Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2017

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PIM UNS dan PKM 2017

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2017

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2017 periode tahun 2017-2018 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2017 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2017 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2017 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Friday, September 30, 2016

Selamat dan Sukses Kawan

Selamat dan sukses ya Raden Anugrah Perdana Dinasti Wibisono (Staff PIKMA KSI FP UNS 2016) telah berhasil juara 3 Essay National BIONATION tentang konservasi yang dilaksanakan Universitas Padjajaran Bandung. Tingkatkan daan tularkan ya.. Semangat!!

Tuesday, September 27, 2016

Inisiasi Fakultas Pertanian untuk Menyiapkan Mahasiswa Unggulan melalui TRIGGER 2016

Peserta dan co Trainer 2016

Pada hari sabtu-minggu, 24-25 September 2016, telah diselenggarakan acara TRIGGER (Training For Gold Generation) 2016 yang bertempat di Hotel Pondok Sari 2016. Acara ini merupakan sarana pengembangan mahasiswa yang diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan dan alumni Fakultas Pertanian UNS yang mempunyai tema “Enchancing Achievement: A framework to be Excellent Student”. Diklat Trigger 2016 bertujuan untuk menciptakan mahasiswa unggul, yang  dihadiri oleh 29 peserta, 5 co trainer, dan 5 pembicara.
Trigger 2016 dibuka secara resmi pada sabtu oleh bapak Kunto dan bapak Agung yang dipandu oleh master of ceremony yaitu Syuga dan Edo. Pembicara yang pertama diisi oleh mas Juli Purnomo mawapres UNS 2015 tentang  kiat-kiat bagaimana cara seleksi mawapres dari tingkat prodi sampai tingkat nasional. Pembicara selanjutnya diisi oleh ibu Haryani Saptaningtyas yang mengisi mengenai Study Abroad dan motivation letter. Bapak Agung Wibowo selaku ketua panitia Trigger 2016 juga memberi materi mengenai penulisan karya ilmiah, tak kalah menarik dengan bapak Kunto yang mengisi bagaimana cara mengembangkan potensi untuk prestasi, dan pembicara yang terakhir disampaiakan oleh bapak Cahyadi tentang short courses dan how to persue international schoolarship.
Acara Trigger 2016 juga tak kalah asyik dan menarik, karena selain diberi pembekalan oleh pembicara yang keche-keche (eee ciii.....eeehhhhhh) juga diisi akre (ajang kreativitas), senam pagi dan outbond. Akre ditampilkan oleh 4 kelompok yang masing-masing diisi oleh 7-8 orang, segment ini bisa membuat pondok asri 1 tawangmangu pada malam itu seperti bioskop komedi (hehehehehe), karena peserta bisa tertawa terbahak-bahak secara lepas. Pada hari minggu pagi pukul 06.00 WIB dilaksanakan senam pagi di halaman depan pondok sari 1 Tawangmangu yang dipandu oleh mbak Anggar dan mbak Syuga. Outbond dilaksanakan diluar hotel pondok sari Tawangmangu dengan jalan-jalan menyusuri sungai kecil dan didalam hotel yang diisi games lucu seperti makan kerupuk asin dan estafet tali rafia.
Mendekati akhir acara dilakukan simulasi dari semua materi yang telah disampaiakan oleh pembicara berupa membuat motivation letter secara berkelompok sesuai peminatan jurusan. Penutupan Trigger 2016 secara resmi ditutup oleh bapak agung selaku ketua panitia dan pak kunto selaku perwakilan bidang kemahasiswaan dan alumni fp uns. (Wahid 28/09)


Sunday, September 18, 2016

Kumpul Bareng Alumni di REAKSI (Reuni Alumni KSI) 2016


Minggu, 19 September 2016, Kelompok Studi Ilmiah (KSI) telah melaksanakan acara yang cukup besar. Acara yang diberi nama REAKSI atau Reuni Alumni KSI ini merupakan acara yang ditujukan untuk mengumpulkan kembali alumni KSI. REAKSI ini juga termasuk kedalam serangkaian acara FAST’16 (Festival Of Agri-Science and Technology 2016) yang diadakan setiap tahunnya oleh KSI. Seperti namanya (REAKSI) acara ini memang ditujukan bagi alumni KSI semua angkatan atau periode mulai dari periode 90an sampai periode 2000an. Acara yang sangat dinanti-nantikan oleh alumni KSI ini dikemas cukup sederhana oleh panitia. Hanya berlokasikan di samping sekre KSI, beralaskan tikar serta beratap langit yang cerah dan berpayung pohon beringin memang membuat acara ini terlihat sederhana. Apalagi ditambah dengan makanan ringan jajanan pasar menambah kesan bahwa acara ini juga untuk mencintai makanan-makanan tradisional. Tak hanya sederhana itu, untuk mengingat kembali kenangan alumni ketika menjadi pengurus KSI, panitia juga menempelkan foto-foto keceriaan kegiatan KSI sehingga membawa kembali suasana dimana alumni menjadi pengurus KSI dimasa itu. 


REAKSI ini diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Ketua Umum KSI 2016 Anggarda Paramita I kemudian dilanjutkan dengan sharing dan berbagi cerita mengenai KSI tempo doeloe sejak berdirinya atau sejarah KSI yang diceritakan oleh para “founding fathers” KSI kemudian  dibandingkan dengan KSI tempo sekarang. Tak hanya dapat mengenal alumni KSI terdahulu, panitia dan pengurus KSI 2016 sekarang juga mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan dari beliau-beliau alumni KSI yang sekarang bekerja di berbagai disiplin ilmu dan bidang yang berbeda-beda. Kemudian dilanjut dengan diskusi antara alumni dan pengurus, saling tukar menukar pengetahuan. Canda, tawa, bahagia, takjub yang pengurus 2016 rasakan saat itu ketika mendengar cerita-serita keren dari mereka alumni KSI. Setelah sharing, bincang-bincang dan diskusi kemudian dilanjut dengan pemberian kesan dan pesan dari alumni untuk pengurus saat ini dan acara ini ditutup dengan foto bersama alumni dan panitia. Walaupun acaranya cukup sederhana namun alumni yang datang cukup terkesan, “Cuma KSI yang mau nyambut alumni dengan acara ini, digelarin tiker terus ada konsumsinya juga, ada spot fotonya juga. Wah bagus dek”  ucap salah satu alumni KSI ketika memberikan kesan dan pesan untuk KSI.
Awalnya REAKSI ini akan diadakan sendiri di aula Fakultas Pertanian setelah Idul Fitri agar alumni yang berada diluar kota pun dapat hadir. Namun setelah mendengar berita bahwa Fakultas Pertanian akan mengadakan Mumasyawarah Nasional (Munas) Ikatani dan Reuni Akbar Fakultas Pertanian maka REAKSI pun diundur dan dibarengkan dengan acara akbar FP UNS tersebut. Harapannya agar alumni KSI banyak yang dapat hadir dalam REAKSI. Sesuai dengan harapan tersebut alhamdulillah ada 17 alumni KSI yang dapat hadir. Mulai dari angkatan 90 an sampai 2000an. 17 alumni tersebut yaitu dari Erni Siwi K (1995), Iin  WP (1993), Nur Leni (1995), Dewi Manifah (2006), Nurul (2006), Beny (2006), Ganis (2008), Dwi Trisya (2008), Gandung (1993), Aditya Dyah (2010), Ahmad Projo (2010), Siti (1995), Dodi (1997), Tri Harjanto (1994), Becik (1994), Agus Rustamto (1993), Eko (1993), Agung Wibowo (1994). Walaupun baru 17 alumni KSI yang dapat menghadiri acara ini, karena sebagian besar alumni KSI berada diluar kota sehingga belum bisa menghadiri acara ini. Namun hal ini tidak mematahkan panitia untuk tetap mensukseskan acara ini sampai selesai. Karena alumni yang belum bisa hadir juga memberikan support dan doa untuk kelancaran dan kesuksesan acara ini. Contohnya Mas Rachmad Adi (2010) yang sedang studi S2 di Leeds University dan Mas Bani Noor Rachim dan Mas Dedy Prasetyo yang sedang S2 di IPB Bogor turut memberikan support melalui kiriman foto beliau. Kemudian untuk menindak lanjuti REAKSI ini dari pengurus KSI 2016 membuatkan grup WhatsApp untuk alumni KSI FP UNS dengan kontak yang sudah tercatat ketika REAKSI tadi.


Tuesday, September 13, 2016

PKM 2016 : Deadline Unggah Laporan Akhir PKM 2016

Diberitahukan dengan hormat bahwa untuk mengetahui perkembangan kemajuan   pelaksanaan  kegiatan Program PKM yang didanai pada tahun anggaran 2016, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah melakukan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) pada tanggal 10 s.d. 30 Juni 2016. Selanjutnya untuk mengetahui hasil akhir pelaksanaan program tersebut kami mohon bantuan Saudara untuk menginformasikan kepada setiap tim pelaksana PKM di Perguruan Tinggi Saudara untuk :

    Membuat Laporan Akhir Kegiatan
    Membuat Laporan Keuangan 100%
    Melakukan pengisian Catatan Harian dan Laporan Penggunaan Anggaran
    Poin 1, 2, dan 3 dibuat sesuai dengan format yang terdapat pada Pedoman PKM Tahun 2015.

Dokumen-dokumen tersebut, agar diunggah di http://simlitabmas.dikti.go.id Paling Lambat Tanggal 30 September 2016 .

Perlu kami sampaikan bahwa pencairan sisa dana 20% saat ini masih dalam proses. Keterlambatan pengunggahan dokumen-dokumen diatas sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan mengakibatkan tidak dapat dipertimbangkannya perguruan tinggi penerima bantuan dana kegiatan Program PKM Tahun 2017.

Friday, September 9, 2016

Sosialisasi PKM 5 Bidang FP UNS 2016

                 
       
   Surakarta, 7 September 2016 telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.
              Sosialisasi tersebut bertemakan mewujudkan mahasiswa yang produktif dan inovatif melalui karya PKM dengan pembicara tim pengembangan mahasiswa UNS serta peraih medali perak poster  pimnas 2016 yaitu Sarah Nur Adilla, Rosita Budi Agustiani dan Nadia Wohon. Penjelasan dan materi-materi tentang PKM yang disampaikan bertujuan agar mahasiswa mampu mengerti, memahami dan menciptakan karya ilmiah terutama PKM. Jurus-jurus jitu lolos PKM hingga pengalaman saat mengikuti PIMNAS telah dibahas tuntas.  
          
  Dalam kegiatan ini terlihat antusiasme yang sangat tinggi yang dapat dilihat dari jumlah peserta yang hadir sebanyak 220 peserta yang berasal dari Fakultas Pertanian UNS. Pertanyaan-pertanyaan seputar karya ilmiah telah dijawab oleh narasumber yang berkompeten. Inilah langkah awal kita untuk membuka pikiran dalam menuangkan ide-ide luar biasa sebagai terciptanya Program Kreativitas Mahasiswa yang mampu lolos hingga PIMNAS 2015. Selamat berkarya!!!