Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2016

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PKM FP UNS 2016

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2016

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2016 periode tahun 2016-2017 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2016 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Wednesday, October 31, 2012

Melati Si Puspa Bangsa

Bunga melati (Jasminum sambac) merupakan bunga yang tak pernah lekang dimakan waktu. Salah satu puspa bangsa ini begitu lekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. Bunga melati dengan bentuknya yang mungil, warnanya yang putih dan baunya yang harum merupakan simbol kesucian, keelokan budi dan kesederhanaan. Bunga melati bermanfaat sebagai bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh. Bunga melati memiliki kandungan sejumlah senyawa kimia penting seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon yang banyak digunakan sebagai obat demam, sakit kepala, sesak nafas, radang ginjal, sengatan lebah dan sebagainya.

Tuesday, October 30, 2012

Bertani di Lahan Pasir Pantai

Peningkatan penduduk yang cepat menyebabkan jumlah bahan pangan yang diperlukan manusia juga akan semakin bertambah, namun dalam kenyataannya peningkatan produksi pangan dunia tidak mampu untuk mengejar kecepatan pertambahan penduduk. Akibat lain dari pertambahan penduduk adalah diperlukannya lahan yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan manusia akan tempat tinggal, sehingga lahan pertanian semakin jauh berkurang. Apalagi saat ini sangat banyak lahan subur pertanian dialih fungsikan sebagai tempat aktivitas selain pertanian.
Mengingat masalah tersebut, salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah perluasan areal pertanian ke arah lahan marjinal. Lahan marjinal merupakan lahan yang bermasalah dan mempunyai faktor pembatas tinggi untuk tanaman. Salah satu lahan marjinal yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan di Indonesia adalah lahan pantai, sebab Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beribu-ribu pulau sehingga memiliki pantai yang sangat luas. Indonesia memiliki panjang garis pantai mencapai 106.000 km dengan potensi luas lahan 1.060.000 ha, secara umum termasuk lahan marginal. Berjuta-juta hektar lahan marginal tersebut tersebar di beberapa pulau, prospeknya baik untuk pengembangan pertanian namun sekarang ini belum dikelola dengan baik. Lahan-lahan tersebut kondisi kesuburannya rendah, sehingga diperlukan inovasi teknologi untuk memperbaiki produktivitasnya.

Monday, October 29, 2012

PERTANIAN ORGANIK VS HIDROPONIK

Saat ini semakin banyak perdebatan mengenai mana yang lebih baik, apakah hasil tanaman organik atau hidroponik. Perdebatan yang cukup kompleks dikalangan masyarakat bahkan pelaku bisnis pertanian ini muncul  karena semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan hasil pertanian yang aman dan baik bagi manusia dan alam, yang bahkan kemudian paradigma ini kian menjadi tren.
Saat ini masyarakat semakin tertarik dengan makanan yang berlabel organik. Bahkan bukan hanya makanan sekarang ini segala sesuatu yang berlabel organik selalu laris manis dan di cari orang dipasaran, Contohnya :beras organik, buah dan sayur organik, kosmetik organik, shampo organik bahkan tas dan pakaian organik menjadi buruan dan tren di masyarakat.

Sunday, October 28, 2012

Primo PDF (Untuk Menggabungkan File2 PKM dalam 1 File PDF)

HEI TEMAN TEMAN,, ini udah mulai pendaftaran pkm ke MAWA looo ,, ada info baru niihhh. cek this out!

1. Cara menggabungkan file file PKM dalam satu file yaitu PDF
download disini : KLIK ME!!! untuk tutorialnya disini : KLIK ME!!!
2. Panduan pendaftaran PKM ke MAWA
download panduan disini KLIK ME!!

BURUAN MENDAFTAR YA KAWAN KAWAN :) . Dateline 9 November 2012
Sumber : http://forumpkm.uns.ac.id/

Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012

Peringatan Hari Sumpah Pemuda - Sumpah Pemuda merupakan salah satu momen penting bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945..

Kita sebagai generasi penerus harus bangga terhadap semua jerih payah para pemuda yang mempunyai tekad kuat untuk mengikrarkan sebuah sumpah yang menjadi sebuah komitmen warga Indonesia. Dari momen inilah bangsa Indonesia di satukan untuk menghentikan tindasan para penjajah. Berikut sebuah puisi sebagai bentuk apresiasi terhadap momen peringatan sumpah pemuda 28 Oktober 2012, mudah - mudahan bisa menjadi motivasi kita untuk membangun generasi muda yang tangguh dan mempunyai jiwa Nasionalisme.

Saya menggaris bawahi poin ketiga SMPAH PEMUDA yaitu 
Ketiga : Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia.
Maka dengan ini orang Alay , mereka pantas untuk dibumi hanguskan dari negeri tercinta itu karena orang Alay tidak akan mengaku bahwa Indonesia berbahasa satu yaitu BAHASA INDONESIA.

 SELAMAT MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER 2012 
DARI PEMUDA INDONESIA UNTUK INDONESIA

SEMANGAT PEMUDA INDONESIA
 
-Team KSI

Teknik Budidaya Asparagus (Asparagus officinalis.)


A. Iklim
    Tanaman Asparagus sangat baik tumbuh pada daerah pegunungan tropic, yaitu dengan suhu antara 10-13ÂșC, sedangkan untuk daerah perbukitan ketinggian antara 200-1900 m diatas permukaan laut (dpl). Faktor suhu memang cukup berperan terutama berpengaruh terhadap pertumbuhan individu baru.
B. Tanah
Agar produksi rebung asparagus memuaskan, selain harus ditanam didaerah yang beriklim cocok, tanah juga mempunyai peranan penting. Beberapa jenis tanah yang cocok untuk tanaman asparagus di Indonesia, misalnya: Podsolik merah kuning Dengan curah hujan antara 2.500-3.500 mm setahun tanpa bulan kering. Ketinggian antara 20-1.000 m dpl, ketebalan tanah antara 1-2 m. Bewarna merah kuning dengan tekstur lempung berpasir sampai lempung liat. pH 3,5-5,0.

Saturday, October 27, 2012

Tanam Padi Metode S.R.I. (System of Rice Intensification)


Pendahuluan
S.R.I. adalah teknik budidaya padi yang mampu meningkatkan produktivitas padi dengan cara mengubah pengelolaan tanaman, tanah, air, dan unsur hara. Metode S.R.I. ini terbukti telah berhasil meningkatkan produktivitas padi sebesar 50 % bahkan di beberapa tempat mencapai lebih dari 100 %.
Teknik S.R.I. ini telah berkembang di 36 negara antara lain Indonesia, Kamboja, Laos, Thailand, Vietnam, Bangladesh, Cina, Nepal, Srilanka, Gambia, Madagaskar dan lainnya.
Dalam budidaya padi metode S.R.I. ini ada beberapa prinsip yang menjadi ketentuan, yaitu :
a.    Tanam bibit muda berusia kurang dari 12 hari setelah sebar (hss) ketika bibit masih berdaun 2 helai.
b.    Tanam bibit satu lubang satu batang dengan jarak tanam biasa 25 Cm x 25 Cm, 30 Cm x 30 Cm atau legowo 2.
c.    Pindah tanam harus hati-hati karena batang masih lemah dan akar tidak putus dan ditanam tidak dalam.
d.    Pemberian air maksimal 2 Cm dengan cara intermitten (berselang).
e.    Penyiangan sejak awal pada umur 10 hari dan diulang sampai 3 kali dengan interval 10 harian.
f.    Upayakan menggunakan pupuk organik.
Kelebihan S.R.I. dibandingkan dengan tanam padi secara biasa petani (konvensional) adalah :
a.    Tanaman hemat air.
b.    Hemat biaya benih.
c.    Hemat waktu karena panen lebih awal.
d.    Produksi bisa meningkat.

Friday, October 26, 2012

Budidaya Sapi Potong


I. Pendahuluan.
Usaha peternakan sapi potong mayoritas masih dengan pola tradisional dan skala usaha sambilan. Hal ini disebabkan oleh besarnya investasi jika dilakukan secara besar dan modern, dengan skala usaha kecilpun akan mendapatkan keuntungan yang baik jika dilakukan dengan prinsip budidaya modern. PT. NATURAL NUSANTARA dengan prinsip K-3 (Kuantitas, Kualitas dan Kesehatan) membantu budidaya penggemukan sapi potong baik untuk skala usaha besar maupun kecil. 

Thursday, October 25, 2012

Dream Project, Pertanian Modern Jepang Dengan Teknologi Robot


Gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang pada bulan Maret 2011 yang lalu di Jepang telah menghancurkan sebagian besar lahan pertanian di sana, khususnya di kota Miyagi yang merupaka salah satu daerah yang paling parah kerusakannya.

Pemerintah Jepang dibawah Departemen Pertanian berencana akan membangun sebuah pertanian masa depan dimana para robot yang akan bertani disana.

Wednesday, October 24, 2012

Mentan: Mencari Lompatan Lewat Bioteknologi


PetaniIndonesia, dimanapun anda berada. Bioteknologi memang bukan segala-galanya, tetapi dengan bioteknologi kemajuan pertanian Indonesia mungkin bisa lebih cepat atau lebih mudah dicapai. Bioteknologi dapat menyelesaikan masalah-masalah pertanian yang tidak dapat atau sulit diselesaikan dengan caradan teknologi konvensional.

Petani Indonesia, dimanapun anda berada. Bioteknologi memang bukan segala-galanya, tetapi dengan bioteknologi kemajuan pertanian Indonesia mungkin bisa lebih cepat atau lebih mudah dicapai. Bioteknologi dapat menyelesaikan masalah-masalah pertanian yang tidak dapat atau sulit diselesaikan dengan cara dan teknologi konvensional.

Tuesday, October 23, 2012

Seminar Nasional "AKU DAN INDONESIA 2012"


Pembicara: Pandji Pragiwaksono dan Agung Baskoro
Gedung B6, FBS, Unnes, 3 November 2012.
Pukul 08.00 WIB - 15.00 WIB

HTM:
  • Pelajar Rp 30.000
  • Mahasiswa Rp 35.000
  • Umum Rp 40.000

Monday, October 22, 2012

Seminar Nasional dan Call for Essay Ekonomi Syariah 2012

Seminar Nasional Ekonomi Syariah 2012 by ISEG FEB Unpad

Tema
“Psikologis Masyarakat Indonesia Menuju Ekonomi Syariah”

Peserta
  • Mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi Indonesia dan Masyarakat umum
Pembicara
  • Ahmad Ifham Sholihin (Human Resource Development BNI Syariah Pusat)
  • Muhammad Yusuf Helmi (Karim Business Consulting)
  • Prof. Dr. Jaih Mubarak, S.E., M.H., M.Ag. (DSN MUI untuk Pasar Modal, Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati)
  • Imam B. Prasodjo* (Sosiolog UI)Fasilitas
Fasilitas:
  • Seminar Kit, Sertifikat, Makan Siang
Cara Daftar

Sunday, October 21, 2012

LKTI Direktorat Perpustakaan UII Tingkat Nasional

Lomba karya tulis ilmiah tahun 2012 ini diselenggarakan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia.
Peserta: siswa SLTA sederajat, mahasiswa dan Pustakawan.
Deadline: 23 November '12
LKTI UII Tingkat Nasional

KATEGORI:
Lomba ini khusus untuk kategori SLTA, Mahasiswa dan Pustakawan di seluruh Indonesia

WAKTU DAN PELAKSANAAN:
  • Mulai penerimaan naskah : 15 September 2012
  • Penerimaan naskah terakhir : 23 November 2012 jam 24.00 wib.
  • Pengumuman pemenang : 07 Desember 2012
TEMA LOMBA KARYA TULIS/ KARYA TULIS ILMIAH:
  • SLTA (silahkan pilih)

Saturday, October 20, 2012

Lomba Poster EGSA Fair 2012

TEMA LOMBA POSTER EGSA FAIR 2012
Peran Generasi Muda Dalam Pelestarian Lingkungan Hidup.

Penghargaan
Tiga poster terbaik sebagai pemenang I, II, III dan juara favorit akan diberikan trophy, piagam penghargaan, dan uang tunai sebagai berikut :
  1. Juara I : Trophy Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta + Uang Pembinaan + Sertifikat
  2. Juara II : Trophy Bupati Kabupaten Sleman + Uang Pembinaan + Sertifikat
  3. Juara III : Trophy Rektor Universitas Gadjah Mada + Uang Pembinaan + Sertifikat
  4. Juara Favorit : Trophy Dekan Fakultas Geografi UGM + Uang Pembinaan + Sertifikat

Jadwal Lomba Poster EGSAFAIR 2012
Pendaftaran Peserta                            : 1 – 10 November 2012
Batas Pengumpulan Karya (cap pos)   : Sabtu, 10 November 2012
Pengambilan Vote Karya Favorit         : 11 – 24 November 2012
Pengumuman finalis 10 besar               : Jumat, 16 November 2012
Presentasi finalis                                  : Sabtu, 17 November 2012
Penghargaan (Pengumuman Juara)       : Minggu, 25 November 2012

PERSYARATAN ADMINISTRASI
  1. Peserta adalah siswa-siswi SMA/MA/SMK/sederajat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  2. Peserta merupakan peserta perseorangan maupun kelompok maksimal 2 orang. 
  3. Setiap peserta diperkenankan untuk mengirimkan lebih dari satu karya.
  4. Peserta mendaftarkan di Sekretariatan EGSA paling lambat tanggal  10 November 2012.
  5. Mengisi formulir pendaftaran yang tersedia, diunduh (download) di egsaugm.blogspot.com, serta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 25.000,-  untuk setiap karya yang dilombakan. Peserta dapat langsung mendaftar di Sekretariatan EGSA, Fakultas Geografi UGM.
  6. Pembayaran dapat di lakukan secara langsung Sekretariat Panitia Himpunan Mahasiswa Jurusan Geografi Lingkungan “Environmental Geography Student Association” Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Sekip Utara, 55281, Bulaksumur, Yogyakarta. Dan/atau melalui Rekening : a.n. Nayuki : Bank Mandiri Cabang Jakarta Sudirman No. Rekening 1020005461782 dan a.n. Catherine Mary Nayuki Bank BNI Cabang Jakarta Fatmawti No. Rekening 0198363434.
  7. Karya Poster adalah hasil ide dan karya orisinil yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media mana pun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun.
.KETENTUAN LOMBA
  1. Karya bisa berupa hasil kerja individual atau kolaborasi dengan mengatasnamakan salah satu individu yang terlibat penuh dan memenuhi persyaratan sebagai peserta.
  2. Apabila ada pembuktian pelanggaran ketentuan ini, karya akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya.
  3. Teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan).
  4. Desain poster menggunakan cetak digital dengan menggunakan aplikasi computer atau software yang sudah umum (Corel Draw, Photoshop, atau kombinasi aplikasi lain), juga dapat menampilkan foto grafik.
  5. Karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned).
  6. Tidak diperkenankan terdapat tempelan-tempelan kertas/sejenisnya.
  7. Jumlah warna bebas.
  8. Jumlah poster satu lembar.
  9. Menyerahkan soft file beserta hard copy (hasil poster).
  10. Hak cipta karya sepenuhnya atas nama pengumpul poster.
  11. Keputusan panitia dan juri bersifat mutlak.
  12. Karya tidak diperkenankan mendeskriditkan unsur SARA dan SARU.
  13. Format karya poster: -Hard Copy : Karya karya dibuat pada ukuran kertas A3/A3+ atau setara dengan ukuran 29,7 cm x 42 cm untuk A3 dan 32 cm x 48,7 cm untuk A3+. -Soft copy : File desain asli (sesuai dengan software yang digunakan) dan File BMP / JPEG  resolusi 300 dpi dibakar dalam bentuk CD. -Penjelasan mengenai isi poster dalam format Microsoft Office WORD. -Curriculum Vitae dalam format Microsoft Office WORD.
Poster harus memenuhi kriteria-kriteria berikut:
  • Visible : mudah dilihat
  • Interesting : menarik
  • Structured : terstruktur
  • Useful : berguna, informative
  • Accurate : teliti
  • Legitimate : mengikuti persyaratan
  • Simple : sederhana
Format Poster
Poster yang dibuat harus memuat:
  • Judul
  • Isi poster memuat alur pikir yang jelas yaitu latar belakang, permasalahan, tujuan, metode,hasil/temuan, kesimpulan/saran.
  • Tonjolkan bagian-bagian yang dianggap paling penting untuk diinformasikan (misalnya hasil, temuan, saran).
  • Isi poster harus singkat namun jelas dan efektif menggambarkan isi tema yang diangkat.
Karya yang dilombakan menjadi hak milik panitia. Panitia berhak mempublikasikannya dengan tetap mencantumkan nama pembuat.

Penyerahan Karya
  • Karya 1 buah , dicetak ukuran A3.
  • Penjelasan Poster.
  • Curriculum vitae.
  • Lembar orisinalitas karya.
  • 1 buah fotokopi kartu tanda pelajar dan surat rekomendasi dari sekolah (untuk tingkat SMA/SMK/MA/sederajat).
  • Softcopy karya dan Curriculum vitae dalam bentuk compact disc.
  • Bukti pembayaran dan formulir pendaftaran.
  • Pengiriman karya yang akan dilombakan selambat-lambatnya tanggal 10 November 2012 (cap pos). Karya dikirim ke : Sekretariat Panitia Himpunan Mahasiswa Jurusan Geografi Lingkungan “Environmental Geography Student Association” Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Sekip Utara, 55281, Bulaksumur, Yogyakarta. Amplop ditutup rapat, disegel dengan tandatangan salah satu peserta. Peserta dapat langsung mengumpulkan karya di Sekretariatan EGSA di Fakultas Geografi UGM pada saat jam kerja, dengan menghubungi contact person yang telah tersedia terlebih dahulu.
  • Di sudut kanan atas amplop tuliskan “Lomba Poster Peran Generasi Muda Dalam Pelestarian Lingkungan Hidup EGSA 2012”.
  • Peserta diwajibkan melakukan konfirmasi via sms atau telepon ke nomor  081328732099 a.n Faniza Widya P. , Sie Kesekretariatan untuk memberitahukan bahwa peserta telah mengirimkan karya tulisnya selambat-lambatnya 24 jam setelah pengiriman.
  • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kesekretariatan EGSA melalui email egsafair2012@gmail.com , melalui twitter di @EGSA_FGE, melalui website egsaugm.blogspot.com , dan melalui sms atau telepon di nomor 081328732099 a.n Faniza Widya P.
Penilaian
Hal yang dijadikan dasar penilaian juri adalah:
  • Orisinalitas karya
  • Kesesuaian antara tema, lingkup eksplorasi tema dengan konsep desain 
  • Kualitas penyampaian pesan/komunikasi 
  • Inovasi serta kualitas artistik penyajian visual 
  • Kemampuan menarik pengunjung pameran (tambahan untuk juara favorit).
Berdasarkan penilaian juri, akan diambil beberapa karya terbaik dari seluruh karya yang terkumpul. Beberapa karya terbaik tersebut akan dipamerkan pada hari 25 November 2012.
Untuk Juara Favorit akan dilakukan vote untuk semua karya melalui media sosial yaitu Facebook, berdasarkan jumlah like pada hasil karya, karya dengan like  terbanyak akan menjadi juara favorit.

Contact Person:
081328732099 a.n Faniza Widya P. , 087738407272 a.n Brianardi Widagdo.

Info kiriman: aldhila gusta via email.
Panduan teknis download di sini
Jgn lupa kunjungi juga blog penyelenggaranya di http://egsaugm.blogspot.com

Artikel Terkait: Lomba Esai Tingkat Nasional "EGSA FAIR 2012"



Friday, October 19, 2012

Photo Competition I LOVE BATIK INDONESIA

Photo Competition I LOVE BATIK INDONESIA by Indosat, Periode lomba:  30 September sd 31 Oktober 2012 dan akan ada pemenang setiap minggunya (sekarang sudah memasuki periode ke 3).
I Love batik indonesia
Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2012.
Kini saatnya kamu tunjukkin batik itu mem-BANGGAKAN dan dapatkan kesempatan mendapatkan
hadiah iPhone 4S setiap minggunya dari Indosat.
Syarat dan Ketentuan:

  1. Photo Competition I LOVE BATIK INDONESIA terbuka untuk semua orang tanpa terkecuali
  2. Harus pengguna Indosat (IM3, Mentari, Matrix)
  3. Pemenang akan ditentukan dari foto batik yang paling kreatif dan paling banyak mendapatkan vote.
  4. Foto harus menggunakan batik (baju, aksesoris, apapun yang berunsurkan batik)
  5. Jika foto TIDAK ada unsur batik, maka di anggap tidak sah atau diskualifikasi.
  6. Pemenang ditentukan dari vote paling banyak.
  7. Pemenang wajib mengirimkan data diri sesuai KTP atau tanda pengenal lainnya dan paling lambat adalah 2 minggu setelah tanggal pengumuman pemenang.
  8. Hadiah tidak dapat diuangkan
  9. Photo Competition I LOVE BATIK INDONESIA ini digelar dari 30 September sd 31 Oktober 2012, dengan rincian periode sebagai berikut :
    • Periode 1 : 30 September sd 7 Oktober 2012 (pengumuman 8 Oktober 2012)
    • Periode 2 : 8 Oktober sd 15 Oktober 2012 (pengumuman 16 Oktober 2012)
    • Periode 3 : 16 Oktober sd 23 Oktober 2012 (pengumuman 24 Oktober 2012)
    • Periode 4 : 24 Oktober sd 30 Oktober 2012 (pengumuman 31 Oktober 2012)
  10. Jika ditemukan kecurangan maka juri berhak untuk membatalkan pemenang.
  11. Keputusan juri berlaku mutlak dan tidak bisa diganggu gugat
Untuk mengikutinya silahkan sobat menuju ke aplikasi FB nya di https://www.facebook.com/Indosat.IM3/?sk=app_538947402787725 <----Sumber artikel dan gambar.
 

Reference: www.info-lomba.com/2012/10/photo-competition-i-love-batik-indonesia.html

Thursday, October 18, 2012

Lomba Artikel Matematika HIMATIKA FMIPA UNY

Lomba Artikel Matematika Se-DIY
Peserta: mahasiswa S1 semua jurusan dari perguruan tinggi di wilayah DIY

Lomba Artikel Matematika (LAM) merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika (HIMATIKA) FMIPA UNY yang merupakan salah satu wahana bagi mahasiswa (khususnya mahasiswa di wilayah DIY) untuk menggali lebih dalam pemahaman dan peningkatan kreativitas mahasiswa dalam bidang matematika.
Tema Artikel:
  • Lomba Artikel Matematika (LAM) 2012 mengangkat tema “Modelling Our World with Mathematics”
Ketentuan Artikel :
  1. Artikel merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan.
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia.
  3. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu artikel dengan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000,00 per artikel
  4. Artikel ditulis dengan ketentuan :
    • Spasi 1,5
    • Margin kiri:4, atas:3, kanan:3, bawah:3
    • Font Timer New Roman ukuran 12
    • Jumlah halaman 3 sampai 6 halaman.

Wednesday, October 17, 2012

LKTI Tingkat Nasional, The 2nd AIRLANGGA IDEAS COMPETITION

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL THE 2nd AIRLANGGA IDEAS COMPETITION

TEMA DAN SUB TEMA
Kegiatan ini bertema ”Partisipasi Perguruan Tinggi dalam Membangun Kesehatan Nasional”, dengan sub tema:
  1. Pengembangan pengobatan tradisional.
  2. Perkembangan teknologi dalam kesehatan. 
  3. Pembangunan kesehatan nasional berbasis kesehatan masyarakat.
KETENTUAN PESERTA


Tuesday, October 16, 2012

Lomba Apresiasi Pertanian 2012 by deptan.go.id

Heii teman teman ada info lomba menarik niih dari Departemen Pertanian RI. Ikut yuk lomba pertanian 2012 yang mempunyai katagori penulisan artikel pertanian, foto kegiatan pertanian dan masih banyak lagi.  Dapatkan total hadiah 239 juta lebih, dan mendapatkan anugerah jurnalistik dan penulis muda pertanian 2012. Buat kamu yang muda, kreatif dan peduli Pertanian Indonesia. Lets join with US!!



T E M A
Mengacu Pada :
4 Sukses Pembangunan Pertanian : 
1. Pencapaian Swasembada dan Swasembada Berkelanjutan
2. Peningkatan Diversifikasi Pangan
3. Peningkatan Nilai Tambah, Daya Saing & Ekspor
4. Peningkatan Kesejahteraan Petani

7 Gema Revitalisasi Pertanian :
1. Revitalisasi Lahan  
2. Revitalisasi Perbenihan dan Perbibitan
3. Revitalisasi Infrakstruktur dan Sarana
4. Revitalisasi Sumberdaya Manusia
5. Revitalisasi Pembiayaan Petani
6. Revitalisasi Kelembagaan Petani
7. Revitalisasi Teknologi dan Industri Hilir



KATAGORI LOMBA :
  1. Penulisan Artikel Pertanian Katagori Pelajar SLTA
  2. Penulisan Artikel Pertanian Katagori Pelajar Mahasiswa
  3. Penulisan Artikel Pertanian Katagori Pelajar Wartawan
  4. Foto Kegiatan Pertanian Kategori Wartawan
  5. Liputan Video Amatir Pertanian Kategori Masyarakat Umum
PERSYARATAN PESERTA
1. Kategori Peserta SLTA
            Panduan Lomba
            Judul lomba                 : Apresiasi Program Pembangunan Pertanian 2012
            Jenis Lomba                : Penulisan Artikel Pertanian
            Format                         : Non Dekoratif (tanpa foto)
            Bentuk Output             : Hard copy (kertas HVS), soft Copy
            Pengiriman                  : POS atau E-Mail
            Batas Pengiriman        : 30 Oktober 2012 paling lambat pukul 16:00WIB
            Panjang tulisan            : Maximum 3 (tiga) lembar HVS A4
       
 Kriteria Peserta
·        Warga Negara Indonesia
·        Masih bersekolah di SMU
·        Mempunyai kartu pelajar
·        Mempunyai No. pokok siswa di sekolah bersangkutan
·        Usia Maximum : 20 tahun
·        Karya dinilai secara perorangan (tunggal)
·        Belum pernah dipublikasikan di media
·        Bukan tiruan atau kutipan karya orang lain
·        Relevan dengan kisah sukses secara nyata
·        Jenis komoditi pertanian : sesuai tema
·        Mempunyai bukti pengiriman naskah

 2. Kategori Peserta Mahasiswa
            Panduan Lomba
            Judul lomba                 : Apresiasi Program Pembangunan Pertanian 2012
            Jenis Lomba                : Penulisan Artikel Pertanian
            Format                         : Non Dekoratif (tanpa foto)
            Bentuk Output             : Hard copy (kertas HVS), soft Copy
            Pengiriman                  : POS atau E-Mail
            Batas Pengiriman        : 30 Oktober 2012 paling lambat pukul 16:00WIB
            Panjang tulisan            : Maximum 3 (tiga) lembar HVS A4
       
Kriteria Peserta
·        Warga Negara Indonesia
·        Masih kuliah di perguruan tinggi
·        Mempunyai kartu pelajar
·        Mempunyai No. pokok mahasiswa di sekolah tinggi bersangkutan
·        Usia Maximum : 25 tahun
·        Karya dinilai secara perorangan (tunggal)
·        Belum pernah dipublikasikan di media
·        Bukan tiruan atau kutipan karya orang lain
·        Relevan dengan kisah sukses secara nyata
·        Jenis komoditi pertanian : sesuai tema
·        Mempunyai bukti pengiriman naskah

 3. Kategori Peserta Wartawan/Pers
            Panduan Lomba
            Judul lomba                 : Apresiasi Program Pembangunan Pertanian 2012
            Jenis Lomba                : Peliputan dan Foto Pertanian
            Format                         : -    Peliputan pertanian: Dekoratif (dengan foto)
-         Foto pertanian : Full Colour
            Bentuk Output             : Hard copy (kertas HVS), soft Copy
            Pengiriman                  : POS atau E-Mail
            Batas Pengiriman        : 30 Oktober 2012 paling lambat pukul 16:00WIB
            Panjang tulisan            : Maximum 3 (tiga) lembar HVS A4
         
            Kriteria Peserta
·        Warga Negara Indonesia
·        Mempunyai kartu pers (anggota PWI)
·        Usia Maximum : 40 tahun
·        Karya dinilai secara perorangan (tunggal)
·        Belum pernah dipublikasikan di media
·        Bukan tiruan atau kutipan karya orang lain
·        Relevan dengan kisah sukses secara nyata
·        Jenis komoditi pertanian : sesuai tema
·        Mempunyai bukti pengiriman naskah

 4. Kategori Peserta Umum
            Panduan Lomba
            Judul lomba                 : Apresiasi Program Pembangunan Pertanian 2012
            Jenis Lomba                : Peliputan video amatir pertanian
            Format                         : News Dokumentary
            Durasi                          : maksimal 5 (lima) menit
            Bentuk Output             : Soft Copy (DVD) disertai naskah video
            Pengiriman                  : POS
            Batas Pengiriman        : Ditentukan kemudian
 
Kriteria Peserta
·        Warga Negara Indonesia
·        Perorangan atau kelompok (max 3 orang)
·        Karya belum pernah dipublikasikan sebelumnya
·        Bukan tiruan atau kutipan karya media lain
·        Relevan dengan kisah sukses secara nyata
·        Jenis komoditi pertanian: sesuai tema
·        Mempunyai bukti pengiriman naskah


HADIAH
Lomba Penulisan Artikel Pertanian untuk SLTA
Lomba Penulisan Artikel Pertanian untuk Mahasiswa
Lomba Penulisan Peliputan Pertanian untuk Wartawan
Lomba Foto Pertanian untuk Wartawan
Lomba Peliputan Video Amatir untuk Umum

JUARA I
Rp. 12.000.000

JUARA II
Rp. 8.000.000

JUARA III
Rp. 6.000.000


JUARA I
Rp. 15.000.000

JUARA II
Rp. 10.000.000

JUARA III
Rp. 8.000.000


JUARA I
Rp. 20.000.000

JUARA II
Rp. 15.000.000

JUARA III
Rp. 10.000.000


JUARA I
Rp. 20.000.000

JUARA II
Rp. 15.000.000

JUARA III
Rp. 10.000.000


JUARA I
Rp. 20.000.000

JUARA II
Rp. 15.000.000

JUARA III
Rp. 10.000.000

JUARA HARAPAN I
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN II
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN III
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN I
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN II
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN III
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN I
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN II
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN III
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN I
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN II
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN III
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN I
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN II
Rp. 3.000.000

JUARA HARAPAN III
Rp. 3.000.000


Acara lomba pertanian 2012 di persembahkan oleh http://www.deptan.go.id/index1.php
Untuk Informasi lebih lanjut kunjungi http://www.apresiasipertanian2012.com/index.html

Friday, October 12, 2012

Peta Lokasi Seminar Nasional Riset Teknologi 2012

Berkaitan dengan Seminar Nasional Riset Teknologi 2012 yang bertempat di Aula Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maka, berikut adalah peta perjalanan menuju UNS, terutama bagi teman-teman yang berasal dari luar daerah Surakarta.

PETA SOLO MENUJU UNS

Selanjutnya setelah mencapai gerbang utama Boulevard UNS, maka temen-temen dapat berjalan kaki menuju ke Fakultas Pertanian. Fakultas Pertanian terletak di sebelah Kanan jalan.
Berikut peta UNS menuju Fakultas Pertanian
PETA UNS MENUJU FAKULTAS PERTANIAN

Terimakasih telah membaca postingan yang merupakan panduan untuk mencapai lokasi Seminar Nasional Riset dan Teknologi 2012 di Aula Fakultas Pertanian UNS.

INDIGENUS 2012




LOMBA CERPEN ISLAMI TINGKAT NASIONAL

A. Ketentuan Peserta

  1. Peserta lomba cerpen islami adalah mahasiswa dan umum. Status mahasiswa dapat dibuktikan dengan menyertakan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa pada berkas pengiriman. Status peserta umum dibuktikan dengan menyartakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk pada berkas pengiriman.
  2. Tiap peserta melampirkan foto diri ukuran 3×4 beserta biodata secara terpisah (Download Formulir disini )
  3. Peserta adalah perorangan
  4. Peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 15.000,00. Biaya Pendaftaran dikirim ke (Bank BNI 46 no. Rek  0178235190 atas nama Mas “Agus DS”)

Setelah membayar uang pendaftaran harap mengkonfirmasi ke nomor wiwin 085695473727 dengan format: Nama Lengkap (Penyetor)_Asal/Asal Univ_Jenis Lomba/SemNas_No Hp. Contoh : Iik Nurfagy_UNSOED _Lomba Cerpen Islami_085324058552

Bukti pembayaran disertakan dalam berkas pengiriman (dilampirkan atau di scan). Setelah melakukan pembayaran, harap konfirmasi ke CP.

B. Teknis Penulisan

  1. Cerpen yang dibuat merupakan karya asli (orisinil) dari penulis
  2. Cerpen ditulis secara individu dan bertemakan “ Persahabatan Islami”
  3. Naskah ditulis dalam Ms. Word, Font Arial, pt. 12, spasi 1,5, margin (atas 3, bawah 3, kanan 4, kiri 3) dan minimal 4 halaman, maksimal 8 halaman, kertas A4
  4. Naskah harus asli, bukan saduran atau terjemahan.
  5. Naskah belum pernah/tidak sedang diikutkan dalam lomba penulisan lainnya dan belum pernah dipublikasikan di media apapun
  6. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia sesuai EYD, sederhana, komunikatif, dan mudah dimengerti.
  7. Cerpen yang dilombakan menjadi hak panitia.
  8. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.


C. Informasi :

1. Cerpen peserta dikirimkan :

a. soft file (naskah, formulir, identitas diri berupa KTM atau KTP, foto, scan bukti pembayaran) dikirimkan ke email panitia dengan format judul:
Nama Peserta_ Universitas/Asal_Cerpen Islami_No. Hp
Kirim ke alamat email : indigenus.ukmibio@gmail.com
b. Hardcopy (naskah, formulir, identitas diri berupa KTM atau KTP, foto, bukti pembayaran) dikirimkan 1 rangkap ke alamat :
A/N Panitia INDIGENUS 2012 UKMI
Fabio Unsoed Fakultas Biologi Univeristas Jenderal Soedirman Purwokerto
Jl. Dr. Soeparno No 32, Kotak Pos 130 Purwokerto 53122, Fax (0281) 631700
CP Panitia Sub Lomba cerpen Islami: 0856 954 737 27 (wiwin)

2. Batas waktu penerimaan paling lambat : 17 Oktober 2012 (cap pos)

3. Cerpen yang sudah dikirim akan dinilai dewan juri dan diumukan pemenangnya pada 20 Oktober 2012 dan dipilih 2 pemenang. Pengumuman pemenang akan ditampilkan di web www.ukmifabiopeduli.wordpress.com

4. Hadiah :
Juara terbaik             : uang pembinaan + trophy + sertifikat
Juara favorit             : uang pembinaan+ Trophy + sertifikat

*Semua peserta yang mengirimkan karya nya mendapatkan sertifikat


LOMBA ESSAY TINGKAT NASIONAL

A. Ketentuan Peserta

  1. Peserta lomba Essay adalah mahasiswa dan umum. Status mahasiswa dapat dibuktikan dengan menyertakan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa pada berkas pengiriman. Status peserta umum dibuktikan dengan menyartakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk pada berkas pengiriman.
  2. Peserta menyanggupi bahwa essay yang dibuat baik dalam penyampain informasi, berita, fakta, maupun buah pemikiran tidak melanggar hukum, etika, serta tidak menyinggung SARA, diskriminasi atau tidak dimaksudkan untuk menyerang pribadi, dan hal lain yang melanggar norma kesusilaan.
  3. Tiap peserta melampirkan foto diri ukuran 3×4 beserta biodata secara terpisah (Download Formulir di sini)
  4. Peserta adalah perorangan
  5. Peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 15.000,00. Biaya Pendaftaran dikirim ke (Bank BNI 46 no. Rek  0178235190 atas nama Mas “Agus DS”)


Setelah membayar uang pendaftaran harap mengkonfirmasi ke nomor Faisal (0857 473 771 14) dengan format: Nama Lengkap (Penyetor)_Asal/Asal Univ_Jenis Lomba/SemNas_No Hp. Contoh : Iik Nurfagy_UNSOED _ESSAY_085324058552

Bukti pembayaran disertakan dalam berkas pengiriman (boleh difotokopi atau di scan). Setelah melakukan pembayaran, harap konfirmasi ke CP.

B. Teknis Penulisan

  1. Essay yang dibuat merupakan karya asli (orisinil) dari penulis
  2. Naskah ditulis secara individu dan bertemakan “ Al quran dan ilmu pengetahuan (Mencari Ilmuwan Muslim yang hilang dan Indonesiaku Madani)”
  3. Naskah ditulis dalam Ms. Word, Font Times New Roman, pt. 12, spasi 1,5, margin (atas 3, bawah 3, kanan 4, kiri 3) dan minimal 800 kata dengan maksimal 2000 kata, kertas A4
  4. Naskah harus asli, bukan saduran atau terjemahan.
  5. Naskah belum pernah/tidak sedang diikutkan dalam lomba penulisan lainnya dan belum pernah dipublikasikan di media apapun
  6. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia sesuai EYD, sederhana, komunikatif, dan mudah dimengerti.
  7. Jika ada dalil yang mendukung atau sumber dapat disampaikan dalam footnotes/ lampiran.
  8. Essay yang dilombakan menjadi hak panitia.
  9. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

C. Informasi :

1. Essay peserta dikirimkan :
a. soft file (karya, formulir, identitas diri berupa KTM atau KTP, foto, scan bukti pembayaran) dikirimkan ke email panitia dengan format judul:
Nama Ketua_ Universitas/Fak_ESSAY_No. Hp
Kirim ke alamat email : indigenus.ukmibio@gmail.com
b. Hardcopy (karya, formulir, foto, bukti pembayaran) dikirimkan 1 rangkap ke alamat :
A/N Panitia INDIGENUS 2012 UKMI
Fabio Unsoed Fakultas Biologi Univeristas Jenderal Soedirman Purwokerto
Jl. Dr. Soeparno No 32, Kotak Pos 130 Purwokerto 53122, Fax (0281) 631700
CP Panitia Sub Lomba Essay: 0857 473 771 14 (Faisal)

2. Batas waktu penerimaan paling lambat : 17 Oktober 2012 (cap pos)

3. Essay yang sudah dikirim akan dinilai dewan juri dan diumukan pemenangnya pada 20 Oktober 2012 dan dipilih 2 pemenang. Pengumuman pemenang akan ditampilkan di web www.ukmifabiopeduli.wordpress.com

4. Hadiah :
Juara terbaik             : uang pembinaan + trophy + sertifikat + pembukuan dalam bentuk CD
Juara favorit             : uang pembinaan+ Trophy + sertifikat + pembukuan dalam bentuk CD

*Semua peserta yang mengirimkan karya nya mendapatkan sertifikat dan pembukuan dalam bentuk CD
*20 karya terbaik akan di antologi kan atau dibuku kan




LOMBA POSTER

Tema : “Celebriting of science”

Prosedur Pendaftaran Lomba Poster – INDIGENUS 2012

Waktu pendaftaran adalah tanggal 1 Agustus  sampai 17 Oktober 2012 dengan cara :


  • Membayar biaya seleksi sebesar Rp 20.000/karya, setiap peserta diperbolehkan mengirim lebih dari 1 karya.

Biaya seleksi dikirim melalui rekening panitia INDIGENUS 2012 (Bank BNI 46 no. Rek  0178235190 atas nama Agus DS.

Setelah membayar uang pendaftaran harap mengkonfirmasi ke nomor Wiwin Winarti (0856 954 737 27) dengan format: Nama Lengkap (Penyetor)_Asal/Asal Univ_Jenis Lomba_No Hp. Contoh : Iik Nurfagy _UNSOED/Biologi_Poster_085324058552

  • Mengirim berkas meliputi: formulir pendaftaran yang di download di sini, identitas diri berupa KTM atau KTP, foto, bukti pembayaran dan hasil poster, dikirim paling lambat tanggal 17 Oktober 2012 cap pos ke alamat Panitia INDIGENUS 2012 :

A/N Panitia INDIGENUS 2012 UKMI Fabio Unsoed
Fakultas Biologi Univeristas Jenderal Soedirman Purwokerto
Jl. Dr. Soeparno No 32, Kotak Pos 130 Purwokerto 53122 Fax (0281) 631700.

CP Panitia sub Lomba Poster: 0856 954 737 27 (wiwin w)

Ketentuan Peserta:

  1. Peserta adalah mahasiswa dan umum
  2. Peserta perorangan


Ketentuan lomba :


  1. Karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan
  2. Setiap peserta harus bergabung ke grup FB Ukmi Fabio Unsoed (sahabat Inspiratif)
  3. Dicetak pada kertas berukuran A3
  4. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu poster
  5. Desain poster dapat digambar dengan menggunakan sofware coreldraw, photoshop dan kombinasi aplikasi lain
  6. Desain juga dapat berupa foto yang sesuai dengan tema
Juara:

Terbaik ( Keputusan dewan Juri, bersifat final dan mengikat)
Terfavorit (Penilaian dilakukan via social media (facebook), dan penilaian dihitung dari banyaknya “like” yang masuk kepada suatu Desain pada Grup FB ukmi sahabat inspiratif)

Hadiah :
Juara terbaik     : uang pembinaan + trophy + sertifikat
Juara favorit     : uang pembinaan + Trophy + sertifikat
*Semua peserta yang mengirimkan karya nya mendapatkan sertifikat yang dikirim via email.

Pengumuman pemenang tanggal 20 Oktober 2012


PRESENTED BY : INDIGINUS 2012 


Saturday, October 6, 2012

HIMAGHITA'S FESTIVAL 2012


Pada tanggal 14, 115, dan 16 Oktober 2012 kali ini ,dari HIMAGHITA akan mengadakan Great event HIMAGHITA atau yang biasa dikenal dengan HIMAGHITA FESTIVAL . Acara ini merupakan agenda tahunan terbesar Himaghita. Bagaimana tidak? Selama 3 hari berturut-turut akan ada 3 event besar berskala JOGLOSEMAR (Jogja, Solo, dan Semarang). Event tersebut adalah Bazar Pangan, SFCC (Student Food Creative Competition), dan yang terakhir adalah Aksi Pangan.



Berikut Urutan Event Himaghita Festival 2012 :

1. Aksi Pangan "Traditional Snack as an Indonesian Culinary Heritage"
- Festival Pangan
- Kirab Pangan
Hari Minggu, Tanggal 14 Oktober 2012 pukul 06.00 WIB - Selesai di Car Free Day Slamet Riyadi

2. Student's Food Creativity Competition "Inovasi Jajanan Tradisional sebagai Alternatif Pangan yang Sehat dan Aman"
-Pengumuman finalis dan final SFCC
-Presentasi karya tulis oleh para finalis dihadapan peserta SFCC dan dewan juri
Hari Senin, Tanggal 15 Oktober 2012 pukul 07.30-13.00 WIB di Aula Fakultas Pertanian UNS

3. Bazaar Pangan "Kelezatan Jajanan Tradisional yang Mendunia"
-10 stand pangan tradisional
-Battle pangan
Hari Senin-Selasa, Tanggal 15-16 Oktober 2012 pukul 09.00 - 14.00 WIB di Depan BEM Fakultas Pertanian UNS


Ayooo Ikuti Event Anak Pangan UNS tahun 2012 ini,, Lets Come Join US!!!


Presented By : HMJ Himaghita & UNS

Untuk Keterangan Lebih Lanjut visit : http://himaghitauns.wordpress.com

Contac Person :
Adika : 08179454511
Iman : 085725464467

Thursday, October 4, 2012

Tulis Essay mu di Data Print


Partisipasi DataPrint dalam memajukan dunia pendidikan Indonesia tidak henti-hentinya. Di tahun 2009,
DataPrint pernah mengadakan program DataPrint Academy yang memberikan kesempatan kepada 30 orang pelajar SMA dari seluruh Indonesia untuk mengikuti workshop selama lima hari di bidang kreatifitas dan entrepreneurship. Kemudian di tahun 2011, sebanyak 700 orang pelajar dan mahasiswa telah menerima beasiswa pendidikan dengan total ratusan juta rupiah. Para penerima beasiswa berasal dari Pekanbaru, Bandung, Jakarta, Ponorogo, Kendari, Martapura, Dumai, Malang, dan lain-lain.

Tahun ini, DataPrint kembali membuka program beasiswa bagi 700 orang pelajar dan mahasiswa. Program beasiswa dibagi dalam dua periode. Tidak ada sistem kuota berdasarkan daerah dan atau sekolah/perguruan tinggi. Hal ini bertujuan agar beasiswa dapat diterima secara merata bagi seluruh pengguna DataPrint.  Beasiswa terbagi dalam tiga nominal yaitu Rp 250 ribu, Rp 500 ribu dan Rp 1 juta. Dana beasiswa akan diberikan satu kali bagi peserta yang lolos penilaian. Aspek penilaian berdasarkan dari essay, prestasi dan keaktifan peserta.

Beasiswa yang dibagikan diharapkan dapat meringankan biaya pendidikan sekaligus mendorong penerima beasiswa untuk lebih berprestasi. Jadi, segera daftarkan diri kamu di sini!


HADIAH
PERIODE
JUMLAH PENERIMA BEASISWA
@ Rp 1.000.000
Rp 500.000
Rp 250.000
Periode 1
50 orang
50 orang
250 orang
Periode 2
50 orang
50 orang
250 orang

PERATURAN UMUM

Persyaratan Umum:
1.  Pelajar/mahasiswa aktif dari tingkat SMP hingga perguruan tinggi untuk jenjang D3/S1
2.  Terlibat aktif di kegiatan atau organisasi sekolah/perguruan tinggi
3.  Tidak terlibat narkoba atau pernah melakukan tindak kriminal
4.  Tidak sedang menerima beasiswa dari perusahaan lain. Jika saat ini peserta masih menerima beasiswa dari kampus, peserta berhak mengikuti pendaftaran beasiswa dari DataPrint.

Peraturan Lomba :
  1. Mengisi formulir registrasi di kolom Pendaftaran
  2. Satu nomor kupon yang terdapat di dalam produk DataPrint, hanya berlaku untuk satu kali registrasi
  3. Pendaftaran tidak dipungut biaya
  4. Isilah formulir dengan sebenar-benarnya.
  5. Kolom NAMA, diisi dengan nama lengkap
  6. Kolom KODE KUPON, diisi dengan kode yang tertera pada bagian belakang kupon yang ada di dalam produk DataPrint
  7. Kolom EMAIL, diisi dengan email aktif yang masih berlaku
  8. Kolom NO TELPON, diisi dengan no HP atau no telpon rumah yang masih aktif dan bisa dihubungi
  9. Kolom JENJANG PENDIDIKAN, diisi dengan jenjang pendidikan yang sedang ditempuh saat ini. Tuliskan juga nama sekolah/perguruan tinggi di kolom ini.
  10. Kolom NAMA PERGURUAN TINGGI/SEKOLAH, diisi dengan nama sekolah/perguruan tinggi tempat kamu menuntut ilmu.
  11. Kolom KEGIATAN YANG PERNAH/SEDANG DIIKUTI DAN PRESTASI YANG PERNAH DIRAIH, diisi dengan organisasi yang pernah dan sedang diikuti saat ini serta prestasi yang pernah diraih.
  12. Aktivitas berupa kuliah atau belajar di sekolah, tidak termasuk prestasi.
  13. Kolom LAMA MENGGUNAKAN DATAPRINT, diisi dengan waktu penggunaan produk DataPrint
  14. Kolom MENGETAHUI INFORMASI BEASISWA, diisi dengan narasumber awal yang memberitahu mengenai program beasiwa pendidikan DataPrint
  15. Kolom NILAI RAPORT (BAGI PELAJAR dan MAHASISWA BARU), diisi dengan total nilai secara keseluruhan beserta jumlah mata pelajaran pada semester terakhir. Ingat, kolom ini hanya diisi oleh pelajar atau mahasiswa baru yang belum mempunyai IP.
  16. Contoh: 98 dari 7 mata pelajaran
  17. Kolom IPK TERAKHIR (BAGI MAHASIWA), diisi dengan nilai IPK atau jika belum memiliki IPK boleh diisi dengan nilai IP semester terakhir. Tuliskan juga semester yang sedang ditempuh. Ingat, kolom ini hanya diisi oleh mahasiswa, bukan pelajar.
  18. Kolom URL BLOG, diisi dengan copy URL blog kamu yang memuat informasi mengenai beasiswa DataPrint. Isi kolom ini jika kamu memiliki blog. Pengisian pada kolom ini akan menambah 2 poin pada penilaian.
  19. Kolom ESSAY, diisi dengan karya tulis/essay berisi hasil pemikiran kamu sendiri sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Panjang penulisan minimal 100 kata, maksimal 500 kata. Tema akan berubah setiap periode. Jenis tema akan diumumkan setiap tanggal 1 di periode tersebut.
  20. Dilarang mengcopy paste tulisan orang lain. Jika bermaksud untuk menyadur atau mengutip tulisan orang lain, tuliskan juga sumbernya.
  21. Beasiswa akan dibagi menjadi 2 periode.
  22. Jika gagal di periode pertama, peserta BOLEH mendaftarkan diri di periode selanjutnya.
  23. Penerima beasiswa yang telah mendapat dana beasiswa di satu periode TIDAK DAPAT menjadi penerima beasiswa di periode selanjutnya. Peraturan ini berlaku di tahun 2012. Penerima beasiswa di tahun 2011 berhak mendaftar dan memiliki kemungkinan untuk menjadi penerima beasiswa di tahun 2012.
  24. Penerima beasiswa akan diseleksi (bukan diundi) oleh tim dari DataPrint.
  25. Panitia tidak menghubungi penerima beasiswa. Nama penerima beasiswa  dapat dilihat di website ini, website DataPrint www.dataprint.do.id atau di www.facebook.com/dataprintindonesia . Simpan fotokopi raport terakhir atau IPK terakhir dan kupon sebagai bukti sah verifikasi jika Anda terseleksi sebagai penerima dana beasiswa.
  26. Dana beasiswa akan dikirimkan dalam jangka waktu paling lambat satu bulan setelah pengumuman dan atau setelah selesainya pemberkasan dari para penerima beasiswa.
  27. Beasiswa akan ditransfer melalui bank BCA. Bagi penerima beasiswa yang menggunakan rekening bank lain, biaya administrasi ditanggung penerima.
  28. Penerima beasiswa akan diumumkan di website DataPrint www.dataprint.co.id ,  page Facebook DataPrint www.dataprint.co.id/facebook dan www.beasiswadataprint.com
  29. Waktu per periode:
           Periode 1: 1 Januari  – 30 Juni
           Periode 2: 1 Juli – 31 Desember


PENDAFTARAN
  • Pendaftaran periode 2 berakhir tanggal 31 Desember 2012.
  • Pengumuman tanggal 10 Januari 2013.


Peraturan cara penulisan essay:

1. Essay merupakan opini pribadi. Tuangkan ide kamu semenarik mungkin.
2. Penulisan dan tata 
3. Panjang tulisan minimal 100 kata, maksimal 500 kata.
4. Penulisan kutipan atau data tanpa menyertakan sumber/link akan dianggap copy paste dan formulir akan didiskualifikasi oleh panitia.
5. Bagi pemilik blog, tuliskan informasi mengenai beasiswa DataPrint di blog kamu, sertakan juga link/tautan ke website beasiswa DataPrint (www.beasiswadataprint.com)  dan website DataPrint (www.dataprint.co.id) . Kemudian cantumkan link yang berisi informasi ini ke dalam kolom “URL BLOG” di formulir pendaftaran. Pencantuman informasi dalam blog kamu akan menambah poin dalam penilaian sebesar 2 poin.

Contoh penulisan link: www.blogsaya.com/beasiswadataprint.html

Jadi, bukan hanya penulisan nama blog seperti www.blogsaya.com .



ESSAY UNTUK PELAJAR:
SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA BERBASIS IDEOLOGI PANCASILA

ESSAY UNTUK MAHASISWA
PENDAPAT KAMU MENGENAI SEX EDUCATION DIMASUKKAN KE DALAM PENGAJARAN DI SEKOLAH, JELASKAN JUGA MENGENAI ASPEK DAN CARA PENYAMPAIANNYA


Sumber : www.beasiswadataprint.com dan www.dataprint.co.id