Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2017

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PIM UNS dan PKM 2017

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2017

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2017 periode tahun 2017-2018 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2017 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2017 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2017 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Friday, September 18, 2015

Kamdik (KSI Mengabdi)


Kamdik atau KSI Mengabdi adalah suatu program kerja dari KSI yang berkonsentrasi pada pengabdian masyarakat. Pada kesempatan kali ini Kamdik dilaksanakan di SMP N 12 Surakarta dengan sasaran kegiatan adalah siswa-siswi SMP tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 18 September 2015 ini mensosialisasikan kepada siswa-siswi SMP N 12 Surakarta mengenai Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). 
  Dalam upaya memperkenalkan KIR kepada siswa-siswi tersebut, kami Kelompok Studi Ilmiah Fakultas Pertanian UNS mendemonstrasikan pembuatan baterai altenatif dari buah jeruk nipis. Bahan-bahan yang diperlukan berupa 4 buah jeruk nipis, 4 buah koin tembaga, 4 buah paku, satu buah lampu LED serta 4 buah kabel dengan penjepit buaya. Dari bahan-bahan tersebut dibuat rangkaian seri dengan mengubungkan keempat jeruk dengan kabel.
Langkah pertama pembuatan rangkaian tersebut dengan membuat goresan menggunakan pisau atau cutter pada jeruk nipis sehingga koin tembaga dapat dimasukkan dengan mudah. Kemudian pada masing-masing jeruk tersebut juga dipasangkan paku dengan cara menusukkannya langsung. Kupas salah satu ujung kabel sehingga dapat dililitkan ke paku sedangkan ujung lainnya yang berupa penjepit buaya dipasangkan pada koin tembaga. Persiapan tersebut dilakukan pada keempat jeruk nipis yang telah disiapkan. Kemudian, salah satu kabel dipotong menjadi dua dan dikupas ujung-ujungnya sehingga dapat dililitkan pada lampu LED. Setelah seluruh rangkaian tersambung maka lampu LED dapat menyala. 
Percobaan sederhana mengenai pembuatan baterai denga jeruk nipis tersebut cukup menarik perhatian murid-murid SMP N 1 Surakarta. Beberapa murid langsung ingin mencoba membuat sendiri rangakaian baterai tersebut setelah Tim dari KSI selesai melakukan demostrasi. Dengan adanya kegiatan tersebut murid-murid menjadi bersemangat dalam mengikuti kegiatan KIR, bahkan pihak kesiswaan SMP N 1 Surakrta langsung membentuk ekstrakulikuler KIR di sekolah mereka dan menunjuk salah satu siswa menjadi ketua. 
Rangakaian kegiatas sosialisasi tersebut berlangsung dari pukul 07.00 hingga 08.00 WIB. Sebagai bagian dari program kerja KSI FP UNS, Kamdik yang dilaksanakan terseut terbilang cukup sukses. Hal tersebut tidak lepas dari bantuan dan kerjasama dari pihak SMP N 1 Surakarta. Tidak hanya sampai disini, kegiatan Kamdik ini juga akan terus dilaksanakan sebagai bentuk pengamdian dari KSI FP UNS.

Wednesday, September 16, 2015

Panduan PKM 5 Bidang 2015

Hai sobat ilmiah, ayo ikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) lima bidang tahun 2015. Tuangkan karyamu dan menangkan PIMNAS 2015. Klik disini Panduan PKM 5 bidang tahun 2015.  
 

Klinik Ilmiah UNS Goes To PIMNAS 2015


Surakarta, kegiatan pengenalan, pembimbingan dan pendampingan mahasiswa terhadap karya ilmiah berjalan sukses. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Ilmiah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dengan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 12 September 2015 yang dimulai pukul 8.45 WIB bertempat di Aula FP UNS. Antusiasme mahasiswa yang begitu besar dalam mengikuti kegiatan Klinik Ilmiah yang bertemakan UNS goes to PIMNAS 2015 mengakibatkan peserta membludak hingga dengan berat hati harus menolak peserta karena kuota telah terpenuhi. Kegiatan yang merupakan program kerja dari PIKMA (Pengembangan Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa) Fakultas Pertanian UNS ini dihadiri sebanyak 148 mahasiswa dari berbagai fakultas hingga universitas lain.
Pengenalan terhadap karya ilmiah terutama pkm pada kegiatan ini disampaikan oleh narasumber yang sangat luar biasa dan telh memiliki banyak pengalaman dibidangnya yaitu Dr. Fahru Nurosyid, S.Si, M.Si., seorang reviewer PKM dan tim juri PIMNAS 2015 serta salah satu tim lolos PIMNAS 2014 yang diwakili oleh Prisk Julia Hendrastuti dan Dhini Aulia Phasa. Penjelasan dan materi-materi tentang PKM yang disampaikan bertujuan agar mahasiswa mampu mengerti, memahami dan menciptakan karya ilmiah terutama PKM.
Jurus-jurus jitu lolos PKM hingga pengalaman saat mengikuti PIMNAS telah dibahas tuntas. Pertanyaan-pertanyaan seputar karya ilmiah telah dijawab oleh narasumber yang berkompeten. Inilah langkah awal kita untuk membuka pikiran dalam menuangkan ide-ide luar biasa sebagai terciptanya Program Kreativitas Mahasiswa yang mampu lolos hingga PIMNAS 2015. Selamat berkarya!!!

TAKSI 2015

          Hai sobat-sobat KSI!!! Ayoo ikuti kegiatannya KSI yang satu ini yaitu TAKSI "Travelling and Studying with KSI" yang akan dilaksanakan hari Sabtu tanggal 19 September 2015. Hanya dengan kontribusi sebesar RP. 60.000,00 kita akan berkunjung dan belajar di Joglo Tani Sleman dan Klinik Agromina Bahari UGM. Daftarkan dirimu sekarang, selain dapat menambah wawasan dan pengalaman, dijamin kegiatan ini seru banget. jangan sampai terlambat registrasi ya sobat, sebab kuotanya terbatas hanya untuk 50 orang peserta pendaftaran pertama. Come join us !!!


Bersama KSI tunjukan kalau kita punya AKSI!!!

Tuesday, September 15, 2015

Selamat Kepada Pengurus FORMAT periode 2015/2016


Surakarta, Kelompok Studi Ilmiah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengucapkan selamat atas terpilihnya pengurus FORMAT (Forum Mahasiswa Agroteknologi) periode 2015/2016. Pelantikan kepengurusan ini diikuti oleh 49 peserta yang terdiri dari 38 pengurus dan 9 orang tim formatur. Semua peserta pelantikan telah melalui penyeleksian sebelumnya. Hal ini dilakukan mengingat pemilihan sumber daya yang baik sangat menentukan kemajuan organisasi yang dijalankan. Selain itu juga kekompakan perlu dipegang teguh oleh setiap anggota dan pengurus FORMAT, “selain kemampuan, solid nya para pengurus dan anggota juga sangat penting untuk eksistensi organisasi kami ini” tambah Ketua Umum FORMAT, Sri Lanang.


Kelompok Studi Ilmiah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta turut menghadiri acara pelantikan pengurus FORMAT (Forum Mahasiswa Agroteknologi) UNS Surakarta yang bertempat di auditorium Fakultas Pertanian UNS pada hari Rabu, 2 September 2015. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa perwakilan pengurus UKK-HMJ yang ada di fakultas Pertanian. Selain itu juga dihadiri oleh Dr. Ir. Pardono  M.S selaku Pembina FORMAT.

FORMAT!! JAYA!!! BERKARYA!!!

Wednesday, September 2, 2015

Klinik Ilmiah 2015




            Hai sobat ilmiah, jangan lewatkan acara Klinik ilmiah 2015 ya. Klinik ilmiah dengan tema UNS goes to PIMNAS 2015 ini merupakan serangkaian acara yang diadakan oleh KSI yang bertujuan untuk pengenalan, pembimbingan dan pendampingan mahasiswa terhadap karya ilmiah terutama pkm, hingga pelatihan pembuatannya. Program kerja dari bidang PIKMA (Pengembangan Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa) ini berlangsung secara berkelanjutan yang dibuka secara umum bagi semua mahasiswa dengan pembicara dan mentor yang berpengalaman dibidangnya, dimana agar tujuan acaa ini tercapai yakni agar mahasiswa mampu mengerti, memahami dan menciptakan karya ilmiah terutama PKM.

            Klinik ilmiah akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 September 2015 pukul 08.00 WIB-12.00 WIB di Auditorium Fakultas Pertanian UNS dengan pembicara yakni Dr. Ir. Mohammad Harisudin, M.Si. selaku Reviewer PKM dan tim juri PIMNAS 2015 dan Priska Julia Hendrastuti yang telah lolos dalam PIMNAS 2014. Penjelasan dan materi-materi tentang karya ilmiah akan kita ketahui secara tuntas sehingga menjadi bekal kita untuk berkarya. Segera daftarkan diri melalui via sms dengan format : Ki_nama_jurusan_angkatan. Hanya dengan biaya kontribusi Rp.5000,00 kita telah dapatt mendapatkan ilmu baru yang sangat bermanfaat, dengan fasilitas snack dan sertifikat. Ayo segera daftar sebelum kuotanya habis ya sobat!