Tuesday, July 5, 2011

FAST'11 (Festival of Agri-Science & Technology 2011)


FAST’11 diselenggaraan selama 3 hari berturut-turut pada tanggal 2-4 November 2011 dan terdiri dari serangkaian acara di antaranya Lomba Karya Tulis (LKT) Regional se-Jawa Bali, Orientasi Jurusan (ORIENJUS) se-Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, Lomba mewarnai “Cinta Pertanian” tingkat Taman Kanak-Kanak se-Kota Surakarta, Olimpiade Pertanian SMA (OPERA) se-eks Karesidenan Surakarta, Future Agriculture Scientist Summit (FASS) tingkat Nasional, Agriculture Bazaar dan Pasar Murah, PKM Expo, Aksi Menulis bertajuk “Soul in Writing”, Kontes Musik Ramah Lingkungan, Pawai Peduli Lingkungan, dan Open House Kelompok Studi Ilmiah (OH KSI). Berikut merupakan agenda FAST’11 :
Lomba Karya Tulis (LKT) Regional se-Jawa Bali
Kompetisi ini dibuka untuk seluruh mahasiswa se-Jawa Bali. Lomba Karya Tulis (LKT) ini dimaksudkan dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif dan inovatif mahasiswa dalam bentuk tulisan ilmiah yang menunjang pembangunan daerah menuju peningkatan daya saing bangsa. Program ini bertujuan:
1. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dan mempresentasikan karya ilmiah.
2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan ide atau gagasan terhadap permasalahan sesuai dengan kompetensinya.
3. Meningkatkan kepekaan dan kontribusi pemikiran kritis dan inovatif
Orientasi Jurusan (ORIENJUS)
Orientasi Jurusan (ORIENJUS) merupakan suatu wadah bagi mahasiswa di semua Jurusan Fakultas Pertanian UNS untuk mempresentasikan keunggulan dari setiap jurusan dalam memecahkan suatu masalah yang menjadi tema dari kegiatan tersebuat. Dalam acara ini dari setian Jurusan harus menampilkan secara fisik produk yang menjadi bahan persentasi. Acara ini bertujuan untuk mewadahi kretifitas mahasiswa setiap jurusan dalam memecahkan masalah dengan produk yang sesuai, sekaligus sebagai ajang singkronisasi dari setiap jurusan yaitu Agroteknologi, Ilmu Tekhnologi Pangan, Agribisnis dan Peternakan.
Lomba Mewarnai “Cinta Pertanian” tingkat Taman Kanak-Kanak se-Kota Surakarta
Kompetisi ini bertujuan untuk mengenalkan dunia pertanian melalui gambar kepada anak usia dini untuk meningkatkan kecintaan anak-anak terhadap dunia pertanian. Kompetisi ini terbuka untuk semua anak-anak usia taman kanak-kanak se-Kota Surakarta dan memperebutkan 5 juara terbaik. Hasil dari kompetisi ini akan dijadikan poster yang ditempel di dinding yang disebar di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, dengan harapan dapat menjadi penyemangat bagi yang melihatnya. Gambar yang diwarnai merupakan gambar yang bersifat persuasif sehingga bisa menjadi penyemangat bagi yang melihatnya.
Olimpiade Pertanian SMA (OPERA) se-Eks Karesidenan Surakarta
Kompetisi ini terbuka untuk semua pelajar SMA/SMK/MA sederajat dari seluruh daerah yang termasuk ke dalam Karesidenan Surakarta yang meliputi Kota Surakarta, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Klaten. Dengan diadakannya olimpiade ini sekaligus diharapkan dapat memperkenalkan dengan lebih dalam tentang ilmu pertanian untuk semua pelajar khususnya untuk pelajar sekitar Karesidenan Surakarta.
Agriculture Bazaar dan Pasar Murah
Kegiatan ini merupakan madah bagi Pengurus KSI untuk berlatih kewirausahaan dalam bentuk memperoleh barang, dan memasarkan produk. Selain itu kami juga menyediakan stand bagi sponsor, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk memasarkan produknya di dalam bazaar dan pasar murah ini dengan harga produk yang lebih murah dibandingkan dengan harga biasanya. Sehingga pengunjung dapat tertarik dengan penawaran yang akan disajikan oleh para pengisi stand dan akan menambah pendapatan bagi penjual.
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Expo
Dalam acara ini akan ditampilkan aplikasi Program Kreativitas Mahasiswa oleh kelompok PKM yang telah lolos atau belum dalam seleksi Lomba PKM. Acara ini bertujuan untuk memberi suatu wadah bagi kelompok PKM untuk memperkenalkan produk kreatifitasnya kepada mahasiswa. Sehingga akan mendorong ide dan kreatifitas dari para penonton untuk ikut dalam perlombaan karya tulis.
Aksi Menulis bertajuk “Soul in Writing”
Agenda ini merupakan agenda pendukung FAST’11 yang diselenggarakan selama acara berlangsung. Bentuk kegiatannya adalah dengan aksi menulis yang dilakukan oleh pengunjung FAST’11 pada selembar kain putih sepanjang 4 meter yang digelar di sepanjang jalan menuju arena FAST’11. Tulisan tersebut berupa kata-kata motivasi untuk meningkatkan kecintaan masyarakat pada pertanian Indonesia dan tanda tangan pengunjung FAST’11.. Kata-kata motivasi tersebut nantinya akan dirangkum dan diterbitkan dalam blog KSI FP UNS dan Facebook KSI FP UNS sebagai salah satu ajang untuk mengajak masyarakat mencintai pertanian Indonesia.
Kontes Musik Ramah Lingkungan
Agenda ini merupakan agenda pendukung FAST’11. Dengan adanya kegiatan pendukung ini diharapkan dapat menambah semarak jalannya acara besar yang diadakan oleh KSI. Selain itu para mahasiswa dapat menunjukkan bakat yang dimiliki serta sekaligus dapat mengasah bakat yang dimilikinya tersebut dengan lebih dalam lagi.
Pawai Peduli Lingkungan
Kegiatan ini dapat berupa memberikan secarik kertas yang berisi pesan-pesan untuk menyadarkan masyarakat untuk lebih memperhatikan keadaan lingkungan sekitar yang semakin hari semakin rusak. Dan tidak menutup kemungkinan juga dengan membagikan atau menanam bibit tanaman sebagai wujud menjaga kehijauan bumi

Reactions:

0 comments:

Post a Comment