Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2016

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PKM FP UNS 2016

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2016

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2016 periode tahun 2016-2017 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2016 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Saturday, February 26, 2011

Kontes Foto Florikultura

Kompetisi untuk Anda yang mencintai Florikultura. Terdapat dua kategori;
  • Foto Terbaik produk Florikultura (Bunga Potong, Daun Potong, Tanaman Pot, Tanaman Taman, benih/bibit).
  • Foto Terbaik bekerja di sektor Florikultura

Kirimkan kepada kami foto Anda yang paling menarik dan paling indah, dan mungkin Andalah salah satu pemenangnya. Foto yang paling menarik akan kami tampilkan pada situs ini dan pemenang masing-masing kategori akan mendapatkan paket promosi Florikultura termasuk T-Shirt, buku, dan bebas biaya keanggotaan selama 1 tahun.

Persyaratan
Foto hanya bisa dikirimkan melalui email ke info@asbindo.org 
Ukuran foto tidak lebih dari 2 MB (format JPG/TIFF)
Email tanpa keterangan lengkap kontestan (nama, alamat, dan telepon) dan penjelasan singkat atas foto tidak diikutsertakan dalam kompetisi.
Pengiriman foto paling lambat tanggal 15 November 2011
ASBINDO tidak melakukan komunikasi selama proses penjurian
Hadiah tidak dapat ditukar dengan uang
Foto yang telah dikirimkan kepada ASBINDO harus bebas dari hak cipta, kekayaan intelektual, merek dagang atau hak paten dan merupakan satu-satunya milik kontestan. Kontestan membebaskan ASBINDO dari segala bentuk pelanggaran hak cipta, kekayaan intelektual, merek dagang atau hak paten atas penggunaan foto.
Entri otomatis dapat digunakan oleh ASBINDO dengan tujuan promosi.
Pemenang kontes akan diberitahukan melalui email dalam waktu 30 hari setelah penutupan kontes. 
Kontes ini hanya dibuka untuk penduduk Indonesia.

*** http://www.asbindo.org/kompetisi

Real Business Competition, Kompetisi Business Plan 2011


Deadline: 31 Maret 2011
Real Business Competition

Real Business Competition (RBC) ini merupakan kegiatan penjaringan dan penilaian ide-ide bisnis terbaik yang direncanakan dalam sebuah business plan yang matang dan implementatif. Dalam kompetisi ini akan diberikan penghargaan berupa uang tunai bagi pemenang yang diharapkan dapat menjadi pendukung modal awal dalam mewujudkan business plan yang telah disusun. Sebagai bagian dari Entrepreneurial Youth 2011 yang bertemakan “Your Business Your Creativity”, RBC diharapkan dapat menjadi ajang bagi generasi muda Indonesia untuk berani berfikir kreatif dan mengimplementasikannya dalam kegiatan bisnis.

Persyaratan Umum:
  • Peserta adalah individu atau tim beranggotakan maksimal 5 orang Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Business Plan yang dikompetisikan tidak melanggar peraturan perundangan-undangan yang berlaku, ketertiban umum, dan norma kesusilaan;
  • Business Plan yang dikompetisikan bukan merupakan skema distributor MLM, agen asuransi, member broker property, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut;
  • Business Plan yang dikompetisikan tidak mengandung indikasi skema money game, arisan berantai, ataupun skema pyramid;
  • Business Plan yang dikompetisikan harus bisa diimplementasikan sebagai bisnis nyata;
  • Business Plan yang dikompetisikan belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan;
  • Business Plan yang dikompetisikan adalah karya original dari peserta, bukan merupakan plagiatisme dari Business Plan yang telah ada. Dewan Juri berhak untuk membatalkan kemenangan peserta jika terbukti ada indikasi plagiarisme.
  • Setiap peserta wajib membuat proposal bisnisnya dengan format yang ditentukan dan modal maksimal yang dipergunakan adalah sepuluh juta rupiah.
  • Setiap peserta wajib mencantumkan kategori proposal bisnisnya. Proposal bisnis dapat berupa bisnis barang ataupun jasa, asalkan sesuai dengan kategori yang diijinkan.
Kategori Proposal bisnis berupa :
Ekonomi Kreatif , dengan sub kategori:
Fashion
Kerajinan
Periklanan (Advertising)
Arsitektur
Desain
Pasar Barang Seni
Film, Video & Fotografi
Layanan Komputer dan Piranti Lunak (Software)
Musik
Riset dan Pengembangan
Permainan Interaktif
Seni Pertunjukan
Penerbitan dan Percetakan
Televisi dan Radio
Kuliner

Ide bisnis yang tidak termasuk dalam kategori yang telah ditentukan secara otomatis GUGUR.

Prosedur Pendaftaran:
  1. Peserta mengisi form pendaftaran yang terdapat pada sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie atau di www.eyouth-ub.com. Pendaftaran paling lambat 31 Maret 2011.
  2. Pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 dikirimkan ke: Bank Mandiri No. 145 – 00-075 – 7785-7 atas nama Aisha Homy Nahomy
  3. Form pendaftaran dan softcopy bukti pembayaran dikirimkan ke email eyouth2011.acara@gmail.com.
  4. Pengiriman paling lambat tanggal 31 Maret 2011. Konfirmasi pengiriman dengan SMS ke 085711882448.
  5. Proposal bisnis hard copy (rangkap 3), CD berisi soft copy Proposal Bisnis, dan kelengkapan administrasi, berupa fotokopi KTP/KTM, surat keterangan yang menyatakan bahwa proposal baru pertama kali dilombakan, 1 lembar foto 3×4, hard copy formulir pendaftaran, dan fotokopi bukti pembayaran, dikirimkan ke: Panitia Eyouth 2011 Universitas Bakrie

    Universitas Bakrie, Kampus Kuningan,
    Kawasan Epicentrum
    Jl.H.R.Rasuna Said Kav. C-22
    Jakarta 12920
    Berkas paling lambat diterima panitia pada tanggal 7 April 2011. Contact person : Nimas (08999131271), Aisha (085711882448)

    Tahapan Kompetisi:
    Seleksi Administrasi berupa seleksi kelengkapan persyaratan yang harus dikumpulkan oleh peserta.
    Penilaian Juri atas proposal yang telah lolos seleksi administrasi. Penilaian akan dilakukan oleh juri berdasarkan proposal yang telat dibuat.
    Babak Semifinal. Terdiri dari 10 besar proposal yang lolos penilaian juri. Pada babak semifinal, peserta yang lolos akan diwawancarai oleh juri mengenai proposal yang sudah dikumpulkan sebelumnya
    Babak Final. Terdiri dari 5 besar proposal yang lolos babak semifinal. Peserta melakukan presentasi dan Tanya jawab oleh juri.

    Penghargaan:
    Juara 1: Rp10.000.000,00
    Juara 2: Rp7.500.000,00
    Juara 3: Rp5.000.000,00

    Lima besar tim finalis RBC masing-masing mendapatkan dua tiket seminar dan workshop E-youth 2011 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 15 Mei 2011 di kampus Universitas Bakrie.

    Untuk detail lomba, dapat mengakses: http://www.eyouth-ub.com/

Berbagai Info dari Akun Facebook KSI

PKM AI, GT, dan DIPA
Batas pengumpulan PKM AI, GT tanggal 7 Maret 2011 dan untuk PKM DIPA akhir Maret 2011; diharapkan mahasiswa mengumpulkan dan mengisi data secara online di alamat: http://sppkm.mawa.uns.ac.id/.

(Bagian Kemahasiswaan UNS).

*** INFO dari http://kontak.staff.uns.ac.id/2011/02/17/sosialisasi-pkm-gt-ai-dan-dipa/


Rekap Proposal PKM DIKTI 2010 didanai 2011
1. Fak. MIPA 89
2. Fak. Teknik 58
3. Fak. KIP 44
4. Fak. Pertanian 43
5. Fak. Kedokteran 43
6. Fak. SSR 16
7. Fak. ISIP 11
8. Fak. Hukum 11
9. Fak. Ekonomi 7

Tetep semangat buat kawan-kawan Faperta... Terus Berkarya!!! Demi tegaknya Tri Dharma Perguruan Tinggi!!!
 Go Scientist,,,


DEKLARASI JAVANOLOGI (KAJIAN JAWA)
1. Gelar budaya dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Maret 2011 di Halaman Gedung Rektorat UNS
2. Deklarasi Javanologi, Launcing buku dan Seminar Internasional Javanologi yang bertema "Menggali Nilai Luhur Kearifan Lokal dan Tradisi Budaya Jawa Unggulan guna memperkokoh Jati Diri Bangsa" diselenggarakan bersamaan pada hari Senin, 7 Maret 2011 di UPT Perpustakaan UNS 

Pendaftaran Beasiswa PPA & BMM....
Buruan kawan-kawan, Persyaratan Segera Dilengkapi....,

Untuk FP: berkas dikumpulkan paling lambat tanggal 1 Maret 2011 di Sub Mawa FP
 


 

Tuesday, February 22, 2011

Open Rekrutmen Kepengurusan KSI 2011


PEREAKSI…..
Go Scientist…!!!
KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan Fakultas Pertanian UNS yang terjun di bidang keilmiaha. KSI kini mengadakan OPEN RECRUITMENT dalam rangka menjaring anggota-anggota baru untuk menjadi pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Adapun bidang-bidang yang terdapat di dalam KSI adalah:

1. kesekretariatan
a. Mengoptimalkan fungsi sekretaris sebagai second leader.
b. Mengoptimalkan fungsi administrasi dalam organisasi.
c. Memantau perkembangan keaktifan seluruh pengurus.
d. Mengoyimalakan fungsi koordinasi seluruh bidang.
e. Menyediakan fasilitas dan notulensi rapat.
f. Meningkatkan dan menjaga motivasi pengurus dalam berorganisasi.
g. Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan optimalisasi skill keorganisasian pengurus.
2. Kebendaharaan
a. Mengupayakan penggalian dana dari berbagai sumber secara halal, sah dan tidak mengikat.
b. Melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan dan keuangan organisasi secara efektif dan efisien.
3. Kaderisasi
a. Kaderisasi
a. Mengadakan rekruitmen anggota baru
b. Melakukan pembinaan, pelatihan & pengoptimalan anggota
c. Melakukan pola kaderisasi KSI
d. Meningkatkan dan menjaga motivasi anggota KSI
e. Menyelenggarakan forum-forum diskusi KSI
b. Pengembangan organisasi
a. Meningkatkan dan menjaga motivasi pengurus dalam berorganisasi.
4. Humas
a. Menjalin hubungan kerjasama dengan pihak luar KSI
b. Meningkatkan kualitas manajemen organisasi melalui studi banding organisasi keilmiahan.
c. Membangun pencitraan dan eksistensi di mata publik.
d. Mengoptimalkan Fungsi Pers
5. Keilmiahan
a. Menyelenggarakan diskusi ilmiah yang menimbulkan sikap kritis, kreatif & inovatif.
b. Meningkatkan kualitas keilmiahan anggota dan pengurus KSI serta mahasiswa FP melalui pendampingan , penalaran ilmiah & penelitian.
Mengoptimalkan fungsi pers, komunikasi dan ilmiah.
Pendaftaran dan Pengambilan Formulir:
23 Februari-12 MAret 2011 @ Sekre KSI FP UNS
Pukul 08.00-16.00 WIB
Screening:
28 Februari – 14 Maret 2011
Waktu dan tempat menyesuaikan
Info lebih lanjut, hubungi:
Putra: 085 730 184 020
Putri : 058 725 205 722

Thursday, February 17, 2011

[Galeri KSI] RAKER KSI 2011

Berikut ini merupakan foto-foto Rapat Anggota KSI periode 2011 pada tanggal 16-17 Februari 2012. Selamat menikmati... :D





Tuesday, February 8, 2011

Lomba Korea: Lomba Pidato, Lomba Dance, Lomba Essay, Lomba Karaoke

Deadline: April 2011

Lomba Pidato Bahasa Korea 2011

Tema:
- Pendidikan
- Kebudayaan
- Pariwisata

Persyaratan:
  • Peserta Mahasiswa umum aktif.
  • WNI
  • Isi pidato tidak mengandung SARA.
  • Durasi maksimal 10-15 menit.
  • Peserta belum pernah pergi ke Korea sebelumnya.
  • Naskah orisinil dan belum pernah di publikasi dalam bentuk apapun.
  • Naskah pidato di buat dalam bentuk soft copy dan hard copy (CD).
  • Mengirimkan biodata, foto copy kartu mahasiswa, foto copy KTP, serta naskah pidato ke alamat Jl. Nusa Indah I gg.3 No.13 Perumnas Klender Jakarta Timur 13460 atas nama Haneul Inkor paling lambat tanggal 8 April 2011 cap pos.

Tentang lomba
  • Peserta harus menghapal isi pidato. Teks yang dibawa hanya berupa teks kecil.
  • Peserta menulis naskah pidato dalam huruf Hanguel. Bagi peserta yang tidak menulis dengan huruf Hanguel dan tidak bisa membaca Hanguel akan di eliminasi.
  • Peserta juga akan diberikan pertanyaan oleh juri dan harus di jawab dalam bahasa Korea.
Penjurian
  • Semua naskah yang masuk akan di seleksi dan menjadi hak milik panitia.
  • Naskah pidato yang lulus seleksi akan di umumkan pada blog http://haneulinkor.blogspot.com/ pada tanggal 25 April 2011.
  • Peserta yang lulus seleksi akan dipanggil untuk mengikuti final pada tanggal 17 Mei 2011.
HADIAH
  • Juara I : Piala Wakil Menteri Pendidikan Nasional + Sertifikat + Uang tunai Rp. 1.500.000,- + Hadiah menarik lainnya.
  • Juara II : Piala Wakil Menteri Pendidikan Nasional + Sertifikat + Uang tunai Rp. 1.000.000,- + Hadiah menarik lainnya.
  • Juara II : Piala Wakil Menteri Pendidikan Nasional + Sertifikat + Uang tunai Rp. 750.000.00,- + Hadiah menarik lainnya.

Lomba Traditional Modern Dance

Tema :
Traditional Modern Dance Indonesia Korea
Persyaratan :
  • Grup terdiri dari 5 orang.
  • Peserta Mahasiswa Aktif dan pelajar SMA.
  • WNI.
  • Durasi 810 menit.
  • Karya orisinil dan belum di publikasikan.
  • Kostum sopan dan tidak terbuka.
  • Tarian tradisional Indonesia dan Korea masingmasing durasi 2 menit total 4 menit.
  • Belum pernah menjuarai acara serupa sebelumnya.
  • Peserta wajib mengirimkan demo video dance dalam bentuk CD beserta biodata anggota/grup serta fotocopy kartu pelajar paling lambat tanggal 8 April 2011. Dalam format Haneul TD MD Dance 2011 ke alamat Jl. Nusa Indah I gg.3 No.13 Perumnas Klender Jakarta Timur 13460 cap pos.
  • Setiap video dance yang masuk akan di seleksi oleh juri. Peserta yang lolos seleksi tahap I akan di umumkan pada blog http://haneulinkor.blogspot.com/ pada tanggal 25 April 2011.
  • Peserta grup yang telah lulus seleksi tahap pertama berhak tampil pada tanggal 17 Mei 2011 untuk seleksi tahap keII.
HADIAH
  • Juara I : Piala Wakil Menteri Pendidikan Nasional + Sertifikat (/grup) + Uang Tunai Rp. 1.500.000, + Hadiah menarik lainnya.
  • Juara II : Piala Wakil Menteri Pendidikan Nasional + Sertifikat (/grup) + Uang Tunai Rp. 1.000.000, + Hadiah menarik lainnya.
  • Juara III : Piala Wakil Menteri Pendidikan Nasional + Sertifikat (/grup) + Uang Tunai Rp. 750.000, + Hadiah menarik lainnya.

Lomba Menulis Essai

Tema
Kerjasama Pendidikan, Kebudayaan, dan Pariwisata Indonesia – Korea Selatan.
Persyaratan
  • Peserta Mahasiswa aktif dan pelajar SMA.
  • Tidak mengandung SARA.
  • Isi Essai orisinil dan belum di publikasikan.
  • Panjang tulisan 2 halaman A4 dengan tulisan Times New roman, 1,5 spasi, font size 12.
  • Naskah di kirim dengan format CD dan Hard copy. Juga menyertakan biodata lengkap, fotocopy kartu pelajar, email, dan nomor telepon yang bisa di hubungi. Dalam format Haneul Essai ke alamat Jl. Nusa Indah I gg.3 No.13 Perumnas Klender Jakarta Timur 13460 paling lambat di kirim pada tanggal 8 April 2011 cap pos.
Hadiah
  • Juara I : Piala Wakil Menteri Pendidikan Nasional + Sertifikat + Uang Tunai Rp. 1.000.000, + Hadiah menarik lainnya.
  • Juara II : Piala Wakil Menteri Pendidikan Nasional + Sertifikat + Uang Tunai
  • Rp. 750.000, + Hadiah menarik lainnya.
  • Juara III : Piala Wakil Menteri Pendidikan Nasional + Sertifikat + Uang Tunai Rp. 500.000, + Hadiah menarik lainnya.
  • Pengumuman essai akan di umumkan pada blog http://haneulinkor.blogspot.com/ pada tanggal 25 April 2011.
  • Hadiah akan di berikan pada tanggal 17 Mei 2011 tepat saat acara berlangsung. Bagi pemenang yang berada di luar kota dan berhalangan hadir, hadiah akan dikirim ke alamat masingmasing.

Lomba Karaoke B.Korea.

Persyaratan :
  • Peserta mahasiswa/i aktif dan pelajar SMA
  • Peserta adalah WNI
  • Lagu yang dinyanyikan harus lagu Korea
  • Peserta wajib mengirimkan demo lagu dalam bentuk CD . Juga menyertakan biodata lengkap, fotocopy kartu pelajar, email, dan nomor telepon yang dapat di hubungi. alamat Jl. Nusa Indah I gg.3 No.13 Perumnas Klender Jakarta Timur 13460, paling lambat 8 April 2011 cap pos.
  • Kostum sopan
  • Setiap demo lagu yang masuk akan di seleksi oleh juri. Peserta yang lolos seleksi tahap I akan di umumkan pada blog http://haneulinkor.blogspot.com/ pada tanggal 25 April 2011.
  • HADIAH UNTUK 3 PEMENANG.
  • HP + SERTIFIKAT + HADIAH MENARIK LAINNYA.
  • KETENTUAN PEMENANG UNTUK LOMBA TD MD DANCE DAN KARAOKE B.KOREA BERDASARKAN
  • 60% PENILAIAN JURI DAN 40% HASIL VOTE PESERTA
Sumber : http://haneulinkor.blogspot.com/2011/01/persyaratanlomba.html

Saturday, February 5, 2011

Agri Feature : Pohon Fast Growing Layak Dikembangkan di Indonesia

Tanaman Fast Growing Species (FGS) merupakan tanaman cepat tumbuh dan mempunyai masak tebang maksimal 15 tahun. FGS yang dikembangkan di Perum Perhutani diutamakan jenis-jenis valuable hardwoods. Kelebihan dari valuable hardwoods adalah :
  1. mempunyai nilai keuangan yang tinggi, harga yang baik, mempunyai karakteristik dan kualitas tertentu, serta kegunaan yang luas
  2. mempunyai nilai produk akhir yang tinggi
  3. bisa diolah untuk kayu gergajian, plywood atau veneer