Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2016

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PKM FP UNS 2016

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2016

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2016 periode tahun 2016-2017 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2016 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Saturday, December 19, 2015

Pengumuman Pemenang Lomba essay National FAST 2015


SELAMAT BAGI PESERTA LOMBA ESSAY  NATIONAL FAST 2015   YANG MENJADI PEMENANG DALAM FAST 2015

Juara 1 atas nama Pino Rinando dengan judul “Pemberdayaan Kelompok Tani Melalui Sistem Pertanian Organik serta Mengembangkan Agrowisata Berbasis Usahatani Terpadu untuk Meningkatkan Pendapatan dan Kesejahteraan Petani yang Berkelanjutan Menuju Bonus Demografi 2020”

Juara 2 atas nama Mohammad Erison Caesar dengan judul “Optimasi Sumber Daya Lokal Berbasis Social Enterpreneurship sebagai Solusi Peningkatan Pendapatan Petani Di Indonesia”

Juara 3 atas nama Mustangin dengan judul “Peasant Cadre School: Solusi Aplikatif Peningkatan Kualitas SDM sebagai Agricultural Economic Cadre dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan 2020”

Bagi perserta lomba yang belum beruntung, jangan pantang menyerah untuk mengikuti lomba-lomba lainnya karena masih ada kesempatan dilain waktu. terus berkarya dan terima kasih atas partisipasinya dalam Lomba Essay National yang telah diselenggarakan oleh FAST’15.

NB: E-sertifikat akan dikirimkan melalui Email ksi.faperta.uns@gmail.com, bagi pemenang hadiah dan sertifikat akan segera dikirimkan.

Untuk informasi lebih lanjut hub: Riri (085694126680)


Tuesday, December 15, 2015

Penundaan Pengumuman Pemenang Lomba Essay FAST'15

Selamat pagi sobat Ilmiah,

Berhubung Karya eesay yang telah dikirimkan masih dalam proses penjurian, kami dari panitia FAST'15 memutuskan untuk menunda pengumuman pemenang lomba essay dari 15 Desember 2015 ditunda sampai pada 19 Desember 2015. untuk itu kami dari panitia FAST'15 memohon kesabaran dan kelonggaran dari teman-teman peserta lomba sampai tanggal 19 Desember 2015 dan kami sebagai panitia meminta maaf atas penundaan ini.

E-sertifikat akan dikirimkan ke email masing-masing peserta setelah pengumuman pemenang.

Pertanyaan dan Info lebih lanjut silahkan ke ksi.faperta.uns@gmail.com

 

Saturday, December 12, 2015

KSI Mengabdi bertajuk KAMDIK

KSI FP UNS Mengadakan “KAMDIK” di SMP N 12 Surakarta
Sabtu,12 Desember 2015, memperingati hari jadinya yang ke-20 Kelompok Studi Ilmiah (KSI) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, melalui program kerja KAMDIK (KSI Mengabdi) bekerja sama dengan Cimory mengadakan acara talkshow di SMP N 12 Surakarta.
Acara yang mengusung tema “Pengenalan Pertanian Sejak Dini Untuk Mewujudkan Generasi Muda Hijau” ini menghadirkan pembicara salah satu lulusan Fakultas Pertanian UNS Program Studi Agroteknologi, yang juga merupakan Ketua Umum KSI Periode 2013, Bani Noor Rakhim, S.P. Salah satu finalis RCDC (Regional and Community Development Center) yang diselenggarakan MITI, dengan proyeknya yaitu pengembangan produk cabai kering ini memaparkan mengenai pentingnya peran sektor pertanian dan bagaimana sistem pertanian terpadu berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. Dalam diskusi yang berlangsung santai dan menyenangkan tersebut beliau mengajak peserta yang merupakan siswa-siswi kelas 7 dan 8 serta anggota Kelompok  Ilmiah Remaja (KIR) SMPN 12 Surakarta untuk mengenal sektor-sektor dalam kegiatan pertanian yang tidak selalu harus menanam padi di sawah, tapi juga meliputi peternakan, perikanan, dan perkebunan.
Beliau juga mengajak adik-adik peserta untuk membuka wawasan mengenai peran pertanian dalam menyediakan kebutuhan pangan masyarakat dalam suatu negara. Melalui konsep pertanian terpadu dan berkelanjutan, berbagai sektor pertanian tersebut saling terkait berbasis pada konsep “Zero Waste”. Contohnya pada sektor pertanian dan peternakan. Pada sektor pertanian dihasilkan sisa berupa jerami yang dapat digunakan sebagai pakan ternak. Kotoran yang dihasilkan pada sektor peternakan dapat digunakan kembali untuk sektor pertanian menjadi pupuk organik dan dapat pula diolah menjadi biogas kemudian dimanfaatkan bahan bakar kendaraan. Dikenalkan pula mengenai cara bertanam melalui media hidroponik sebagai solusi atas permasalahan penyempitan lahan saat ini.
Selain materi tentang pertanian, disampaikan juga materi tentang motivasi dengan tema “the power of dream” oleh salah satu pengurus KSI periode 2015 yang juga merupakan salah satu trainer terbaik dalam Achievement Motivation Training (AMT) FP UNS 2015, Angga Ashari Styawan. Diharapkan setelah talkshow ini dapat menumbuhkan semangat peserta dalam belajar, menggapai cita-cita dan menjadi orang sukses. “Saya merasa senang dan mempunyai banyak pengetahuan dengan adanya acara ini.” ujar salah satu peserta Talkshow KAMDIK ketika menyampaikan kesan dan pesan diakhir acara. Diakhir acara ada pemutaran video edukasi dari Cimory tentang pentingnya yogurt untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga pembagian Cimory untuk peserta serta gerakan minum yogurt bersama. “Terima kasih banyak kepada KSI FP UNS karena dengan adanya acara ini menjadi salah satu bentuk untuk mendukung SMP N 12 Surakarta dalam program Adhi Wiyata” ucapan terima kasih dari Bapak Abdul Haris Alamsah selaku Kepala SMP N 12 Surakarta ketika ditemui selesai acara Talkshow KAMDIK.


Monday, December 7, 2015

Daftar Peserta National Essay Competition FAST 2015

Selamat sore sobat KSI!

Pendaftaran National Essay Competition FAST 2015 sudah ditutup dan sekarang masuk tahap penjurian. Terima kasih kepada semua peserta yang telah mendaftar dan mengirimkan karyanya. Buat sobat KSI yang  menjadi peserta National Essay Competition Essay FAST 2015, jangan lupa pantengin terus timeline/ tanggal penting berikut: 

•    Pendaftaran dan Pengumpulan karya                : 21 November 2015 (sudah ditutup)
•    Penjurian                                                            : 23 November 2015- 11 Desember 2015 
•    Pengumuman Juara                                        : 15 Desember 2015  

E-sertifikat akan dikirimkan ke email masing-masing peserta setelah pengumuman juara.  
Sebagai tambahan, berikut kami lampirkan daftar peserta National Essay Competition FAST 2015. 

Pertanyaan dan info lebih lanjut silahkan ke: ksi.faperta.uns@gmail.com