Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2016

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PKM FP UNS 2016

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2016

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2016 periode tahun 2016-2017 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2016 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Friday, May 27, 2011

KSI Library (KS-Ilib) Next On!!!

Kawan-kawan civitas akademika UNS (Mahasiswa Fakultas Pertanian khususnya), segera hadir menyusul Reksinema yaitu KSI Library....

Wednesday, May 25, 2011

UNS Juara II Penelitian Tingkat Nasional

UNS kembali mengukir prestasi setelah 400 mahasiswanya memenangi penelitian tingkat nasional. Banyaknya jumlah mahasiswa yang menang menjadikan UNS dinobatkan menjadi Juara II Universitas Penelitian tingkat Nasional setelah Institut Pertanian Bogor (IPB) pada awal tahun ini. 

Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM UNS) Prof. Drs. Sunardi, M.Sc, Ph.D. bahwa 400 mahasiswa yang memenangkan penelitian nasional tersebut melakukan penelitian sesuai dengan bidang studi yang ditempuh dalam kuliahnya selama ini. Selain mandiri, ada beberapa mahasiswa yang berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang melakukan penelitian.

Pendanaan penelitian yang berasal dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) ini selain ditawarkan kepada para mahasiswa juga kepada para dosen. Untuk penelitian dosen dari dana Dikti ini UNS masuk peringkat 10 besar tingkat nasional dengan 200 judul penelitian yang berhasil lolos untuk didanai.

(Bagain Sistem Informasi UNS).

Saturday, May 21, 2011

Jadwal Monitoring PKM Dikti Tahun 2011

Berdasarkan surat dari Dikti nomor 854/E5.1/PE/2011 tertanggal 11 Mei 2011 tentang pelaksanaan Monev Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2011. Diberitahukan dengan hormat bahwa untuk mengetahui perkembangan kemajuan dan memantau hasil kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai pada tahun anggaran 2011. Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat akan melaksanakan Monitoring dan Evaluasi pada minggu ketiga bulan Mei s.d. Minggu pertama bulan Juni 2011.

Untuk kelancaran pelaksanaan Monitoring yang akan diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret Surakarta bertempat di Ruang Sidang Biro Adm. Kemahasiswaan mulai tanggal 25 Mei s.d. 27 Mei 2011 diharapkan dapat hadir sesuai dengan jadwal pelaksanaan Monev. Adapun jadwal sebagai berikut:


1. Jadwal Hari Rabu tanggal 25 Mei 2011

2. Jadwal Hari Kamis tanggal 26 Mei 2011

3. Jadwal Hari Jumat tanggal 27 Mei 2011


Friday, May 20, 2011

Indonesia Toray Science Foundation (ITSF)

Pada tahun 2011 Indonesia Toray Science Foundation akan melanjutkan Program pemberian “Science & Technology Award” serta “Science & Technology Research Grant” kepada para dosen peneliti di lingkungan UNS.
Program Indonesia Toray Science Foundation meliputi:
  1. pemberian bantuan dana penelitian bagi peneliti-peneliti muda (Science & Technology Research Grant) di Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian yang membutuhkan, maksimum Rp 50.000.000,- per proposal
  2. pemberian penghargaan kepada peneliti-peneliti yang telah berprestasi (Science & Technology Award), berupa sertifikat dan uang tunai sebesar Rp 75.000.000,-.
Batas akhir pengajuan proposal dan pengajuan nominasi award tanggal 31 Agustus 2011. Bagi para dosen peneliti yang berminat, dapat mengambil formulir aplikasi dan formulir nominasi di Subbag Data Informasi dan Kehumasan LPPM-UNS pada jam kerja atau dapat juga diunduh melalui website http://lppm.uns.ac.id. Informasi program ITSF lebih lanjut, dapat dilihat pada website: http://www.itsf.or.id.
(LPPM UNS).

Thursday, May 19, 2011

Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS Dekan Fakultas Pertanian UNS 2011-2015


Pada hari Senin, 16 Mei 2011 mulai pukul 09.30 WIB bertempat di Auditorium UNS telah dilaksanakan Pelantikan Dekan Fakultas di lingkungan UNS oleh Rektor Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. Dan berdasarkan SK Rektor UNS Nomor: 237/UN27/KP/2011 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dekan Fakultas di lingkungan UNS maka Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS resmi dilantik sebagai Dekan Fakultas Pertanian UNS periode 2011-2015.

Segenap keluarga besar Kelompok Studi Ilmiah (KSI) FP UNS mengucapkan selamat dan sukses...
atas dilantiknya Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS sebagai Dekan Fakultas Pertanian UNS periode 2011-2015,

Semoga menjadi pemimpin yang amanah, lurus dan bisa memajukan fakultas pertanian dan dengan ridho Allah.
Amiiin.....

Tuesday, May 17, 2011

Lomba Karya Tulis Penunjang PIMNAS

LOMBA KARYA TULIS WIRAUSAHA MAHASISWA (LKTMW)
Tema: “MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA”

LOMBA KARYA TULIS BIDANG LINGKUNGAN 
Tema: “PERBAIKAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MENUNJANG PENINGKATAN DAYA SAING BANGSA DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN”

LOMBA KARYA TULIS BIDANG KEMARITIMAN (LKTK) 
Tema: “MEMBANGUN KEMARITIMAN, MASYARAKAT SEJAHTERA” 
Untuk panduan dan keterangan lebih lanjut silahkan download!

Sunday, May 15, 2011

Kemin Memperkenalkan Ekstrak Teh Hijau untuk Menstabilkan Frying Oil

Kemin memperkenalkan GT-FORT™ - yang dapat menjadi alternatif sebagai pengganti  antioksidan sintetik dan tokoferol yang biasa digunakan dalam minyak goreng.  GT-FORT merupakan ekstrak teh hijau yang larut minyak dan efektif memperlambat kerusakan minyak goring dan mengurangi ketengikan oksidatif- bahkan pada suhu tinggi.

Panas simultan dan perpindahan massa minyak, bahan pangan dan udara selama deep fat frying menciptakan karakteristik unik dari makanan yang digoreng.  Proses ini juga menciptakan reaksi kimia yang mengubah sifat fisik dan kimia minyak goreng, yang dapat berdampak negatif pada stabilitas rasa, tekstur dan kualitas gizi produk yang digoreng.

Produk tersebut diekstraks dari teh hijau melalui beberapa tahapan, tujuannya adalah memaksimalkan polifenol yang memiliki daya antioksidan untuk mencegah terjadinya oksidasi dalam berbagai aplikasi produk pangan goreng.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa GT-FORT memiliki kemampuan yang sama baiknya dengan antioksidan sintetis yang biasa digunakan untuk menstabilkan minyak goreng," kata Dr Will Schroeder, Direktur penelitian dan pengembangan untuk divisi Teknologi Pangan Kemin.  "Saat diuji dalam minyak sawit yang digunakan untuk membuat mi instan dan kentang goreng, GT-FORT bekerja seefektif antioksidan sintetik untuk menunda penurunan mutu minyak, tanpa mengubah profil rasa."  

sumber:

FORBES SCF di SEkre

Suasana gerimis kecil tak menyurutkan temen2 dari lembaga keilmiahan di UNS berkunjung ke sekRe KSI tercinta dalam rangka mengsukseskan agenda terdekat semua lembaga.

Berawal dari pembahasan agenda dari SIM yaitu FILM dengan agendanya:
1. Lomba mading
2. PKM battle
3. de el el



Saturday, May 14, 2011

Road to PIMNAS XXIV UNHAS 2011

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tidak terasa telah memasuki tahun ke XXIV dan akan di selenggarakan di salah satu unversitas negeri yang ada di pulau celebes yaitu Kampus Universitas Hasanuddin yang merupakan kampus terbesar dan terluas di kawasan timur Indonesia . Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) adalah kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional, yang acara puncaknya berlangsung setiap bulan Juli. PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa. Ajang ini memperebutkan piala Adikarta Kertawidya. Ajang ini berfungsi sebagai forum diskusi dan dialog tentang masalah pembangunan nasional dan masalah aktual lainnya.PIMNAS merupakan sarana "unjuk gigi" berbagai perguruan tinggi yang memiliki berbagai macam produk ilmiah. Di dalam ajang ini ditampilkan berbagai macam produk kreatif mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berguna sebagai solusi dari berbagai permasalahan aktual yang sedang dihadapi bangsa ini.

Friday, May 13, 2011

9 Penemuan Muslim Yang Mengguncang Dunia

Kehidupan modern tak lepas dari penemuan-penemuan ilmuwan muslim. Proyek 1001 kembali mengingatkan sejarah 1000 tahun warisan muslim yang terlupakan.

“Ada sebuah lubang dalam ilmu pengetahuan manusia, melompat dari zaman Renaisans langsung kepada Yunani,” ujar Chairman Yayasan Sains, Teknologi dan Peradaban Profesor Salim al-Hassani pemimpin 1001 Penemuan. Saat ini Penemuan 1001 sedang pameran di Museum Sains London. Hassani mengharapkan pameran tersebut akan menegaskan kembali kontribusi peradaban non-barat, seperti kerajaan muslim yang suatu waktu pernah menutupi Spanyol dan Portugis, Italia selatan dan terbentang seluas daratan China.
Inilah penemuan muslim yang luar biasa:

Thursday, May 12, 2011

Kesempatan Magang Penelitian di CIFOR

CIFOR (Center for International Forestry Research) adalah sebuah organisasi nirlaba internasional di bawah naungan CGIAR (Consultative Group for Agricultural Research). CIFOR beroperasi di Indonesia berdasarkan surat Keputusan Presiden No. 71 tahun 1993 dan surat perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia pada tanggal 15 Mei 1993. CIFOR berkantor pusat di Bogor, Indonesia. Salah satu kegiatan penelitian CIFOR adalah “studi komparatif global mengenai REDD+ (reducing emissions from deforestation and forest degradation)”. Tujuan dari kegiatan ini adalah menyerap pelajaran yang didapat dari berbagai negara, untuk menyediakan informasi bagi para pembuat kebijakan, praktisi dan penyandang dana terkait.

Wednesday, May 11, 2011

Pengumuman Hasil Seleksi PKM DIPA 2011

Info sudah di publish pengumuman hasil seleksi PKM DIPA UNS 2011.. hari ini sudah mulai bisa dilihat di papan pengumuman depan kantor Mawa UNS... SELAMAT BAGI YANG DITERIMA!!!

Tuesday, May 10, 2011

Info Beasiswa per 1 Mei 2011

1. 25 Scholarships (BS/MS/PhD) at Xiamen University, China
Deadline: 15 Mei 2011
The University offers scholarships for excellent applicants The recipients will have their tuition fees covered, up to a maximum of 3 years for a PhD, 2 -3 years for a Master degree and 4-5 years for a Bachelor degree. The recipients' academic performance will be assessed each year and only those achieving the required standard will have their scholarship renewed for the following year.
Application for Xiamen University Scholarship 2011
http://admissions. xmu.edu.cn/ shownews. aspx?language= en&news_id= 117

2. 51 Scholarships at University of Pavia, Italy
Deadline: 30 Mei 2011

THE UNIVERSITY OF PAVIA
FC&K: FUND FOR COOPERATION & KNOWLEDGE
II Edition: ACADEMIC YEAR 2011-2012

The University of Pavia (UNIPV), in order to promote international cooperation with the Developing Countries, offers 51 monthly instalments of 1.000 Euros each as scholarships to study at the University of Pavia or at the Institute for Advanced Study of Pavia (IUSS) during the academic year 2011-2012. Each scholarship will cover also the expenses for the Visa and for the travel to Italy and back (economy class).

To apply: http://www.unipv. eu/on-line/ en/Home/Internat ionalRelations/ InternationalAct ivities/FundforC ooperationKnowle dge.html
Info: http://www-3.unipv.it/iuss/cdn/userfiles/file/Fondo%20C&C%20-%20bando%20in%20-%202011-2012.pdf

3. 10 Master Scholarships at Univ. of Lausanne, Switzerland
Deadline 15 Desember 2011
To facilitate access to Master's degrees by students with qualifications from foreign universities, the University of Lausanne makes available around ten Master's grants which are awarded on a competitive basis.
Candidates must choose a Master's programme from among those offered by the UNIL, except the Master of Medicine. The grant may not be used for any complementary studies required to enroll on the Master's degree and may not be used for EMBAs or Masters of Advanced studies.
Info: http://www.unil. ch/ri/page72609. html

*** http://www.mitimahasiswa.com/

Sunday, May 8, 2011

Badan Litbang Pertanian dan MNI Menandatangani MoU Kerjasama Penerapan Nanoteknologi Bidang Pertanian

Menindaklanjuti Rapat Kerja Balai Besar Pascapanen Kementerian Pertanian RI yang diselenggarakan pada 5-7 April 2011 lalu. MNI kembali diundang sebagai tamu kehormatan di Pertemuan penting Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian RI yang bertempat di Botani Square, Bogor pada hari kamis malam, 5 Mei 2011. Inti dari pertemuan ini adalah pengenalan nanoteknologi sebagai akselerator pengembangan pertanian Indonesia dan lebih jauh adalah penandatangan nota kesepahaman kerjasama penerapan nanoteknologi di Bidang Pertanian.
Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Dr. Ir. Haryono, MSc., Sekretaris Badan Litbang, Dr. Ir. Mappaona, MS., Kepala Balai Besar Pascapanen, Ir. Rudy Tjahjohutomo, M.T., beserta Kepala Puslitbang dan Balai Besar lainnya sebagai Unit-unit kerja Eselon II Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian RI. Rombongan MNI diwakili oleh Ketua MNI, Dr. Nurul Taufiqu Rochman, Ketua Divisi NanoFarmasi dan Kesehatan MNI, Dr. Etik Mardliyati, Koordinator Harian MNI, Nur Hendrasto, S.Si dan Staf MNI, Suryandaru, S.T.

Rekapitulasi Anggota KSI Tahun 2003

Berikut adalah rekapitulasi (sementara) dari daftar perekrutan anggota KSI FP UNS tahun 2003.

Data rekapitulasi anggota ini akan terus di update jika ada data baru yang belum dirilis...
Untuk tahun perekrutan berikutnya menyusul....

Saturday, May 7, 2011

Pengmas Vertikultur ke Segoro Gunung

KSI yg difasilitasi oleh divisi nano dan ristek SIM UNS pada tanggal 1 Mei yang lalu mengisi Pengabdian Masyarakat ke Segoro Gunung, Ngargoyoso, Karanganyar... tentang "PELATIHAN VERTIKULTUR"...
Hadir pada kesempatan ini dari KSI:
Yuan Harnawan Pamungkas
Ricky Budi Kusuma
Andhika Wahyu
Rini Wulandari
Betty Wulandari
Yulia Rahmawati (anggota)

Thursday, May 5, 2011

LOMBA MENULIS ESSAY dengan tema “Safety for Electricity”

OHS EXPO 3 MEMPERSEMBAHKAN……
LOMBA MENULIS ESSAY dengan tema “Safety for Electricity
Sub Tema:
  1. Listrik Penyebab Kebakaran?
  2. Budaya Penggunaan Listrik Sehari-hari di Indonesia, Sudah Amankah?
Peserta: Mahasiswa D3/S1 dari seluruh Indonesia
Ketentuan Umum:
  1. Essay harus asli karya peserta. Bukan terjemahan atau mengambil ide dari karya orang lain.
  2. Peserta hanya diperbolehkan mengirim 1 karya terbaik, pilih salah satu sub tema di atas.
Essay harus ada ulasan mengenai aspek K3 atau safety (keselamatan) dan memberikan rekomendasi di akhir.
  1. Essay belum pernah dimuat atau dipublikasikan di media apapun (cetak maupun elektronik), dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain.
  2. Essay yang masuk menjadi hak milik panitia.
  3. Pendaftaran dan pengiriman essay mulai Selasa, 12 April 2011 dan berakhir Minggu, 15 Mei 2011 pukul 24.00 WIB
Ketentuan Khusus:
  1. Essay diketik dengan Microsoft Word, format: Kertas A4, font Calibri 11, spasi 1,5, margin normal, disertai daftar pustaka bila terdapat rujukan atau kutipan.
  2. Essay diketik menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Panjang essay maksimal 5 halaman.
  3. Halaman akhir essay dilengkapi dengan data pribadi (nama lengkap, alamat, usia, nama universitas dan jurusan, no HP/ kontak, email, dan no rekening -pribadi atau berwakil).
  4. Essay dikirim ke e-mail: ohs.expo@yahoo.com, attach file, word document. Subject e-mail : Nama FB Penulis + Judul essay (mohon tidak mengirim naskah di badan e-mail).
  5. Peserta melampirkan attachment file scan kartu identitas (KTP dan KTM) yang masih berlaku dan scanning foto 3×4 terbaru.
Lain-lain:
  1. Pemenang lomba akan diumumkan melalui email masing-masing/ dihubungi  lewat telpon pada bulan Juni 2011.
  2. Karya pemenang akan menjadi hak milik panitia dan akan dipublikasikan dalam mading OHSC FKM UI.
  3. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  4. Pertanyaan dan informasi, silahkan e-mail ke: ohs.expo@yahoo.com , atau inbox ke FB Sylvia Afiani.
HADIAH BAGI PEMENANG
1. Juara 1 : Rp. 700.000
2. Juara 2 : Rp. 500.000
3. Juara 3 : Rp. 300.000
Contact Person:
Sylvi (K3 Reg 2008 FKM UI)
HP: 085694666774

Penetapan Peringkat Mawapres 2011 Tingkat Universitas

Pemilihan mahasiswa berprestasi dilaksanakan di Ruang Sidang Biro Administrasi Kemahasiswaan lt. 2. (3-4/5) dan ditutup oleh Kepala Biro Adm. kemahasiswaan sekaligus membacakan hasil peringkat mawapres tahun 2011 yang dinyatakan menjadi peringkat 1 s.d. 9 adalah sebagai berikut :
1. Siti Fatonah, Fakultas KIP (K.2208047) Nilai 88,67
2. Arif Darmawan, Fakultas Ekonomi (F.0108138) Nilai 88,64
3. Irwanto, Fakultas SSR (C.020827) Nilai 84,79
4. Baiq Lisa Wahyulina Fakultas Teknik (I.0908028) Nilai 82,76
5. M. Ibrahim Pribadi, Fakultas Kedokteran (G.0008134) Nilai 77,35
6. Hesti Ayuningtyas Pangastuti, Fakultas Pertanian (H.0908028) Nilai 77,23
7. Trisna Delniasari, Fakultas Hukum (E.0008250) Nilai 73,70
8. Lila Syukurilla, Fakultas MIPA (M.0208010) Nilai 70,70
9. Wida Ayu Puspitosari, Fakultas ISIP (D.0308009) Nilai 67,75

Pada kesempatan ini juri terdiri dari
1)  Dr. Guntur Riyanto, M.Si
2)  Muh. Nizam, ST, MT, Ph.D
3). Dr. Muhammad Rohmadi, SS, M.Hum
4). Agus Dwi Priyanto, SS, M.Call
5). Asep Yudha Wirajaya, SS
6). Arista Adi Nugroho, S.Psi, MM

Kepada para mawapres diberikan reward uang pembinaan dan direncakan akan mengikuti student exchange ke luar negeri guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan dari para mawapres. Selanjutnya untuk peringkat 1 akan maju ke tingkat Nasional 13 - 16 Agustus mendatang.

(mawa.uns)

Wednesday, May 4, 2011

Undangan Pengambilan Dana PKM Dikti Tahun 2011

Diberitahukan dengan hormat, menghadap kehadiran Saudara Mahasiswa PKM yang Lolos Dikti untuk hadir pada :
Hari : Selasa
Tanggal : 10 Mei 2011
Jam : 11.00 WIB
Tempat : Ruang Sidang Biro Adm. Kemahasiswaan UNS
Acara :
1. Pengambilan dana PKM Dikti tahun 2011
2. Penandatangan Surat Perjanjian PKM dan membawa materai Rp. 6.000,-


(mawa.uns)

Tuesday, May 3, 2011

Cloud Computing, Teknologi Terkini ICT

“Peluncuran layanan baru solusi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) berbasis awan atau yang disebut cloud computing merupakan wujud komitmen Balai IPTEKnet dalam mengadopsi teknologi terkini di bidang ICT. Seperti kita ketahui, teknologi ini saat ini sedang menjadi trend serta banyak digunakan oleh kalangan penyedia layanan ICT di seluruh dunia,” ungkap Kepala Balai IPTEKnet, Dwi Handoko, saat acara peluncuran Cloud Computing, di BPPT (2/5). 

Menurutnya, sebagai institusi pemerintah terdepan di bidang riset dan layanan ICT, BPPT dirasa perlu untuk segera mengadopsi teknologi cloud karena sudah menjadi pilihan di berbagai penjuru dunia. Teknologi cloud dinilai sebagai teknologi yang diprediksi akan menjadi trend untuk seluruh sistem IT di dunia lima tahun ke depan. “Alasan lainnya yaitu karena mengingat kemampuan sumberdaya perangkat dan SDM yang telah dimiliki Balai IPTEKnet telah memiliki kualifikasi dan kompetensi untuk menjalankan layanan cloud”, katanya.

Sunday, May 1, 2011

BEM Fakultas Hukum UNS Adakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum UNS akan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (KTM) Nasional Bidang Hukum 2011 dengan tema “Mewujudkan Negara Hukum yang Berkeadilan Melalui Penegakan Hukum Progresif Dalam Dunia Praktek Hukum di Indonesia”.
Agenda lomba KTM sebagai berikut: penerimaan karya tulis tersebut antara lain:
  1. Penerimaan Naskah tanggal 15 Mei -13 Juni 2011
  2. Seleksi I tanggal 17 Juni – 22 Juni 2011
  3. Pengumuman Finalis tanggal 23 – 25 Juni 2011
  4. Babak Final (Seleksi II) tanggal 8 – 10 Juli 2011.
Pemenang lomba akan mendapatkan:
  • Juara I: Piala Rektor Universitas sebelas Maret, Sertifikat, Penghargaan Walikota Surakarta serta uang pembinaan Rp 2.500.000,00
  • Juara II: Piala Dekan Fak. Hukum UNS, Sertifikat, Penghargaan Walikota Surakarta serta uang pembinaan Rp 1.500.000,00
  • Juara III: Piala dari panitia, Sertifikat, pengharagaan Walikota Surakarta serta uang pembinaan Rp 1.000.000,00.
Tujuan kegiatan ini adalah:
  1. memberikan wacana bagi mahasiswa mengenai permasalahan hukum di Indonesia
  2. meningkatkan daya kritis mahasiswa Fakultas Hukum mengenai permasalahan hukum
  3. mengasah keterampilan mahasiswa dalam membuat karya tulis serta memberi solusi atas permasalahan hukum di Indonesia.
(Humas Fakultas Hukum UNS).

Strategi Sukses Menjadi Wirausaha Muda (10 Ide wirausaha Untuk Mahasiswa)

“9 dari 10 pintu rizki ummatku  ada diperdagangan” (Sabda Rasululloh Muhammad SAW)
Mulailah dengan mengerjakan apa yang perlu ; lalu kerjakanlah apa yang mungkin ; maka tiba-tiba anda mengerjakan yang mustahi ; (St. Francis dari assisi)
“Seorang Pengusaha yang paling sukses adalah dia yang berpegang pada hal-hal lama selama hal itu masih baik dan merebut hal hal baru begitu terbukti hal itu lebih baik” (Robert P Vanderpoel)

Mahasiswa sukses adalah mahasiswa yang selalu mempunyai dan menemukan ide/gagasan untuk pengembangan karirnya. Terlebih-lebih jika mahasiswa tersebut mempersiapkan diri untuk menjadi seorang entrepreneur sukses, maka kreatifitas dan inovasi adalah kata kuncinya. Beberapa ide wirausaha dibawah ini yang mungkin sederhana namun ”membumi” dapat dijadikan sebagai pedoman dalam memulai menjadi seorang Entrepreneur Sukses.

Ide ke-1 : Jual keunikan
Jika anda tergolong mahasiswa kreatif dan inovatif, pasti banyak ide atau hal baru yang dapat Anda jadikan peluang usaha. Tidak sedikit usaha baru dimulai dari penemuan jenis produk, teknologi, sistem, dan program baru. Jika berhasil menciptakan sebuah keunikan, segera anda ambil hak paten dan menjualnya. Penemuan baru biasanya sangat berpeluang untuk menembus pasar, apalagi khas, unik, dan dibutuhkan orang banyak.
Contoh nyata, teman-teman saya membuat kaos-kaos unik dengan kata-kata yang penuh motivasi. Kaos tersebut memang biasa saja kalau dilihat sepintas, tapi karena ada keunikannya dengan kata-kata yang penuh inovasinya, bisa menambah nilai jual. Tentunya keuntungan bisa jauh lebih besar dengan keunikan yang mereka jual.
Ide Ke- 2 :  Duplikasi Usaha Lain
Bagi Anda yang merasa kurang kreatif dan inovatif, jangan putus asa. Percayalah, ide usaha tersebar dimana-mana, bahkan di depan mata. Anda harus selalu perlu membaca peluang, mengukur potensi, dan berani mengambil resiko. Misalnya, di sekitar Anda ada rumah makan bakmi yang cukup laris. Apa salahnya Anda bersaing secara sehat di tenpat yang sama dengan produk yang sama. Anda cukup menduplkikasi usaha tersebut, tapi harus memberikan nilai tambah kepada konsumen, seperti pelayanan, harga, kecepatan, keramahan. Contoh pelayanan yang lebih memuaskan kepada konsumen adalah memberikan air teh gratis kepada konsumen atau memberikan porsi daging yang lebih banyak di banding pesaing anda.
Ide Ke-3 : Usaha Fasilitas tambahan
Selain menduplikasi, Anda juga bisa membuka usaha dengan memberikan usaha fasilitas tambahan, tapi ini harus dengan sedikit sentuhan kreatifitas. Misalnya, tetangga membuka warnet, maka anda masih bisa menyainginya dengan tambahan fasilitas atau memperluas penawaran yang ada. Anda bisa mendirikan warnet di lokasi sama.
Hampir setiap waktu ada saja jenis usaha yang trend, seperti sekarang ini zamannya penyewaan komputer untuk bermain game(game zone). Dengan sedikit fasilitas tambahan, anda pun bisa memiliki usaha dan siap untuk berhasil. Misalnya, Anda bisa menyewa tempat di sekitar tempat penyewaan game zone tersebut dengan menjual minuman yang lagi trend sekarang ini, Bubble Tea. Itu sangat cocok dengan pangsa pasar Bubble Tea dan game zone untuk pangsa pasar  anak sekolah.
Ide Ke-4 : Jual Keterampilan
Anda sendiri pun dapat menjual keterampilan yang dimiliki. Jika bisa menggunting rambut, Anda bisa membuka salon. Dengan sedikit sentuhan yang berbeda dengan salon-salon lainnya, pasti salon Anda akan ramai di kunjungi konsumen. Bagi Anda yang mahir mengetik 10 jari, tidak ada salahnya membuka usaha jasa pengetikan, seperti skripsi, naskah, makalah, dan lain-lain yang kemudian bisa Anda kembangkan dengan menerima jasa penerjemahan (translate).
Ada banyak usaha yang bisa anda  buka berdasarkan keterampilan anda, yakinlah anda punya potensi, punya keterampilan dan punya harapan besar untuk sukses menjadi seorang entrepreneur, meskipun sebagai entrepreneur pemula..mulailah belajar menghasilkan income melalui keterampilan sendiri semisal memberikan privat bahasa  inggris, komputer, matematika, musik, menyanyi atau jasa pengetikan seperti yang disampaikan diatas.
Ide Ke-5 : Menjadi Agen
Anda bisa membuka kantor keagenan, baik suatu produk maupun jasa. Banyak sekali produk dan jasa yang sangat memerlukan agen. Selain menjadi agen suatu produk, Anda juga bisa menjadi agen yang menyediakan jasa, seperti agen isi ulang air, isi ulang pulsa,  penyalur pembantu rumah tangga, agen modeling/foto model, agen iklan, dan lain-lain.
Ide Ke-6 : Jual Barang Bekas (second)
Masih sedikit orang yang peka dengan usaha ini. Barang second, terutama dengan nilai historis yang sangat tinggi, biasanya punya harga yang sangat tinggi pula. Namun, menjual barang bekas (second) ini harus di lakukan dengan teratur dan terencana. Anda bisa membeli suatu barang disuatu tempat dengan harga murah dan menjualnya ditempat lain dengan harga yang lebih tinggi. Anda juga bisa menjual barang bekas khusus komputer dengan cara membeli komputer rusak dengan harga murah. Kemudian dengan menggunakan orang yang mengerti perbaikan komputer, Anda bisa menjual komputer yang sudah di perbaiki itu dengan harga yang lebih tinggi. Demikian pula dengan barang bekas, seperti kamera, motor, dan lain-lain.
Ide Ke-7 : Buka Kantor
Bagi anda yang memiliki keterampilan/keahlian segera buka kantor sendiri. Jangan takut masalah modal dan SDM. Anda bisa mengajak kolega atau teman seprofesi untuk patungan modal dan membuka kantor tersebut. Juallah skill dan pengalaman anda. Jika reputasi bagus dan relasi banyak (network), jangan kuatir kekurangan klien. Anda bisa memulai mendirikan kantor dari rumah atau lebih dikenal dengan sebutan home office. Cukup dengan menyediakan satu komputer, satu telepon, faxs, meja, dan kursi tamu.
Ide Ke-8 : Beli Usaha Pola Waralaba
Bagi anda yang memiliki modal besar, tapi tidak mau repot untuk memikirikan sesuatu usaha yang baru, alternatif waralaba (franchise) dapat dipilih. Waralaba adala jenis usaha yang relatif terstandartisasi dengan baik. Memang butuh kejelian yang tinggi untuk menilai waralaba mana yang bagus dan cocok untuk Anda. Saran saya, carilah usaha waralaba yang memiliki track record yang baik dan sudah teruji di lapangan. Kini semakin banyak bermunculan waralaba, dari yang membutuhkan modal besar hingga yang membutuhkan modal kecil.
Ide Ke-9 :Usaha Bersama
Kadang usaha akan lebih bagus jika didirikan dan di kelola bersama-sama. Misalnya Anda pintar pemrograman komputer, tapi anda memiliki sedikit teman, sementara teman anda memiliki banyak teman dan punya relasi yang luas dan membutuhkan jasa pemrograman, anda bisa saja membuka usaha jasa pemrograman (software house). Anda yang mengerjakan pekerjaannya, sedangkan teman anda yang mencari order. Dari kelebihan masing-masing inilah bisa memperkuat suatu usaha baru sekaligus membesarkannya.
Ide Ke-10 : Jalankan Direct Selling/Multi Level Marketing
Usaha ini menurut saya cukup prospektif. Modalnya murah meriah. Selain itu didukung pula oleh produk yang bagus, sistem pemasaran, pelatihan, dan jenjang karir. Memang kita tidak menutup mata banyak sekali orang yang alergi atau anti terhadap Multi Level Marketing (MLM). Biasanya trauma oleh kegagalan, seperti uangnya habis di MLM. Itu biasanya di sebabkan bisnis MLM dengan skema piramid atau money game yang berkedok MLM. Waspadalah dan hindari bisnis dengan skema piramid atau money game yang mengaku-aku MLM. Menurut saya, MLM (sering juga di sebut dengan people franchise) yang murni sangat menarik. Bahkan sebagai perusahaan MLM memberikan kesempatan kepada kita untuk mendirikan perusahaan sendiri (authorized distributor atau stockist). Kita tidak perlu terlalu alergi dengan informasi mengenai MLM, kadang-kadang informasi yang di berikan oleh MLM sangatlah menarik. Bukankah untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses harus selalu belajar, belajar dan belajar serta memiliki banyak teman.
Itulah sedikit ide-ide usaha yang dapat digunakkan untuk membuka usaha. Namun, tidak menutup kemugkinan ada ide-ide lain yang dimiliki teman-teman semua. Yang perlu disadari, sebuah ide hanyalah merupakan suatu ide, Ide akan berhasil jika Anda berani merealisasikannya, buanglah ketakutan dan kata gagal dari dalam diri anda. Anda harus selalu ingat, jika anda mengalami kegagalan, katakan dengan keras, ”Saya hanya sedang melakukan pembelajaran yang sangat luar biasa berharganya bagi diri saya sendiri”, Jangan putus asa. Segeralah bangkit dan belajar dari kegagalan.
Dalam bukunya, Robert T. Kiyosaki menjawab pertanyaan berikut, ”Kenapa Anda tetap menganjurkan orang untuk menjadi usahawan, padahal catatan statistik yang berhasil hanya sekitar 10% ?” Lalu ia menjawab, ”Saya percaya dengan statistik di bawah 10%, maka untuk sukses usaha, Anda harus siap untuk setidaknya berpeluang 9 kali gagal sebelum mungkin mendapatkan 1 keberhasilan”. Itu bukan ’gagal’, melainkan ’belum berhasil’ dan menurut Abraham Lincoln ”Itu Cuma terpeleset dan aku bukan jatuh”.
Kesimpulan
Dibelahan negara manapun didunia ini terbukti makmur dan sejahtera rakyatnya manakala pemerintah memprioritaskan kewirausahaan sebagai agenda utama dalam pembangunannya, sebagai contoh negara-negara seperti amerika, inggris, jerman, kanada, jepang, korea plus tetangga dekat kita yaitu singapur dan malaysia, menjadi negara maju dan rakyatnya makmur berkat kesungguhannya dalam membangun dan mengembangkan kewirausahaan.
Begitupun  negara kita,  jika ingin keluar dari berbagai masalah terutama masalah kemiskinan dan pengangguran maka solusi yang paling tepat adalah menciptakan banyak entrepreneur sukses. Anda sebagai generasi muda sekaligus sebagai agen pembaharu bangsa ini, tentunya mempunyai tanggungjawab yang besar untuk menentukan nasib bangsa ini kedepan. Mulailah  detik ini rubah mind set anda bahwa sekolah/kuliah yang anda jalani ini bukan hanya semata untuk mencari pekerjaan namun ada pilihan lebih mulia dari pada sekedar bekerja yaitu membuka peluang usaha (berwirausaha), dengan wirausaha selain akan melatih kemandirian dan kebebasan mengexplorasi potensi juga dapat membantu membuka peluang pekerjaan bagi orang lain.
Mulialah detik ini anda action untuk berwirausaha, apapun itu jenis usahanya baik barang maupun jasa, yakinlah pada diri anda sendiri bahwa anda itu mempunyai kelebihan dan potensi yang maha dahsyat yang tersimpan didalam alam bawah sadar anda. Yang harus anda lakukan adalah kenali dan gali potensi anda tersebut, implementasikan dengan membuka usaha apapun itu yang sesuai dengan minat atau bakat anda. Jangan belenggu potensi minat dan bakat anda, mulailah membuka usaha dari hal yang mungkin terlihat kecil dan sepele namun percayalah dengan kesungguhan dan tekad yang kuat anda akan menjadi pengusaha besar, pengusaha sukses, pengusaha yang dapat mengangkat harkat martabat bangsa ini dari berbagai keterpurukan. *Kepala Pusat Persiapan dan Pengembangan Karir BSI (BSI Career Center/BCC).
Daftar Bacaan :
  1. Buku  berjudul “Motivation For Success For An Entrepreneur”, Penerbit : Elex Media Komputindo, Johanes Arifin Wijaya Tahun, 2007
  2. Buku berjudul ”BeYoung (baca : biang) Success detik ini!”, Penerbit : Andi, Heri Kuswara & Johanes arifin Wijaya Tahun 2010
  3. Buku berjudul ”Ngapain kuliah Kalau Nggak Bisa Sukses ?”, Penerbit : Kaifa, Heri Kuswara Tahun 2010
  4. Jurnal Sosial dan Humaniora, "Cakrawala" (ISSN 1411-8629), Vol. VII No.1  Januari 2007  Yang diterbitkan Oleh : LPPM BSI dengan Judul  :"Manajemen Pikiran Bawah Sadar Sbg Solusi Usaha Tanpa Gagal", Penulis Heri Kuswara
Heri Kuswara
BSI Career Center/Nusa Mandiri Career Center
herikuswara[at]gmail.com