisan (kesesuaian dengan tema, orisinilitas, inovasi dan kreatifitas)
  3. Enam Karya Tulis terbaik akan diundang untuk presentasi delam acara TIMPI 2012 di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat. Sepuluh karya tulis terbaik akan dipilih dan dimasukkan dalam Procedding atau Buku ISMAPETI.
  4. Enam karya tulis terpilih dipresentasikan didepan Dewan Juri yang terdiri dari unsur-unsur berikut: Ilmuwan Undangan, Dosen Fakultas Peternakan Universitas Mataram dan Juri dari kalangan organisasi. Apabila pengiriman proposal secara berkelompok, hanya 1 (orang) wakil yang akan melakukan presentasi dan dibiayai akomodasi selama kegiatan TIMPI 2012 berlangsung (tidak termasuk transportasi), sedangkan anggota lainnya boleh mengikuti kegiatan TIMPI 2012 atas biaya sendiri sesuai standar yang ditetapkan oleh panitia TIMPI 2012 (Sesuai persyaratan untuk Delegasi Eksekutif).
  5. Penilaian non-penulisan dilakukan dalam rangkaian acara Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia 2012 berupa Presentasi oleh peserta pada hari Sabtu, 12 Mei 2012, yang bertempat di Auditorum Fakultas Peternakan Universitas Mataram.
  6. Penetapan pemenang dan penyerahan hadiah dilakukan pada hari Selasa, 15 Mei 2012, sekaligus penutupan TIMPI 2012.
Pemenang
Juara I             : Uang Pembinaan Rp. 1.500.000 + Trophy + Sertifikat
Juara II           : Uang Pembinaan Rp. 1.000.000 + Trophy + Sertifikat
Juara III          : Uang Pembinaan Rp.     750.000 + Trophy + Sertifikat
Harapan         : 10 Karya Tulis Terbaik akan Dimasukkan dalam Procedding atau Buku ISMAPETI + Sertifikat

Info lebih lanjut mengenai TIMPINAS silahkan klik disini

Reactions:

2 comments:

  1. Terbang bersama buku


    Buku yang bisa terbang adalah buku di kartun. Namun sebuah buku bisa membuat pembacanya terbang melampaui samudra gunung lembah maupun padang pasir luas.
    Pernahkah kamu merasa matamu kelilipan pasir pasir kecil gurun sahara saat kamu membaca buku ayat ayat cinta? Saat itu persaanmu terbang bersama fahri menyusuri daerah mesir yang gersang dan tandus saat tiba di rumah mata fahri tersapu badai pasir mesir. Pedih dirsakannya dan seolah kamu berlari secepat cepatnya menuju rumah flat fahri untuk berlindung dari badai itu.

    Atau kamu merasa kedinginan saat ikal terjerembab di salju di depan rumah orang belanda yang tidak berperikemanusiaan. Saat itu ikal baru saja sampai dari tanah air dan belum tahu sedikitpun negeri nan jauh disana itu.
    Atau saat kita membaca tulisan dahlan iskan tentang tiongkok “ Pelajaran dari tiongkok”. Seakan akan kita dalam beberap menit sudah sampai di tiongkok dan bergaul dengan masyarakatnya. Dan membaca tentang integritas masyarakatnya. Dimana seorang dokter keliling bangsal untuk mencari pasien yang memberi uang bukan haknya di sakunya dan tentang seorang tukang sapu yang tidak mau di beri tip karena memang itu sudah menjadi tugasnya. Ehmmm aku melayang dan terbang ke tiongkok.
    Terbang terbang, membaca Harry porter seperti minum obat penyumpal kesadaran. Menuju alam yang belum pernah terekam dalam otak kita. Membuka pintu yang sebelumnya tidak pernah ada dalam benak kita. Semua super imajinatif. Bahkan sebuah bola pun di mainkan dalam sebuah imajinasi tentang kecepatan dan kedasyatan sebuah perkakas. Buku itu tidak saja membawa terbang secara imajinatif realistis namun terbang seperti realistis yang terimajinasikan.
    Buku dapat membawa manusia Terbang kemasa depan. bukankah sebelum orang terbang ke bulan banyak tulisan yang menggambarkan perjalanan ke bulan? Flash gordon dan comik lainnya membawa manusia kuno terbang menikmati keindahan bulan. Saat itu mereka tidak tahu kapan manusia bisa terbang langsung ke bulan, mengelus permukaan yang indah dan mengambil sinar redupnya yang menghangatkan suasana malam.
    Buku membawa terbang dunia masa lalu, siapa yang ingin merasakan pedihnya dakwah rosulullah saat pertama mengajarkan islam. Maka pergilah dengan berkendara buku-buku tentang tarih beliau. Saat gigi beliau patah dalam peperangan dan saat belia diludahi oleh kaumnya. Dan kita akan masuk kedalam jamannya. Dimana saat itu unta menjadi sebuah mobil ferari pada saat ini, panah menjadi seperti roket yang dapat melesat kecepat kedipanmata. Dan kita akan merasakan bahwa ribuan tahun yang lalupun masalah-masalah kehidupan kemanusiaan kita sama dengan mereka. Ada seorang yang ghibah, ada sebagian dari mereka berkomplot untuk menjatuhkan yang lain, ada hutang piutang dan lainya. Dengan begitu kita akan tahu bahwa masalah masalah kemansuaiann kita sudah ada ribuan tahun yang lalu walaupun beda jaman dengan kita.
    Kalau boleh di sandingkan terbangnya membaca buku seperti melepaskan imajinasi ke sebuah awan putih dan ia melayang bersama angin. Yach imajinasi berguna untuk mengembangkan cara berpikir kita. Ia ibarat secercah cahaya yang mempu melelehkan kebekuan pikiran kita, melunakkan kerasnya argumen salah kita dan melapangkan keterbatasan potensi pikir kita.
    Membaca buku akan membawa kita menjadi anak kecil lagi dimana samudra imajinasi hidup di alam pikirannya. Kita menjadi berani bertanya lagi “mengapa?” bukankah kita saat kecil selau bertanya mengapa ini dan itu? Itu sebuah potensi yang pernah kita punyai. bahkan si kecilpun berani bermimpi pergi kebulan, bermimpi jadi presiden. Saat ini kita tidak lagi berani berimajinasi.
    Kecuali orang orangyang membaca buku. Maka marilah kita memunculkan imajinasi kita. Satu satunya cara ialah membaca buku! Dengan buku kita di ajak menelusur tiap jengkal pelosok dunia ini, kita dia ajak menyelam dalam kedalaman lautan, kita diajak melambung menuju angkasa yang tinggi dan kita di ajak untuk menyelami dalamnya relung relung batin manusia.

    ReplyDelete