Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2016

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PKM FP UNS 2016

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2016

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2016 periode tahun 2016-2017 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2016 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Wednesday, March 12, 2014

Bidang POSDM KSI 2014

Bidang yang memiliki tugas dan fungsi dalam melaksanakan proses pengkaderan, rekruitmen anggota baru, melakukan pembinaan, pelatihan, dan pengoptimalan angota. Sekaligus bidang yang mempunyai fungsi serta peran untuk menggali dan mengembangkan potensi sumber daya anggota serta fungsi kaderisasi secara berkelanjutan dan juga melakukan tugas penjagaan dan peningkatan motivasi anggota KSI. 

Visi
Menyatukan hati KSI

Misi

Segala cara untuk menyatukan hati KSI

Program Kerja Bidang POSDM
Bidang POSDM dibagi menjadi dua divisi yaitu divisi Kaderisasi dan divisi Pengelolaan Pengurus 

Divisi Kaderisasi
SAN’TIV ( Pesan Inspiratif )
merupakan sms dan jarkom kegiatan KSI kepada seluruh anggota KSI.

MAHAMERU (Temu Mahasiswa Baru)
merupakan sarana untuk memperkenalkan KSI kepada mahasiswa baru. Mahameru juga dilakukan untuk menarik minat mahasiswa baru untuk bergabung ke KSI.

TM’KSI (Training dan Magang KSI)
merupakan kegiatan Training dan Magang bagi calon anggota baru KSI. TM'KSI dillaksanakan melalui  pendampingan dalam rangka pengenalan mengenai KSI (pemahaman fungsi dari setiap bidang di KSI) dan dunia keilmiahan.

PEDAS (Pintar,Gembira bersama Kader KSI)
PEDAS dilakukan untuk mewujudkan rasa kekeluargaan antarpengurus dan anggota baru KSI. PEDAS menjadi wadah bagi magangers untuk mengembangkan soft skill dalam kepanitiaan dan sharing pengalaman organisasi dan pemberian motivasi organisasi.

AKASIA
merupakan kegiatan DIKLAT yang wajib diikuti bagi magangers KSI untuk menjadi anggota KSI. DIKLAT berisi tentang materi dasar-dasar organisasi dan keilmiahan.

Fia KSI (File Anggota KSI)
Merupakan database seluruh anggota KSI.

Divisi Pengelolaan Pegurus
KSI on FIRE 
Dilaksanakan sebagai pengingat dan penyemangat bagi pengurus agar lebih termotivasi dalam beraktivitas dan meningkatkan kinerja pengurus. KSI on Fire dilaksanakan melalui:
a. Motivasi in Network (SMS + FB)
b. Seuntai KarMot (Kartu Motivasi)
c. Training Motivasi

KSI Award
Merupakan kegiatan pemberian penghargaan bagi pengurus KSI yang dinilai mampu secara luar biasa berkontribusi nyata bagi  KSI periode tersebut. 

ONE HEART
dilakukan untuk menciptakan keakraban dan solidaritas antar pengurus KSI supaya bisa menjalankan program kerjanya dengan baik. One Heart dilaksanakan melalui:
a. Sarasehan Pengurus
b. Kotak CINTA

Up Grading KSI
dilaksanakan sebafai upaya meningkatkan kemampuan managerial organisasi pengurus. Upgrading dilaksanakan dua kali selama periode kepengurusan.

GO FRESH KSI
dilaksanakan sebagai sarana melepaskan kepenatan dan menumbuhkan semangat baru pada pengurus. Go Fresh dilaksanakan melaui kegiatan jalan - jalan bersama, olahraga maupun kegiatan memasak bersama.

Take Care of KSI
merupakan kegiatan pengontrolan keaktivan masing - masing pengurus. 

Bidang POSDM KSI 2014


Ketua Bidang: Latifah Ufairoh Z.Z. (ITP/2011)

Divisi Kaderisasi
Ketua Divisi Kaderisasi: Setya Zulkarnain Wijaya K (D3 AGB PET/2012)

Staff Kaderisasi:
Ananda Saka Prayogo (PET/2012)
Angga Ashari Setyawan (AGB/2013)
Muh Syaiful Adli (ITP/2013)
Niken Diah Ayu Saputri (AGB/2013)
Rizka Nugraheni Putri (AGT/2013)
Risa Rahmawati (AGB/2013)
Dita Wahyuningtyas T (PKP/2013)

Divisi Pengelolaan Pengurus
Ketua Divisi: Nurul Qoyyimah (AGT/2012)

Staff Pengelolaan Pengurus:
Yoga Anung A.  (AGT/2011)
Annisa Dwi Prihatin (PKP/2013)
Fitriana Putri Setyowati (ITP/2013)
Rahmadhani Rizky Arika P. (AGT/2012)
Sonia Alfionika Mega P. (D3/2013)

Bidang Keungan dan Kewirausahaan KSI 2014

Bidang yang berfungsi sebagai pusat pengelolaan administrasi keuangan KSI seacara efektif dan efisien sekaligus melakukan penggalian dana dari berbagai sumber yang halal, sah, dan tidak mengikat.

Visi
Mengupayakan pengelolaan keuangan serta usaha kewirausahaan KSI yang mandiri

Misi

  1. Pengelolaan administrasi keuangan KSI
  2. Mengoptimalkan pengelolaan administrasi keuangan yang efektif dan efisien
  3. Usaha Mandiri KSI
  4. Mengembangkan keterampilan dan jiwa kewirausahaan KSI yang mandiri

Program Kerja Bidang
Kas KSI
Merupakan penarikan iuran kas bulanan dengan nominal tertentu yang sudah disepakati dari pengurus KSI. Uang Kas difungsikan untuk menujang kegiatan - kegiatan KSI selama periode kepengurusan.

Tabungan KSI
merupakan buku tabungan bagi semua pengurus KSI. Tabungan KSI dilakukan dengan besaran nominal dana yang tidak ditentukan besarannya setiap menabung.

Seragam KSI
Seragam KSI dilaksanakan pembuatan PDH KSI. Seragam KSI difungsikan sebagai identitas KSI dan memupuk kekompakan antar pengurus KSI.

Kelas kewirausahaan
Kelas kewirausahaan dilakukan melalui kegiatan pembuatan produk. Peserta kelas kewirausahaan dari mahasiswa FP secara umum dan dari perwakilan UKM Keilmiahan di lingkungan UNS. 

KSI Mart
Dilakukan untuk mendorong jiwa berwirausaha pada mahasiswa. KSI Mart dilakukan melalui pembentukan Kantin Kejujuran, Printer KSI dan penjualan pernak-pernik KSI (Amplop, prangko, bunga, boneka).

KSI Mart Online
Merupakan terobosan penjualan produk KSI  secara online. 

BenBid Days
Merupakan sarana pertemuan bagi bendahara bidang KSI untuk membahas keuangan tiap bidang di KSI.
Bidang Keuangan dan kewirausahaan KSI 2014

Ketua Bidang: Anis Septiyani Solichah (ITP/2011)

Staff:
Makhruf Joko Purwanto (AGB/2012)
Winda Hayuningtyas (AGB/2012)
Nidia Melati (AGT/2012)
Ulfaizah (AGT/2012)
Murtini (PET/2013)
Viviana Puji Rahayu (ITP/2013)
Novia Safitri (AGB/2013)

Bidang Keilmiahan KSI 2014

Merupakan suatu bidang yang menyelenggrakan kegiatan- kegiatan Keilmiahan sebagai wujud pengkaryaan bagi anggota-anggota KSI.

Visi
Sebagai motor penggerak mahasiswa FP dalam bidang keilmiahan dan IPTEK sehingga mampu berprestasi dan bermanfaat bagi masyarakat. 

Misi

  1. Melakukan fungsi pengelolaan aparat internal bidang PIKMA sebagai upaya awal representasi KSI FP UNS sebagai UKK Keilmiahan.
  2. Meningkatkan dan mengoptimalkan budaya keilmiahan di internal pengurus KSI FP UNS pada khususnya dan kalangan mahasiswa FP pada umumnya.
  3. Bekerjasama dengan Bidang KOMINFO untuk meningkatkan publikasi event-event keilmiahan maupun IPTEK di kalangan mahasiswa FP.
  4. Mendampingi kegiatan keilmiahan maupun IPTEK di kalangan pengurus dan angota KSI FP UNS.
  5. Melakukan koordinasi dengan ormawa lain yang berkecimpung dengan bidang keilmiahan dan IPTEK.
  6. Meningkatkan jiwa prestatif dan kompetitif di kalangan internal pengurus KSI FP UNS.

Program Kerja Bidang
SAKSI (Sekolah Ilmiah KSI)
merupakan kegiatan yang diperuntukan bagi pengurus, anggota dan mahasiswa umumnya. Sekolah Ilmiah KSI dilakukan dengan membentuk kelompok - kelompok kecil yang didampingi seorang tentor yang membimbing anggota kelompoknya untuk bisa maju dalam pemikiran keilmiahan. SAKSI menjadi salah satu program unggulan KSI yang diharapkan mampu membentuk jiwa kelmiahan mahasiswa.

DAKSI (Database Karya internal KSI)
Merupakan Database yang berisi data karya dan prestasi dari pengurus dan anggota KSI. Database terdiri atas karya tulis Ilmiah (LKTI), proposal PKM, proposal PMW maupun karya ilmiah lain.

AKSI (Aplikasi Karya KSI)
AKSI merupakan kegiatan aplikasi ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan untuk diaplikasikan dengan praktek secara langsung. AKSI bertujuan untuk menambah ketrampilan mahasiswa untuk membuat produk praktis dari pengetahuan/ ilmu yang didapatkannya.

LAKSI (Lomba Ilmiah KSI)
Merupakan wadah pelombaan penulisan keilmiahan bagi mahasiswa FP. LAKSI juga bisa berupa mini lomba yang diselenggarakan antar pengurus KSI.

FOSIL (Forum Diskusi Keilmiahan)
merupakan wadah unuk pertemuan dan diskusi antar UKKHM di lingkungan FP UNS maupun antar UKM Keilmiahan tiap Fakultas di UNS untuk membahas isu tertentu yang penting dan strategis di bidang pertanian.

MIRIS (Mini Riset)
merupakan bentuk penelitian sederhana baik di dalam laboratorium maupun di luar laboratorium untuk memecahkan suatu permasalahan bidang pertanian.

Bidang Keilmiahan KSI 2014

Ketua Bidang: Annisa Zahrotun Nafiah (Agribisnis/2011)

Staff:
Prakoso Adi (ITP/2012)
Laila Sedyawati (Agribisnis /2012)
Anggarda Paramita I (Agribisnis/2013)
Shara Maharani (Agribisnis/2013)
Nurul Hasanah (Agroteknologi/2013)
Vera Indria (D3 THP/2013)

Bidang Kesekretariatan KSI 2014

Bidang kesekretariatan menjadi sentra pengelolaan administrasi organisasi sekaligus pusat koordinasi kepengurusan KSI dan juga membangun suasana yang kondusif bagi pengurus, serta mengelola ruang KSI  agar terciptanya suasana yang nyaman dan mendukung kegiatan kemahasiswaan.

Visi dan Misi Bidang
1. Visi
Menjadikan kesekretariatan sebagai pusat pengelolaan administrasi dan pusat koordinasi yang mendukung visi KSI

2. Misi
  • Melaksanakan tugas administrasi KSI
  • Melaksanakan rapat-rapat koordinasi antar bidang KSI
  • Pengoptimalan fungsi kesekretariatan KSI


Program Kerja Bidang

taKSI (Tertib Administrasi KSI)
taKSI dilakukan dengan Pengarsipan, Pendataan surat masuk dan surat keluar dalam daftar sirkulasi surat KSI, Dokumentasi foto-foto kegiatan dan notulensi rapat KSI, Penyeragaman kop dan layout surat ataupun dokumen KSI lainnya, serta Pembuatan database pengurus dan anggota KSI dan tool sebagai Personal Information Search Engine.

InPeKSI (Inventarisasi Perlengkapan KSI)
inPeKSI dilaksanakan melalui kegiatan Pendataan ulang aset kekayaan KSI baik jumlah maupun kondisi; Pembuatan database aset kekayaan KSI; Pembuatan buku peminjaman alat;  Perapihan penataan  dan penempatan aset kekayaan KSI; dan Penambahan aset kekayaan KSI

KSI-lib (KSI Library / Perpustakaan KSI)
KSI-lib merupakan perpustakaan mandiri KSI yang berisi arsip Laporan Praktikum, Proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), soal ujian, buku-buku dari alumni dan donatur (dosen, penerbit dan lainnya), serta buku baru tentang pertanian dan umum. Buku-buku di KSI-lib bisa dipinjam sebagaimana di perpustakaan biasa, dengan cara mengisi buku peminjaman. 

KSI-card (Pembuatan ID Card untuk pengurus KSI)
merupakan kartu tanda pengenal pengurus KSI. KSI-card diterbitkan sekali dalam satu masa kepengurusan untuk mendata pengurus KSI pada periode tersebut.

SereaKSI (Sertifikat Pengurus Aktif KSI)
Dilakukan dengan membuat sertifikat dan SK kepengurusan bagi pengurus aktif KSI periode yang bersangkutan. Sertifikat dan SK diberikan sebagai tanda terima kasih atas keaktifan dan ke ikutsertaannya dalam menukseskan program kerja KSI periode yang bersangkutan. 

BeraKSI (Bersih Hijau Sekre KSI)
merupakan kegiatan bersih - bersih di area kantor sekretariat KSI. Termasuk dalam kegiatan BeraKSI adalah pembuatan dan penataan taman di depan sekretariat KSI.

BPO-KSI (Buku Pedoman Organisasi KSI)
BPO KSI dibuat sebagai acuan dalam berbagai kegiatan KSI agar tetap sesuai AD/ART yang telah ditetapkan alam Rapat Anggota KSI.

RAKER (Rapat Kerja KSI)
yaitu rapat untuk menentukan rencana program kerja KSI yang dihadiri oleh   Dewan pengurus dan Dewan Penasihat Pengurus KSI.

RHT (Rapat Harian Terbatas)
merupakan rapat yang dihadiri oleh presidium dan Ketua Umum yang dilakukan dalam kurun   waktu minimal dua minggu sekali secara periodik.

RHL (Rapat Harian Lengkap)
merupakan  rapat yang dihadiri oleh seluruh Dewan Pengurus dan Dewan Penasihat Pengurus   yang dilaksanakan minimal 1 kali dalam satu periode kepengurusan.

Rapat Pleno
Yaitu rapat pertanggungjawaban bidang kepada Ketua Umum yang dihadiri oleh Dewan   Penasihat Pengurus, dan dilaksanakan minimal dua kali dalam satu periode kepengurusan.

RAKSI (Rapat Anggota KSI)
RAKSI yaitu rapat yang mempunyai kekuasaan tertinggi dalam pengambilan      keputusan dan sebagai forum pertanggungjawaban Dewan Pengurus serta   pelaporanpertanggungjawaban kinerja Dewan Penasihat Pengurus kepada anggota.

Bidang Kesekretariatan KSI 2014

Ketua Bidang: Thira Aziza (ITP/2011)

Staff:
Sony Harmuji A. (D3 Hortikultura/20120
Nurul Cholisyoh (ITP/2012)
Nurul Hasanah (Agroteknologi/20120
Tunjung Wayantika (ITP/20130
Anisa Ika Septianingsih (Agribisnis/2013)
Nanik Puji Lestariningsih (Agroteknologi/2012)
Yunita Khusnul Khotimah (Agribisnis/2013)

Bidang KOMINFO KSI 2014

Bidang yang dijadikan sebagai tombak pencitraan KSI serta berperan penting dalam perluasan jaringan baik kedalam maupun keluar, dibagi menjadi 2 Divisi yaitu :
  • Divisi Hubungan Masyarakat : bertugas dalam menjalin hubungan kerjasama dengan pihak luar KSI, meningkatkan citra KSI di mata publik, serta meningkatkan kualitas manajemen organisasi melalui studi banding organisasi keilmiahan.
  • Divisi Media dan Informasi: Bertugas untuk meningkatkan eksistensi KSI di mata publik dan Mengoptimalkan fungsi Pers melalui media cetak maupun media elektronik.
Visi
Membangun citra KSI sebagai lembaga keilmiahan di luar organisasi

Misi
a. Mengeksistensikan keilmiahan KSI di Fakultas Pertanian maupun luar fakultas Pertanian
b. Menjalin silaturahim dengan organisasi keilmiahan lain
c. Menyebarluaskan informasi seputar keilmiahan

Program Kerja BIdang, terdiri dari:

Program Kerja Divisi Hubungan Masyarakat
JAIL (Jalan-jalanIlmiah) KSI
Merupakan bentuk kegiatan studi banding atau kunjungan ilmiah ke instansi di internal maupun eksternal UNS. JAIL juga dilakukan dengan kunjungan ke balai atau instansi pertanian untuk berdikusi dan menambah wawasan anggota KSI.

DELTA (Delegasi Temu Akademisi)
DELTA dilaksanakan dengan mengirim delegasi KSI ke UKKHM FP dan UKM keilmiahan di UNS untuk membuat jadwal temu diskusi bersama. DELTA dilaksanakan dengan tujuan mengenal persamaan dan perbedaan organisasi keilmiahan di lingkup UNS serta menjalin silaturahim antar UKK/HM dan UKM di UNS.

Your CD (Your Special Day)
Dilaksanakan dengan tujuan menunjukkan rasa kepedulian KSI terhadap event-event yang terjadi di lingkungan KSI. Your CD dilaksanakan dalam bentuk ucapan/ kenang-kenangan ulang tahun, wisuda, pelantikan dan prestasi yang dicapai pengurus dan anggota KSI.

Program Kerja Divisi Media dan Informasi
Berlin (Cyber Line)
merupakan unit yang membetuk pencitraan KSI melalui media online. Berlin dilaksanakan untuk memberikan informasi yang up to date melalui Sosial Media, Blog dan Web; Memperoleh Informasi keilmiahan dan dunia kampus dari media online; Pengenalan dan pencitraan KSI secara luas melalui pengelolaan Blog,  Web dan Media Sosial secara terarah; dan Sebagai sarana informasi dan komunikasi keilmiahan melalui Media Sosial Facebook dan Twitter

Berlin dilaksanakan melalui dua kegiatan yaitu:
  1. For Me Line (Informasi Media Online) : Pengelolaan Website dan Blog KSI.
  2. EKSIS (Expose KSI at Social Media) : Publikasi Informasi up date di Social Media seperti Facebook dan Twitter.
Prime (Printing Media)
merupakan unit yang melakukan pencitraan melalui publikasi media cetak berupa buletin dan majalah dinding. Prime bertujuan untuk memberikan informasi seputar keilmiahan dan dunia kampus; Membuka wacana dan sebagai informasi; Menyampaikan masalah yang pentingterkait dunia pertanian/ keilmiahan; dan mencitrakan KSI di kalangan civitas  melalui mading.

Prime dilaksanakan melalui kegiatan berikut:
  1. SiSuKa (Informasi Seputar Keilmiahan) : Penempelan informasi- informasi tentang artikel ilmiah, info lomba, dan update kegiatan KSI melalui papan mading KSI dan papan mading di setiap gedung FP UNS.
  2. Soimah (Sekilas Informasi Mahasiswa Ilmiah) : Pembuatan Leaflet buletin dan pendistribusiannya ke civitas akademika FP dan khalayak lewat UKK/ HM, kelas, jurusan, dll.
Bidang KOMINFO KSI 2014


Ketua Bidang :  Aristyana Nur tri Wardani    (Agribisnis/ 2011)

Ketua Divisi Hubungan Masyarakat : Surya Aditya (Peternakan/2012)

Staff:
Assifa Rahma Khoirunnisa   (IlmuTeknologi Pangan/2013)
Aulia Rahmawati      (Agribisnis/2013)
Maratus Sholihah    (Agribisnis/2013)
Lilik Nikmaturohmah  (Agribisnis/2012)
Alpriani Lestari    (Agribisnis/2013)

Ketua Divisi Media dan Informasi : Muhammad Arifin (Agroteknologi/ 2012)

Staff:
Audina Yuniarsanty (Agribisnis/ 2012)
Nestri Yuniardi (Agroteknologi/2012)
Rina Siswanti  (Agroteknologi/2013)
Nanda Sarawati (D3/ 2013)
Nining Winarsih (Agroteknologi/ 2013)