Langsung ke konten utama

FAST'11 (Festival of Agri-Science & Technology 2011)


FAST’11 diselenggaraan selama 3 hari berturut-turut pada tanggal 2-4 November 2011 dan terdiri dari serangkaian acara di antaranya Lomba Karya Tulis (LKT) Regional se-Jawa Bali, Orientasi Jurusan (ORIENJUS) se-Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, Lomba mewarnai “Cinta Pertanian” tingkat Taman Kanak-Kanak se-Kota Surakarta, Olimpiade Pertanian SMA (OPERA) se-eks Karesidenan Surakarta, Future Agriculture Scientist Summit (FASS) tingkat Nasional, Agriculture Bazaar dan Pasar Murah, PKM Expo, Aksi Menulis bertajuk “Soul in Writing”, Kontes Musik Ramah Lingkungan, Pawai Peduli Lingkungan, dan Open House Kelompok Studi Ilmiah (OH KSI). Berikut merupakan agenda FAST’11 :
Lomba Karya Tulis (LKT) Regional se-Jawa Bali
Kompetisi ini dibuka untuk seluruh mahasiswa se-Jawa Bali. Lomba Karya Tulis (LKT) ini dimaksudkan dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif dan inovatif mahasiswa dalam bentuk tulisan ilmiah yang menunjang pembangunan daerah menuju peningkatan daya saing bangsa. Program ini bertujuan:
1. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dan mempresentasikan karya ilmiah.
2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan ide atau gagasan terhadap permasalahan sesuai dengan kompetensinya.
3. Meningkatkan kepekaan dan kontribusi pemikiran kritis dan inovatif
Orientasi Jurusan (ORIENJUS)
Orientasi Jurusan (ORIENJUS) merupakan suatu wadah bagi mahasiswa di semua Jurusan Fakultas Pertanian UNS untuk mempresentasikan keunggulan dari setiap jurusan dalam memecahkan suatu masalah yang menjadi tema dari kegiatan tersebuat. Dalam acara ini dari setian Jurusan harus menampilkan secara fisik produk yang menjadi bahan persentasi. Acara ini bertujuan untuk mewadahi kretifitas mahasiswa setiap jurusan dalam memecahkan masalah dengan produk yang sesuai, sekaligus sebagai ajang singkronisasi dari setiap jurusan yaitu Agroteknologi, Ilmu Tekhnologi Pangan, Agribisnis dan Peternakan.
Lomba Mewarnai “Cinta Pertanian” tingkat Taman Kanak-Kanak se-Kota Surakarta
Kompetisi ini bertujuan untuk mengenalkan dunia pertanian melalui gambar kepada anak usia dini untuk meningkatkan kecintaan anak-anak terhadap dunia pertanian. Kompetisi ini terbuka untuk semua anak-anak usia taman kanak-kanak se-Kota Surakarta dan memperebutkan 5 juara terbaik. Hasil dari kompetisi ini akan dijadikan poster yang ditempel di dinding yang disebar di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, dengan harapan dapat menjadi penyemangat bagi yang melihatnya. Gambar yang diwarnai merupakan gambar yang bersifat persuasif sehingga bisa menjadi penyemangat bagi yang melihatnya.
Olimpiade Pertanian SMA (OPERA) se-Eks Karesidenan Surakarta
Kompetisi ini terbuka untuk semua pelajar SMA/SMK/MA sederajat dari seluruh daerah yang termasuk ke dalam Karesidenan Surakarta yang meliputi Kota Surakarta, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Klaten. Dengan diadakannya olimpiade ini sekaligus diharapkan dapat memperkenalkan dengan lebih dalam tentang ilmu pertanian untuk semua pelajar khususnya untuk pelajar sekitar Karesidenan Surakarta.
Agriculture Bazaar dan Pasar Murah
Kegiatan ini merupakan madah bagi Pengurus KSI untuk berlatih kewirausahaan dalam bentuk memperoleh barang, dan memasarkan produk. Selain itu kami juga menyediakan stand bagi sponsor, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk memasarkan produknya di dalam bazaar dan pasar murah ini dengan harga produk yang lebih murah dibandingkan dengan harga biasanya. Sehingga pengunjung dapat tertarik dengan penawaran yang akan disajikan oleh para pengisi stand dan akan menambah pendapatan bagi penjual.
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Expo
Dalam acara ini akan ditampilkan aplikasi Program Kreativitas Mahasiswa oleh kelompok PKM yang telah lolos atau belum dalam seleksi Lomba PKM. Acara ini bertujuan untuk memberi suatu wadah bagi kelompok PKM untuk memperkenalkan produk kreatifitasnya kepada mahasiswa. Sehingga akan mendorong ide dan kreatifitas dari para penonton untuk ikut dalam perlombaan karya tulis.
Aksi Menulis bertajuk “Soul in Writing”
Agenda ini merupakan agenda pendukung FAST’11 yang diselenggarakan selama acara berlangsung. Bentuk kegiatannya adalah dengan aksi menulis yang dilakukan oleh pengunjung FAST’11 pada selembar kain putih sepanjang 4 meter yang digelar di sepanjang jalan menuju arena FAST’11. Tulisan tersebut berupa kata-kata motivasi untuk meningkatkan kecintaan masyarakat pada pertanian Indonesia dan tanda tangan pengunjung FAST’11.. Kata-kata motivasi tersebut nantinya akan dirangkum dan diterbitkan dalam blog KSI FP UNS dan Facebook KSI FP UNS sebagai salah satu ajang untuk mengajak masyarakat mencintai pertanian Indonesia.
Kontes Musik Ramah Lingkungan
Agenda ini merupakan agenda pendukung FAST’11. Dengan adanya kegiatan pendukung ini diharapkan dapat menambah semarak jalannya acara besar yang diadakan oleh KSI. Selain itu para mahasiswa dapat menunjukkan bakat yang dimiliki serta sekaligus dapat mengasah bakat yang dimilikinya tersebut dengan lebih dalam lagi.
Pawai Peduli Lingkungan
Kegiatan ini dapat berupa memberikan secarik kertas yang berisi pesan-pesan untuk menyadarkan masyarakat untuk lebih memperhatikan keadaan lingkungan sekitar yang semakin hari semakin rusak. Dan tidak menutup kemungkinan juga dengan membagikan atau menanam bibit tanaman sebagai wujud menjaga kehijauan bumi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EMBRIO DAN IMPLANTASI PADA MAMALIA

A. Fase Embrionik          Tahap awal perkembangan ternak mamalia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi. Fertilisasi akan menghasilkan sel individu baru yang disebut dengan zygote dan akan melakukan pembelahan diri/pembelahan sel (cleavage) menuju pertumbuhan dan perkembangan menjadi embrio.Tahapan pertumbuhan dan perkembangan embrio dibedakan menjadi 2 tahap yaitu : Fase Embrionik yaitu fase pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup selama masa embrio yang diawali dengan peristiwa fertilisasi sampai dengan terbentuknya janin di dalam tubuh induk betina. Fase fertilisasi adalah pertemuan antara sel sperma dengan sel ovum dan akan menghasilkan zygote. Zygote akan melakukan pembelahan sel (cleavage) Tiga fase embrionik yaitu : 1. Morula Morula adalah suatu bentukan sel sperti bola (bulat) akibat pembelahan sel terus menerus. Keberadaan antara satu dengan sel yang lain adalah rapat.Morulasi yaitu proses t

Teknik Persilangan Bunga Anggrek

Indonesia merupakan pusat keanekaragaman genetik beberapa jenis anggrek yang berpotensi sebagai tetua untuk menghasilkan varietas baru anggrek bunga potong, seperti Dendrobium , Vanda , Arachnis , dan Renanthera , maupun sebagai tanaman pot, seperti Phalaenopsis dan Paphiopedilum . Prospek tanaman anggrek dianggap masih sangat cerah untuk dikembangkan. Namun  potensi  ini  belum  dimanfaatkan secara proporsional, hal ini dapat dilihat dari nilai ekpor anggrek Indonesia yang hanya 3 juta US$ per  tahun. Angka  tersebut  termasuk kecil  jika dibandingkan dengan nilai ekspor Negara tetangga Singapura 7,7 juta US$ dan Thailand 50 Juta US$.  Sementara   potensi   perdagangan   dunia  150 juta US$ per   tahun  (Bank Indonesia 2004). Rendahnya produksi anggrek Indonesia  antara  lain  disebabkan  kurang  tersedianya  bibit  bermutu,  budidaya  yang kurang efisien serta penanganan pasca panen yang kurang baik. Untuk memenuhi permintaan pasar yang cenderung meningkat maka diperlukan ketersedi

Festival Kuliner UNS 2012

Dalam rangka memperingati Dies Natalis UNS ke-36, UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UPTP2B) akan menyelenggarakan  One Day Festival . Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 Maret 2012 bertempat di halaman UPT P2B UNS. One Day Festival   merupakan program UPT P2B yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Asia, Eropa dan Amerika. Festival ini dikemas dalam bentuk bazzar makanan, minuman, kerajinan, busana dan lomba. Adapun lombanya adalah lomba kupas apel, lomba menggunakan sumpit, dan lomba origami. Kegiatan akan diselenggarakan mulai pukul 09.00 - 14.00 WIB di halaman UPT P2B pada hari Sabtu, 10 Maret 2012. Don't miss it!!! Sumber:  upt p2b uns