Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2016

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PKM FP UNS 2016

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2016

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2016 periode tahun 2016-2017 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2016 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Friday, November 30, 2012

Cara Membudidayakan Jamur dengan Media Kapas

Empat pekerja sibuk membolak-balik limbah kapas di lahan kosong di samping kantor Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Senin (28/3). Lahan itu berada di Desa Bulakamba, Kecamatan Bulakamba. Satu di antara mereka menaburkan bekatul, di atas tumpukan limbah kapas.

Siang itu, mereka tengah membuat fermentasi limbah kapas, yang akan digunakan sebagai media menanam jamur merang. Selain menggunakan bekatul, fermentasi juga dilakukan dengan menambahkan kapur pertanian (kaptan) pada limbah kapas.

Thursday, November 29, 2012

TEKAD 2012

Heloo kawan kawan, saya kembali lagi memberikan informasi menarik nih,


TEKAD 2012. Taukan ? TEKAD kepanjangan dari Temu Kader. Serangkaian acara menarik untuk menjalin silaturrahim antara kader KSI, anggota, pengurus dan alumni.
TEKAD kali ini betemakan  :
"MEMETIK INSPIRASI DAN MOTIVASI DALAM SILATURRAHMI"
Bersama :

  1. Agung Wiboso, SP. Msi
  2. Titik Kartiyani, SP
  3. Muh. Biasafil SN
Acaranya pada hari Sabtu, 01 Desember 2012 Pukul 08.00-Selesai Tempat Aula Fakultas Pertanian UNS

Fasilitas :

  • Snack
  • Makan Besar
  • Sticker, and.....
  • HAVE FUN :D

Dan tentunya ini GRATISSSSSSSSS..... tanpa dipungut biaya apapun, OKE KAN?? yohohoh xD
Makanya buruan daftar dan berpartisipasi dalam acara TEKAD 2012
Untuk Pendaftaran :
Ketik (Nama)_(NIM)
Kirim ke 087717157359
Contoh : Zaki_H0501205


Informasi Lebih lanjut hubungi : Rizky : 087717157359 dan Nurul: 085725001958

KSI , Where Science Can Be Fun

and BERSAMA KSI , TUNJUKKAN KALAU KITA PUNYA AKSI !!!

Cara Mengatasi Hama Ulat Bulu

Pertumbuhan ulat bulu yang sangat cepat diperkirakan bakal menjalar ke sejumlah daerah lain di sekitar Kabupaten Probolinggo. Ini disebabkan fase perubahan cuaca yang masih akan berlangsung dalam satu atau dua bulan mendatang. Saat ini,

Dinas Pertanian Probolinggo mencatat ulat bulu telah menyebar di 60 desa pada delapan kecamatan.Kedelapan kecamatan itu Leces, Tegalsiwalan, Bantaran, Sumberasih, Wonomerto, Dringu, Banyuanyar,dan Tongas.

Sunday, November 18, 2012

Talkshow Lingkungan Hari Pohon Sedunia


Hadiri dan ikuti Talkshow Lingkungan dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia yang bakan diselenggarakan oleh Kelompok Studi Ilmiah Fakultas Pertanian Indonesia bekerjasama dengan Komunitas Forum Solo Hijau Surakrta yang akan dilaksanakan:
Hari/Tanggal : Rabu, 21 November 2012
Waktu          : 15.00 WIB - Selesai
Tempat         : Depan Gedung BEM FP UNS

Menghadirkan:
  1. Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si (Ahli Biodiversitas FMIPA UNS)
  2. Budi Prajitno (Ketua Solo Berkebun)
  3. Ir. Luluk Nurhayati (Badan Lingkungan Hidup Kota Surakarta)P
  4. Mayor Haristanto (Koordinator Republik Aeng-Aeng)

Fasilitas: Snack dan Doorprize
Langssung datang ke tempat.....

GRATIS....!!!

Friday, November 16, 2012

Pengumunan Hasil PKM -GT dan -AI Yang Berhasil didanai

Berikut Pengumuman Hasil PKM GT dan AI yang berhasil lolos dan didanai oleh Dikti




Dan SELAMAT buat ketum KSI yang bernama Mas Shodiq Shaifuloh kita yang telah lolos PKM GT . :D
Omedetou~

Petani Jepang Gantikan Pestisida dengan Bebek

TEMPO.CO , Tokyo - Siapa bilang bercocok tanam wajib menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya? Tanpa banyak bicara, Takao Furuno, warga Desa Keisen, Pulau Kyushu, Jepang, mematahkan premis itu.

Belajar pada sistem bercocok tanam kuno tradisi leluhurnya, pria berusia 61 tahun ini mengolah enam ha lahan pertaniannya tanpa pestisida. Dengan catatan khusus: panennya selalu berhasil dan ia mendapatkan penghasilan tambahan dari beternak bebek.

Bebek? Pria ini terkekeh saat menjelaskannya. Dalam tradisi lama para petani Jepang, mereka melibatkan  bebek dan puluhan burung-burung sebagai tenaga patroli hama. Unggas ini memakan serangga dan gulma tanpa mengusik tanaman. Mereka juga memastikan oksigenisasi air dan menyuburkan tanah dengan kotorannya.

Furuno telah memotong biaya produksi dan meningkatkan hasil hampir sepertiga dibandingkan dengan tetangganya yang menggunakan pupuk kimia. Di akhir masa tanam, ia menjual padi dan bebeknya sekaligus.

Oh ya, Furuno kini juga mendapat penghasilan lain, yaitu dari royalti buku. Sebuah penerbit, memintanya menulis teknik bertani dengan melibatkan unggas. Tahun 2000, bukunya diterbitkan. Kini, buku Furuno tak hanya laris manis di Jepang, namun menjajah mancanegara hingga ke Prancis. Uji coba yang dilakukan petani Camargue, Prancis, dari bukunya, terbukti efektif. Furuno pun diundang untuk berbagi ilmu secara langsung.

Thursday, November 15, 2012

Sayembara Cerpen Majalah KUNTUM

Sayembara Cerpen Majalah KUNTUM

Gebyar Sastra Kartunet 2012: kompetisi menulis cerpen, puisi, cerita lucu tentang disabilitas berhadiah total 18jt
Iklan by: Kartunet.com
Majalah remaja KUNTUM mengundang segenap pencinta dunia fiksi untuk ikut dalam kompetisi cerpen ini. Adapun ketentuan perlombaan sebagai berikut :
  1. Terbuka untuk umum (pelajar, mahasiswa, umum, baik dalam maupun luar negeri). 1 peserta hanya boleh mengirimkan 1 karya.
  2. Tema cerpen bebas, pastinya yang mengajak pada kebaikan dengan panjang naskah 800 kata. 
  3. Naskah bersifat orisinil, belum pernah dipublikasikan di media manapun (cetak maupun online), juga tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain. 
  4. Setiap peserta wajib me LIKE fanspage Majalah Kuntum http://www.facebook.com/pages/Majalah-Kuntum/257514610979311 dan FOLLOW twitter @MajalahKuntum, serta berteman dengan PJ Lomba Triana Chandraningrum http://www.facebook.com/triana.candraningrum
  5. Setiap peserta wajib memposting informasi lomba ini melalui note di akun FB pribadinya dengan mencantumkan salah satu foto Cover Majalah Kuntum (http://www.facebook.com/media/set/edit/a.435171839880253.108918.257514610979311/) edisi mana saja dan mentag note tersebut kepada minimal 25 orang teman (termasuk PJ Lomba )
  6. Di bawah naskah cerpen dilengkapi dengan nama lengkap, alamat lengkap dan nomor kontak yang bisa dihubungi. 
  7. Naskah ditulis di note FB peserta dengan mentag sebanyak-banyaknya teman dan dikirim melalui email majalah_kuntum@yahoo.com paling lambat tanggal 20 Desember 2012 
  8. Panitia berhak mendiskualifikasi naskah yang tidak sesuai dengan ketentuan
  9. Ketentuan Dewan Juri Tidak dapat diganggu gugat.
  10. Naskah yang sudah diterima menjadi hak Majalah Kuntum
Juara 1, 2, 3 dan naskah terbaik dipilih berdasarkan kriteria penilaian yang ditetapkan, sementara pemenang favorit dipilih berdasar jumlah ‘like’ terbanyak.
 
Hadiah sebagai berikut:
  • Juara 1: Rp. 300 ribu + Piagam Penghargaan + Paket Berlangganan Majalah KUNTUM selama 1 tahun
  • Juara 2: Rp. 200 ribu + Piagam Penghargaan + Paket Berlangganan Majalah KUNTUM selama 6 bulan 
  • Juara 3: Rp. 100 ribu + Piagam Penghargaan + Paket Berlangganan Majalah KUNTUM selama 3 bulan 
  • 1 Cerpen terfavorit : Rp. 50 ribu + Piagam Penghargaan + Paket Berlangganan Majalah KUNTUM selama 3 bulan 
  • 10 naskah terbaik akan diterbitkan di Majalah KUNTUM (dengan mendapat reward yang semestinya) 
  • 25 naskah terbaik akan diterbitkan menjadi sebuah buku antologi cerpen. 
  • Seluruh peserta akan mendapatkan piagam penghargaan online.
Info kiriman majalahkuntum via twitter
Kunjungi web penyelenggara: http://www.kuntum.net
NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo

Wednesday, November 14, 2012

MANFAAT BUAH BELIMBING WULUH


Buah Belimbing Wuluh adalah buah yang rasanya asam dan sedikit kecut,tapi sebelum melanjutkan postingan ini sebaiknya ada baca terlebih dahulu mengenai Khasiat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh yang tadinya saya posting.

Berikut ini adalah beberapa khasiat dari buah dan daun belimbing wuluh untuk tanaman obat :

Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Tubuh

Sakit Gondongan
Ambil setengah genggam daun belimbing wuluh dan tumbuk bersama dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagian yang gondongan.


Obat Batuk

Di sini ada dua cara. Yang pertama, rebus daun, bunga, dan buah belimbing wuluh dalam jumlah yang sama dalam air yang mendidih selama setengah jam. Minum airnya. Sedang untuk cara kedua, ambil segenggam daun belimbing wuluh, segenggam bunganya, serta dua buah belimbing wuluh. Rebus dengan 2 gelas air bersama gula batu hingga airnya sisa setengah. Saring dan minum 2 kali sehari.



Diabetes
6 buah belimbing wuluh dilumatkan lalu direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari.

Rematik
Cuci segenggam daun belimbing wuluh. Tumbuk sampai halus dan tambahkan kapur sirih lalu gosokkan ke bagian yang sakit.

Sariawan
Rebus 10 kuntum bunga belimbing wuluh, asam jawa, dan gula aren dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 3/4 bagian. Saring lalu minum dua kali sehari.

Sakit Gigi
Cuci 5 buah belimbing wuluh lalu kunyah dengan garam. Ulangi beberapa kali sampai hilang rasa sakitnya.

Sekedar tambahan, bagi penderita sakit maag sebaiknya TIDAK mengkonsumsi belimbing wuluh
dan sekian perjumpaan kali ini mengenai Khasiat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh moga bermanfaat.

Sumber : khasiatbuah.com

Tuesday, November 13, 2012

Jalan Jalan Imiah ke Gama Cendekia dan Pers Vacation ke Pantai Samas

Helooo Minna~ ,, apa kabar?? 
Ini loo temen temen, cuma memberitahukan bahwa kemaren tanggal 11 November 2012 Team Humas KSI divisi PR dan Med Info mengadakan acara jalan -jalan Ilmiah ke Gama Cendekia dan Pers Vacation di Pantai Samas. Acara yang diselenggarakan hari minggu ini di ikuti sekitar 30 pengurus KSI dan 5 Magangers KSI ini Alhamdullilah berjalan lancar. Kami merasa sangat senang karena disana kami di sambut dengan hangat oleh teman-teman kami dari Gama Cendekia. Kami para pengurus KSI dan magangers bertemu dengan presiden dan para sekjend beserta jajarannya membahas tentang pengenalan para pengurus, pengenalan UKM dan struktur keorganisasian masing-masing UKM dari Gama Cendekia dan KSI. Kami berbagi ilmu dan sharing dengan UKM Gama Cendekia yang berakhir dengan foto bersama di Gedung Pasca Sarjana UGM.
Foto :

Sekilas tentang Gama Cendekia : 
Gama Cendekia adalah Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang mengkaji dan meneliti permasalahan pada berbagai disiplin ilmu secara ilmiah. Gama Cendekia didirikan pada hari Sabtu, 28 September 2002 berkedudukan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan dikukuhkan oleh SK REKTOR pada tanggal 28 September 2004.

Gama Cendekia mempunyai fungsi untuk membentuk mahasiswa Universitas Gadjah Mada menjadi insan akademis yang profesional di bidangnya, berwawasan luas, berbudi pekerti luhur, berjiwa pemimpin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kerangka keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh Gama Cendekia mulai dari pengembangan kompetensi anggota, pengabdian kepada masyarakat, dan ikut serta dalam hubungan antar lembaga pengkajian dan penelitian interdisipliner dalam taraf nasional. Pengembangan kompetensi anggota dapat dalam bentuk diskusi rutin, pelatihan kepenulisan, dan penanaman sifat profesional dalam kegiatan sehari-hari. Kegaiatan Pengabdian kepada masyarakat berupa mengerjakan beberapa proyek-proyek hibah pengabdian masyarakat dan juga ikut melaksanakan kegiatan yang bersinggungan langsung dengani masyarakat. Yang saat ini Periode 2012-2013 ini Gama Cendekia UGM dipimpin oleh Ahmat Sahri Fakultas Ekonomi UGM.

Kemudian, setelah berkunjung ke Gama Cendekia selanjutnya acara kedua yaitu Pers Vacation on Samas Beach. Sekitar jam 14.00 WIB kami  langsung menuju pantai Samas. Pantai Samas terletak di sebelah barat pantai Parangtritis, tepatnya di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, sekitar 14 (empat belas) kilometer arah selatan Kota Bantul. Dari Yogyakarta, Anda dapat menuju ke arah barat daya kurang lebih sejauh 35 (tiga puluh lima) kilometer dari pusat Kota Jogja. Kami disana bersenda gurau dengan sesama pengurus dan para magangers betapa sangat serunya ketika berwisata di pantai samas. Tetapi tidak lupa kami juga membuat artikel tentang Pantai samas untuk keperluan Pers Release. Yang di akhiri dengan foto-foto bersama dengan pengurus dan para Magangers. 
Foto :

Terima Kasih Teman Teman Sekalian Yang Telah Ikut Berpartisipasi Dalam Acara yang telah diselenggarakan oleh Humas PR -  MedInfo. :)



Thanks to :                                                                     Presented by :
Gama Cendekia UGM
Kelompok Studi Ilmiah FP UNS
     

Monday, November 12, 2012

NYIRIH TABIR SURYA & ANTI KANKER



NYIRIH   TABIR SURYA & ANTI KANKER


Batang dan biji Nyirih ( Xylocarpus Granatum) diparut hingga halus lalu dicampur dengan tepung beras.    Campuran kedua bahan tadi kemudian dioleskan pada bagian muka dan kulit yang terpapar sinar matahari.    Selain itu ramuan akar Nyirih oleh masyarakat di Ternate, Maluku digunakan untuk mengatasi benjolan diperut.’Saya menduganya itu kanker,” ucap Linawati Hardjito, Kepala Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP) IPB.

Saturday, November 10, 2012

Manfaat Buah Sirsak / Sirsat Sebagai Obat Kanker


Manfaat Buah Sirsak / Sirsat Sebagai Obat Kanker, DLL
Berikut uraian kandungan gizi dan kegunaan buah, bunga dan biji  sirsak / sirsat untuk kesehatan terutama untuk pengobatan kanker, ambeien, sakit liver, bisul, eksim, rematik, sakit pinggang, dll

Nama Umum : Buah sirsak / sirsat
Nama Latin :  Annona muricata L

Friday, November 9, 2012

Panduan Menulis Jurnal Ilmiah


Ada banyak panduan yang bisa membantu Anda dalam menulis sebuah jurnal ilmiah. Panduan yang satu ini, mungkin bisa dijadikan referensi.

Format umum untuk jurnal ilmiah biasanya terdiri dari:
1. Judul;
2. Abstrak;
3. Pendahuluan;
4. Bahan dan metode;
5. Hasil;
6. Pembahasan;
7. Kesimpulan;
8. Daftar pustaka.

1. Judul
Setiap jurnal ilmiah harus memiliki judul yang jelas. Dengan membaca judul, akan memudahkan pembaca mengetahui inti jurnal tanpa harus membaca keseluruhan dari jurnal tersebut. Misalnya, judul "Laporan Lab Biologi". Dengan judul seperti ini, maka tidak ada pembaca yang mau membacanya karena tidak menggambarkan isi jurnal. Contoh judul yang jelas, misalnya "Pengaruh Cahaya dan Suhu terhadap Pertumbuhan Populasi Bakteri Escherichia Coli". Judul ini sudah sedikit banyak melaporkan isi dari jurnal.

2. Abstrak
Abstrak berbeda dengan ringkasan. Bagian abstrak dalam jurnal ilmiah berfungsi untuk mencerna secara singkat isi jurnal. Abstrak di sini dimaksudkan untuk menjadi penjelas tanpa mengacu pada jurnal.
Bagian abstrak harus menyajikan sekitar 250 kata yang merangkum  tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Jangan gunakan singkatan atau kutipan dalam abstrak. Pada abstrak harus dapat berdiri sendiri tanpa catatan kaki. Abstrak ini biasanya ditulis terakhir. Cara mudah untuk menulis abstrak adalah mengutip poin yang paling penting di setiap bagian jurnal. Kemudian menggunakan poin-poin untuk menyusun sebuah deskripsi singkat tentang studi Anda.

3. Pendahuluan
Pendahuluan adalah pernyataan dari kasus yang Anda diselidiki, yang memberikan informasi kepada pembaca untuk memahami tujuan spesifik Anda dalam kerangka teoritis yang lebih besar. Bagian ini juga dapat mencakup informasi tentang latar belakang masalah, seperti ringkasan dari setiap penelitian yang telah dilakukan dan bagaimana sebuah percobaan akan membantu untuk menjelaskan atau memperluas pengetahuan dalam bidang umum. Semua informasi latar belakang yang dikumpulkan dari sumber lain harus menjadi kutipan.

Catatan: Jangan membuat pendahuluan terlalu luas. Ingat saja bahwa Anda menulis jurnal untuk rekan yang juga memiliki pengetahuan yang sama dengan Anda.

4. Bahan dan Metode
Bagian ini menjelaskan ketika percobaan telah dilakukan. Peneliti menjelaskan desain percobaan, peralatan, metode pengumpulan data, dan jenis pengendalian. Jika percobaan dilakukan di alam, maka penulis menggambarkan daerah penelitian, lokasi, dan juga menjelaskan pekerjaaan yang dilakukan.  Aturan umum yang perlu diingat adalah bagian ini harus memaparkan secara rinci dan jelas sehingga pembaca memiliki pengetahuan dan teknik dasar agar bisa diduplikasikan.

5. Hasil
Di sini peneliti menyajikan data yang ringkas dengan tinjauan menggunakan teks naratif, tabel, atau gambar. Ingat hanya hasil yang disajikan, tidak ada interpretasi data atau kesimpulan dari data dalam bagian ini. Data yang dikumpulkan dalam tabel/gambar harus dilengkapi teks naratif dan disajikan dalam bentuk yang mudah dimengerti. Jangan ulangi secara panjang lebar data yang telah disajikan dalam tabel dan gambar.  

6. Pembahasan
Pada bagian ini, peneliti menafsirkan data dengan pola yang diamati. Setiap hubungan antar variabel percobaan yang penting dan setiap korelasi antara variabel dapat dilihat jelas. Peneliti harus menyertakan penjelasan yang berbeda dari hipotesis atau hasil yang berbeda atau serupa dengan setiap percobaan terkait dilakukan oleh peneliti lain. Ingat bahwa setiap percobaan tidak selalu harus menunjukkan perbedaan besar atau kecenderungan untuk menjadi penting. Hasil yang negatif juga perlu dijelaskan dan mungkin merupakan sesuatu yang penting untuk diubah dalam penelitian Anda.

7. Kesimpulan
Bagian ini hanya menyatakan bahwa peneliti berpikir mengenai setiap data yang disajikan berhubungan kembali pada pertanyaan yang dinyatakan dalam pendahuluan. Dengan mengacu pada bagian pendahuluan dan kesimpulan, seorang pembaca harus memiliki ide yang baik dari penelitian ini, meski pun hanya rincian spesifik.

8. Daftar Pustaka
Semua informasi (kutipan) yang didapat peneliti harus ditulis sesuai abjad pada bagian ini. Hal tersebut berguna untuk pembaca yang ingin merujuk pada literatur asli. Perhatikan bahwa referensi yang dikutip benar-benar disebutkan pada jurnal Anda.

Selamat menulis!

Sumber : kompas.com

Thursday, November 8, 2012

Manfaat Bunga Rosella


KHASIAT TEH MERAH BUNGA ROSELLA...

Warnanya yang cantik tanpa zat pewarna, rasanya sedikit masam, manis bercampur nikmat alami lagi. Ternyata dibalik kelezatanya, teh merah mempunyai beribu khasiat yang luar biasa banyaknya. Apalagi setelah diadakan beberapa penelitian di beberapa perguruan tinggi ternama, dan laboratorium. Hasilnya sungguh mengejutkan, banyak sekali manfaat dan khasiat pada teh merah, yang tidak di temukan pada teh teh yang lain. Hal inilah yang membuat nama teh merah booming di masyarakat, tidak hanya di Indonesia tapi sudah tersebar ke manca negara.   Spesial yang ingin tampil fit, awet muda & ideal. Ternyata kesehatan sangat berharga dibanding segalanya. Tanpa kesehatan hidup ini pastilah kurang berarti. Jaga kesehatan sejak sekarang. Tubuh manusia sangat rentan terhadap berbagai macam racun & radikal bebas yang terbentuk dari proses metabolisme di dalam tubuh. Dari luar tubuh, racun yang masuk bisa berasal dari asap kendaraan, polusi udara, makanan berpengawet, zat pewarna makanan, sayuran pestisida, makanan yang mengandung bahan kimia lainnya.

Wednesday, November 7, 2012

Database PKM KSI 2012

Silahkan bagi temen-temen baik itu magangers KSI, anggota KSI, maupun pengurus KSI tuk berpartisipasi aktif dalam pengisian formulir Database PKM KSI 2012. HArapannya dengan adanya Database PKM KSI 2012 dapat menjadikan KSI sebagai UKM Keilmiahan yang berkompeten. Serta siapapun yang menginginkan untuk memiliki pustaka PKM KSI dapat berkunjung ke sekre KSI FP UNS.

Tuesday, November 6, 2012

KUCAI ANTI HIPERTENSI


Kesembuhan diperoleh seorang penderita hipertensi di Bandung setelah mengkonsumsi air rebusan kucai selama 2 bulan. Ia merebus 200 gram kucai dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa segelas. Ramuan itu ia minum 3 kali sehari usai makan hingga ia sembuh. Ekstrak kucai terbukti menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Kucai menurunkan 28,67 mmHg tekanan darah sistolik, 4,64 mmHg tekanan darah diastolik. Jika dosis diperbesar menjadi 500 mg, kucai menurunkan tekanan sistolik 13,31 mmHg dan diastolik 4,64 mmHg. Khasiat antihipertensi kucai disinyalir berkat kandungan senyawa tetrametiloksamida dan ester 17-etadekadesenil. Efek itu sebanding dengan atenolol--zat penurun tensi yang lazim diresepkan dokter kepada para pasien--pada dosis 25 mg.

Sunday, November 4, 2012

BUNGUR ANTI DIABETES


Bungur secara empiris ampuh mengendalikan diabetes. Pengidap diabetes mellitus dapat merebus 8 daun bungur segar dalam 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa segelas. Setelah dingin disaring, lalu minum sekaligus pada pagi hari. Terbukti dengan riset Putu Pramitasari dari Fakultas Farmasi Universitas Surabaya. Ia memberikan infus daun bungur berkonsentrasi 10% dan 20% dengan takaran 5 ml/kg bobot tubuh pada kelinci. Hasilnya, kadar gula satwa percobaan itu turun.

Saturday, November 3, 2012

Konsep Pertanian Organik


Organik, berasal dari akar kata organ. Seperti yang kita ketahui, organ adalah bagian dari tubuh yang memiliki fungsi khas untuk mendukung kehidupan. Yang saya garis bawahi tadi adalah kata kunci dari pertanian organik.

Sayangnya, pertanian organik (dan produknya) seringkali dipahami dengan sempit. Asal pakai pupuk kandang, tanpa pestisida sintetis, atau sudah sesuai dengan standar deptan…maka produk langsung bisa diklaim sebagai organik. Padahal tidaklah demikian.

Thursday, November 1, 2012

Pertanian Mesir

Republik Arab Mesir yang terletak di timur laut Benua Afrika ini memiliki luas 1.001.450 Km2 mencakup Semenanjung Sinai dan sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika Utara. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, jalur Gaza dan Israel di utara-timur. Perbatasannya dengan perairan adalah Laut Tengah di utara dan Laut Merah di timur.

Mesir dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki suhu dan terik matahari tertinggi di dunia dengan suhu rata-rata pada Mei – September mencapai 38o C. Pada musim panas, untuk daerah-daerah gurun, suhunya antara 7 - 43oC, dan bahkan di musim dingin mencapai 0oC.  Curah hujan di negeri ini relatif rendah dengan rata-rata 18 mm per tahunnya yang berkisar dari 0 mm di daerah gurun hingga 200 mm di daerah utara pesisir Laut Tengah.